Tue. Apr 16th, 2024
    Gardu Pandang Ketep PassGardu Pandang Ketep Pass

    Fasilitas baru yang bisa dirasakan wisatawan yaitu Gardu Pandang Ketep Pass yang baru dibuka pada 10 Maret 2023. Berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, Ketep Pass menawarkan panorama alam yang indah dari ketinggian.

    Ketep Pass adalah nama tempat wisata di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Ketep Pass adalah destinasi wisata alam yang dikembangkan dengan ciri wisata gunung api, khususnya Gunung Merapi.

    Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, membuka Ketep Pass sebagai kawasan wisata jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) pada 17 Oktober 2002.

    Daya Tarik Gardu Pandang Wisata Ketep Pass

    Gardu Pandang Ketep Pass dibangun berupa gazebo persegi panjang dan sebuah bangunan segi delapan dengan sisi lima meter. Dari Gardu Padang ini pengunjung bisa melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, serta hamparan lahan pertanian di dua kaki gunung.

    Lokasinya di antara dua gunung Merapi dan Merbabu menawarkan keindahan yang menarik hati. Bahkan dari view Gardu tempat wisata ini pengunjung bisa melihat puncak 4 gunung. Yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.

    Penampilan keindahan puncak gunung sudah pasti menjadi hiburan utama para wisatawan yang datang ke tempat wisata alam ini. Selain itu tentunya udara yang sejuk dan keindahan alam kawasan wisata serta berbagai aktivitasnya.

    Museum Vulkanologi Belajar Tentang Gunung Merapi Lebih Dekat

    Bangunan yang dinamakan Museum Vulkanologi ini berbentuk melingkar. Luas museum ini sekitar 550 meter persegi. Ada miniatur Gunung Merapi, komputer interaktif dengan dokumen gunung api, beberapa contoh batu tanda letusan dari tahun ke tahun, poster puncak Garuda berukuran 3 x 3 meter, dan poster peringatan dini lahar Gunung Merapi. Selain itu ada poster menggambarkan sejarah aktivitas Gunung Merapi.

    Pengunjung yang ingin belajar vulkanologi juga bisa melihat Merapi lebih dekat. Misalnya untuk melihat bentuk setelah erupsi atau mempelajari sifat-sifat Merapi. Jika wisatawan merasa kurang informasi, Anda bisa datang ke pusat Gunung Ketep.

    Bioskop mini Wisata Ketep Pass

    Tempat duduknya cukup banyak yaitu 78 buah. Bioskop mini ini menampilkan film-film berupa sejarah Gunung Merapi yang meliputi peristiwa pembentukan Gunung Merapi, jalur pendakian, penjelajahan di puncak Garuda.

    Selain itu letusan Gunung Merapi yang masif dan berbagai peristiwa yang terjadi pada waktu tertentu. Seri. Durasi film ini cukup singkat, hanya sekitar 25 menit. Film mini yang menampilkan dokumenter.

    Melihat Keindahan Gunung Merapi dan Merbabu dengan Teropong

    Ketep Pass memiliki dua teropong. Masing-masing ada di Panca Arga dan Gardu Pandang Ketep Pass. Dengan alat ini pengunjung dapat melihat dengan jelas keindahan panorama Gunung Merapi, Merbabu dan gunung lainnya.

    Puncak Pelataran Pancaarga

    Pancaarga artinya lima gunung. Tempat ini merupakan puncak tertinggi dari objek wisata Ketep Pass. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat 5 gunung yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Slamet.

    Selain kelima gunung tersebut, pengunjung juga dapat melihat dan menikmati gunung-gunung kecil dan perbukitan yang sangat indah. Antara lain Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Gunung Menoreh, Gunung Telomoyo dan lain-lain.

    Pengunjung bisa datang pagi-pagi sekali atau bahkan sore hari agar tidak terlalu panas. Di pagi hari, pengunjung dapat menikmati matahari terbit, udara segar, dan kabut tipis. Sedangkan pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan sunset sambil menyantap jagung bakar.

    Harga Tiket Gardu Pandang Ketep Pass

    Biaya tiket masuk Ketep Pass adalah Rp. 15.000/orang. Ada biaya tambahan destinasi wisata Ketep Pass yaitu biaya parkir kendaraan. Dengan Ketep pass, biaya tiket parkir Rp 2.000 motor, Rp 5000/ mobil dan Rp 12.000 bus.

    Ketep Pass buka mulai pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB di loket. Wisatawan bisa berada di sana hingga pukul 17.00 WIB.

    Artikel menarik lainnya: Wisata Bukit Waruwangi di Banten Bekas Perternakan Sapi dan Pemandangan Perbukitan

    Alamat Gardu Ketep Pass

    Gardu Ketep Pass Magelang terletak di Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari kota Magelang, perjalanan berjarak sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Jika wisatawan berkendara dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 42 km ke Ketep pass.

    Ketep Pass terletak di lereng Merbabu pada ketinggian 1200 mdpl. Dari sini, di hari yang cerah, wisatawan bisa melihat puncak Gunung Merapi. Terutama sisa-sisa letusan tahun 2010. Pengunjung juga bisa melihat asam sulfat dari kubah lava Merapi.

    Sumber foto: https://www.instagram.com/yayoex.sr/

    Artikel menarik lainnya: Taman Pejatian Pasar Minggu Tempat Bermain Anak Dekat Stasiun

    2 thought on “Gardu Pandang Ketep Pass Wisata dengan Panorama Gunung Merapi”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *