Pariwisata

Desa Wisata Widosari Kulon Progo Daya Tarik Atraksi Budaya dan Pemandangan Indah

Desa Wisata Widosari Kulon Progo masuk dalam peringkat 50 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Widosari merupakan gambaran desa wisata di Perbukitan Menoreh yang memiliki banyak keunikan budaya dan pemandangan alam yang indah.

Di desa wisata Widosari, wisatawan bisa merasakan kesejukan perkebunan the di Padukuhan Tritis. Sebuah jalur ditata berupa jalan setapak untuk menjelajahi kebun teh, di hamparan terasering yang tertata rapid an tinggi yang sama pada setiap lariknya.

Daya Tarik Spot Peternakan Domba Desa Wisata Widosari

Pemandangan Pegunungan Menoreh yang indah ini menjadi spot populer bagi wisatan yang gemar selfie. Wisatawan bisa mengunjungi Rajendra Farm atau Kampung Domba.

Di sana, peternakan domba terpadu menawarkan aktivitas beternak, masakan berbahan dasar domba (kambing), dan fasilitas bagi pecinta alam yang ingin berkemah atau bahkan outbond.

Melihat Tradisi Budaya Tari Jathilan

Tradisi budaya yang masih hidup di desa Widosari adalah wayang kulit, tari jathilan atau kuda lumping. Seni dengan penari membawa kuda terbuat dari anyaman. Pertunjukan ini menampilkan atraksi yang menarik dan magis.

Ada berbagai jenis tarian khas masyarakat setempat yaitu Bangilun dan Lengger Tapeng. wisatawan di desa ini juga bisa belajar tari tradisional langsung dari para senimannya.

Adapula kekayaan budaya kenduri. Yakni, jamuan makan sebagai bentuk pengabdian dan penyembahan yang tulus kepada Sang Pencipta. Upacara ini biasanya dilakukan untuk memeriahkan acara dan memohon berkah.

Lalu ada Merti Desa. Masyarakat memaknai tradisi ini sebagai tanda syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah. Tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat agraris ini mendorong sikap gotong royong dan rasa peduli masyarakat.

Merasakan Pemandangan yang Indah Di Desa Wisata Widosari

Pemandangan Pegunungan Menoreh yang indah ini menjadi spot populer bagi pengunjung yang suka foto instagramable. Wisatawan juga bisa menikmati matahari terbit di Puncak Proman. Destinasi wisata yang menampilkan pemandangan alam dengan deretan pegunungan yang luas seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu saat matahari terbit.

Puncak Widosari di Desa Widosari sendiri merupakan titik tertinggi yang merupakan gugusan Perbukitan Menoreh. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan ikon batu besar di puncak bukit dan merupakan tujuan wisata yang terkenal.

Desa Wisata Widosari Penerima ADWI

Desa Wisata Widosari sudah memenuhi standar penilaian tim juri ADWI 2022 yang terdiri dari tujuh kategori. Standar meliputi atraksi pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), souvenir (masakan, fashion dan kerajinan), homestay, toilet umum, digital dan kreatif, kebersihan, keamanan kesehatan dan kelestarian lingkungan (CHSE), dan kelembagaan desa.

Wisatawan juga bisa mencari oleh-oleh seperti teh widosari bakar, kopi, teh jahe, geblek, gula aren, dasi gambar tangan, dan batik cap. Selain itu ada sandal dari cip jagung, kentongan ukir, topeng kayu, dan wayang kulit.

Situs Puncak Widosari di Desa Widosari adalah 20 Situs Geologi (Geosite) di Yogyakarta sebagai Situs Geoheritage pada 2021. Bahkan, Kemenpar Sandiaga Uno mengatakan, pada Januari 2022, ASEAN Tourism Forum akan digelar di Yogyakarta.

Artikel menarik lainnya: Wisata Mancak Serang Banten D’Mangku Farm Destinasi Outbond dan Glamping

Lokasi Desa Wisata Widosari

Desa wisata Widosari berada di sebelah utara di perbukitan Menoreh dengan ketinggian ± 900 m dpl. Tepatnya di Kecamatan Samigaluhi, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jaraknya 36 km atau 1 jam 15 menit dari kota Yogyakarta.

Demikian artikel mengenai Desa Wisata Widosari Daya Tarik Peternakan Domba, Atraksi Budaya dan Pemandangan Indah. Mari berwisata, liburan, dan jangan lupa bahagia.

Artikel menarik lainnya: Gerai Richeese Factory Cianjur Tempat Makan Praktis Terbaru

2 thoughts on “Desa Wisata Widosari Kulon Progo Daya Tarik Atraksi Budaya dan Pemandangan Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *