Sun. May 26th, 2024
    Aquarium Indonesia PangandaranAquarium Indonesia Pangandaran

    Aquarium Indonesia Pangandaran adalah wisata aquarium umum dengan lokasi yang strategis dan keunikan tersendiri. Sehingga membuat kesan yang berbeda pasti akan menjadi pengalaman baru bagi setiap wisatawan yang datang.

    Aquarium Indonesia berada di Kawasan Terpadu Laut Pangandaran yaitu Pusat Pendaratan Ikan Cikidang (PPI Cikidang). Kawasan sekitar ombak Pangandaran yang luas dan ekosistem mangrove serta gedung Poleteknik Kelautan dan Perikanan dalam satu kawasan terpadu.

    Pembangunan aquarium ini diharapka bisa menjadi potensi kekayaan laut  yang cantik di Jawa Barat. Lalu, diharapkan bisa dikunjungi lebih dari 3,6 juta wisatwan setiap tahun.

    Daya Tarik Aquarium Indonesia Pangandaran

    Wisatawan bisa melihat melihat berbagai spesies ikan di aquarium besar ini. Bahkan terdapat area khusus di mana pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan makhluk laut seperti bintang laut, penyu, dan pari.

    Keunggulan objek wisata ini adalah akuarium raksasa setinggi 33 meter dan rumah bagi berbagai hewan laut besar.  Aquarium Indonesia Pangandaran menempati area seluas 10 hektar dan sudah dibuka sejak pada Desember 2022. Berikut daya tarik tempat wisata laut di Pangandaran ini:

    Dinding Dekorasi Biota Laut yang Menarik Wisata Aquarium Indonesia Pangandaran

    Ketika wisatawan menaiki tangga ke lantai 2 Anda akan disuguhi berbagai ikan yang akan membawa ke lantai 2. Lalu akan terlihat Scalpture Hanging Whaleshark di atasnya. Sesampainya di lantai 2, tampak mural kehidupan laut menarik perhatian untuk disentuh dan menjadikannya tepat berfoto yang bagus.

    Aquarium Silinder “Schooling Fish”

    Setelah wisatawan melalui akuarium tematik, wisatawan akan ditunjukkan Hanging Sculptures Whale Shark tepat diatas Aquairum Silinder. Sekawanan ikan yang berenang ke arah yang sama dan bolak-balik di antara keduanya, yang disebut Schooling Fish.

    Aquarium ini berisi berbagai jenis Scholling Fish antara lain Surgent Fish, Moorish Idol, Angel Annularis, Damsel, Bluestone dan beberapa ikan lainnya. Wisatawan akan melihat ikan yang menarik dan beragam yang menakjubkan.

    Terdapat Museum Ibu Rempah di Aquarium Indonesia Pangandaran

    Sebelum mengagumi keindahan akuarium lainnya, wisatawan diajak untuk mengenang kembali kejayaan nusantara pada zaman dahulu dan disuguhkan berbagai gambar kapal pinisi dan harta karun (harta karun) purbakala.

    Keunikan kawasan ini tentu tidak akan ditemukan di akuarium lain di Indonesia. Tujuan museum ini adalah untuk menciptakan rasa bangga dan cinta terhadap kekayaan sejarah nusantara.

    Seperti yang diketahui Nusantara adalah negeri yang diberkahi dengan hasil rempah. Seperti Tome Pires di buku Summa Oriental que trata do Mar Roxo ate aos Chins (Ikhtisar Wilayah Timur: dari Laut Merah hingga negeri China). Diceritakan pengalamannya di Nusantara pada awal abad ke 16.

    Para Pedagang Melayu menyebutkan Tuhan telah menciptakan Timor untuk kayu cendana, Banda terdapat pala, dan Maluku menghasilkan cengkih. Benca barang dagangan yang sulit dicari di tempat lain di dunia kecuali di ketiga tempat ini.

    Melihat Biota Laut di Aquarium Cekung

    Wisatawan bisa melihat sekumpulan ikan saat berada di bawah terowongan akuarium bawah laut. Volume air lebih dari 500.000 liter ini dapat terlihat tanpa batas dari jarak 48 meter.

    Di akuarium ini bisa melihat berbagai macam ikan, mulai dari berbagai jenis belut moray Eel, Red Emperor, Stone Fish, Trigger Fish, dan berbagai jenis kardinal dan bulu babi.

    Harga Tiket Aquarium Indonesia Pangandaran

    Tiket masuk Aquarium Indonesia Indonesia sebagai berikut:

    Holiday  : IDR 50.000

    Weekday : IDR 40.000

    Tempat wisata air di Pangandaran ini beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB (weekday). Lalu, pukul 08.30 – 16.30 WIB ( pada weekend dan tanggal merah).

    Artikel menarik lainnya: Wana Tirta Dander Bojonegoro Spot Alam dan Wahana Permainan Kolam Renang

    Alamat Aquarium Indonesia Pangandaran

    Tempat wisata biota laut Pangandaran ini berada di Desa Babakan, Pangandaran (46396), Indonesia. Jika ingin mendapat informasi lebih lengkap dapat menghubungi nomor di bawah ini:

    Pelayanan Pelanggan : +6282127000834

    Pemasaran & Promosi : +6282127000835

    Demikian artikel tentang Aquarium Indonesia Pangandaran Wisata Biota Laut Raksasa yang Menarik Wisatawan. Kabupaten Pangandaran punya tempat wisata baru menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat melihat berbagai jenis biota laut dan kehidupan laut yang berasal dari berbagai daerah dan hidup di seluruh dunia.

    Artikel menarik lainnya: Bukit Kubu Berastagi Wisata Alam dan Terdapat Hotel Bergaya Kolonial

    One thought on “Aquarium Indonesia Pangandaran Wisata Biota Laut Raksasa yang Menarik Wisatawan”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *