Air Terjun Batu Tilam Kampar Riau Spot Wisata di Mulut Goa

Air Terjun Batu Tilam Kampar Riau Spot Wisata di Mulut Goa

Air Terjun Batu Tilam ditemukan oleh para warga pada tahun 2009. Lalu pada tahun 2015, perangkat desa, tokoh masyarakat desa dan warga mulai menyelidiki kembali keberadaan air terjun tersebut.

Kemudian, pada tahun 2019, aparat Desa Kebun Tinggi bersama tokoh masyarakat dan warga mempertimbangkan menjadikan Air Terjun Batu Tilam sebagai obyek wisata. Selain itu, penduduk desa membuka jalan menuju air terjun, memakai uang Rp.500 juta dari dana desa.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang indah untuk memberikan nuansa berbeda. Misalnya tempat wisata Batu Tilam yang berada di tengah hutan. Destinasi wisata Batu Tilam sendiri berhasil meraih juara 1 IAnugerah Pesana Indonesia ke-5 tahun 2020. Batu Tilam menjadi surga tersembunyi di bumi yang bisa digali potensinya.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Batu Tilam Riau

Lokasi utama wisata alam Air Terjun Batu Tilam di pintu masuk gua memberikan perasaan khusus bagi para penggemar alam bebas. Namun jangan khawatir, warga setempat sudah membuat akses mencapai pintu masuk gua menggunakan tangga kayu.

Jumlahnya terdiri total 27 air terjun. Ketinggian air terjun bervariasi, ada yang 10 meter, 20 meter, 25 meter, 100 meter dan bisa mencapai 150 meter. Saat ini objek wisata air terjun Batu Tilam sendiri sudah dilengkapi dengan 3 tempat peristirahatan yang cukup luas dan MCK untuk para pengunjung.

Wisatawan cukup membayar Rp35.000/hari jika ingin mengelilingi 4 dari 27 air terjun. Tarif masuk ke dipakai untuk kas desa setempat untuk kebersihan dan lainnya.

Di kawasan air terjun ini, wisatawan masih bisa mendengar owa-owa dan berbagai jenis burung saling berkicau. Berbagai pohon hutan langka masih ditemukan di tempat ini. Diameter pohonnya sama dengan 2-3 pelukan orang dewasa.

Mencoba Olahraga Tebing di Wisata Air Terjun Batu Nilam Riau

Tebing di kawasan air terjun diketahui tingginya sekitar 7 meter. Sehingga, membuat keindahan tempat wisata  semakin cantik. Pada umumnya anak muda sering berlatih panjat tebing dengan peralatan sendiri. Namun olahraga ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah berlatih.

Jika wisatawan naik ke atas tebing, maka bisa melihat area target yang masih alami. Air yang jatuh dari ketinggian berbeda terlihat menarik jika dilihat dari atas. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah maupun mancanegara datang ke sini untuk menikmati liburan di air terjun ini.

Pemandangan yang Indah di Sekitar Air Terjun

Saat berada di dekat Air Terjun Batu Tilam, wisatawan akan dibuat takjub dengan banyaknya tumbuhan yang mengelilinginya. Selain itu juga terdapat banyak pohon yang berasal dari hutan Sumatera. Hal itu membuat wisata yang indah ini menjadi suasana yang asri dan sejuk.

Pegunungan langsung terlihat ke lokasi wisata. Di pagi dan siang hari, pemandangan alam berpadu indah. Wisatawan bisa duduk santai sambil menikmati panorama yang memukau.

Tempat ini menyajikan permukaan air yang sangat unik dan pemandangan alam. Wisatawan dapat menjadikan panorama sebagai background foto agar lebih estetik. Tentu saja bisa mengajak kerabat dekat untuk berfoto selama berwisata.

Tiket Masuk Air Terjun Batu Tilam Kampar Riau

Harga tiket masuk hanya Rp 5.000 untuk dewasa dan anak-anak. Namun wisatawan khususnya dari luar negeri membayar tarif yang sedikit lebih mahal yaitu sekitar Rp 15.000. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan pariwisata.

Ada juga lokasi parkir yang cukup di area pintu masuk. Karcis parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk roda 4. Wisatawan yang datang dengan bus rombongan juga bisa parkir di tempat parkir.

Air Terjun Batu Tilam menawarkan beberapa fasilitas penunjang yang cukup nyaman. Ada gazebo di untuk bersantai atau beristirahat. Gazebo ini terlihat unik karena terbuat dari kayu berwarna coklat. Ada juga tempat sampah yang harus dijaga kebersihannya agar barang ini tidak kotor.

Artikel menarik lainnya: Bromo Hillside Cafe 360 Malang Tempat Wisata Nongkrong Hits Nuansa 4 Gunung

Alamat Air Terjun Batu Tilam Riau

Air terjun Batu Nilam terletak di Desa Kebun Tinggi, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kondisi aksesibilitas jalan buat menuju ke loka ini masih relatif sulit lantaran keterbatasan wahana infrastruktur jalan yg sampai sekarang belum memadai.

Objek wisata minat spesifik ini memang sangat indah. Lokasinya sempurna berada pada mulut gua dinding Bukit Barisan yang melintas pada Kabupaten Kampar. Udara yg masih sejuk & pemandangan yg masih asri telah niscaya sanggup dirasakan pada lokasi ini.

Untuk mencapai Air Terjun Batu Tilam dari ibu kota Provinsi Riau yaitu kota Pekanbaru, wisatawan bisa menuju ke Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit menggunakan mobil atau motor. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan ke desa Kebun Tinggi.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai desa Kebun Tinggi juga bervariasi. Di musim kemarau wisatawan bisa didatangi selama 4 jam. Namun jika kondisi cuaca sedang musim hujan, perjalanan bisa memakan waktu lebih lama yaitu 8 hingga 11 jam.

Artikel menarik lainnya: The Wujil Aqua Park Wisata Air di Ungaran Kabupaten Semarang

One thought on “Air Terjun Batu Tilam Kampar Riau Spot Wisata di Mulut Goa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *