Parenting

Tips Anak mau Makan Sayuran dan Buah Biar Selalu Sehat

Tips Anak Mau Makan perlu diketahui orang tua memiliki asupan gizi seimbang bagi si kecil, tetapi tidak mudah bikin mereka makan sayuran dan buah. Adakalanya harus memaksa anak agar mau memakan sayuran dan buah setiap hari.

Paling malas kalau sampai memaksa anak makan sayuran dan buah dan penuh drama. Drama kehidupan yang lain saja sudah bikin pusing kepala, nah ini harus berpikir mencari cara menyiasati anak susah makan sayur dan buah. Kalau dipikir-pikir, bagaimana ya membuat anak-anak mau makanan bergizi baik setiap hari?

Membuat Anak Mau Makan sayuran dan Buah Dimulai dari Orang tua

Kunci utama membuat anak mau makan sayuran dan buah tentu saja dari orang tua. Berilah contoh kalau orang tua juga terbiasa makan sayuran dan buah setiap hari. Lalu, tawarkan kepada anak aneka buah dan sayuran termasuk yang mungkin tidak disukai si kecil. Anak-anak harus mulai mencobanya, agar mengetahui sayuran dan buah yang disukainya. Makan sayur membuat sehat bagi tubuh mereka.

Bagimana pun orang tua memiliki peran penting memberikan contoh yang baik bagi anak. orang tua adalah panutan termasuk dalam makan sayuran dan buah. Jangan lupa biasakan makan bersama bersama keluarga, agar anak dapat melihat kebiasaan Ayah dan bundanya dalam menikmati berbagai makanan bergizi. Tawarkan makanan buah dan sayuran dengan sabar dan tak perlu marah. Justru kalau memberi makanan dengan cara marah, anak malah mencontoh perilaku emosi orang tuanya. Makan bersama adalah waktu makan yang menyenangkan dan dapat membuat anak belajartentang makanan yang bergizi bagi dirinya.

Cobalah Membuat Makanan dengan Resep Vegetarian dari Sayuran dan Buah

Trik jitu membuat anak mau makan buah dan sayuran adalah membuat makanan olahan yang tampak menarik bagi mereka. CObalah buat cobalah buat salad, sup buah, spageti dan makanan lain yang bahan utamanya sayuran dan buah. Masukkan setidaknya satu jenis sayuran yang mengandung vitamin A seperti bayam, brokoli, labu, dan wortel dalam makanan olahan. Tidak lupa menyajikan buah yang kaya vitamin C, seperti jeruk, stroberi, dan melon sebagai bagian dari menu anak-anak. Pastikan anak Anda mengonsumsi makanan dengan jumlah buah dan sayuran dengan gizi seimbang setiap hari.

Libatkan Anak dalam Menentukan Makan Sayuran dan Buah

Orang tua dapat meningkatkan minat anak-anak makan sayuran dan buah dengan melibatkan diri mereka. Ajak mereka membeli sayuran dan buah dari pasar tradisional atau supermarket. Biarkan mereka memilih buah dan sayuran yang ingin mereka makan. Hal tersebut dapat menjadi cara belajar baik agar anak mengenal lebih banyak tentang buah dan sayuran yang berbeda. Saat di rumah, anak juga bisa libatkan dalam membantu untuk mencuci dan menyiapkan buah dan sayuran di dapur. Enggak ada salahnya juga diajarin menyajikan menu makanan dari sayuran dan buah.

Jadikan Makan Sayuran dan Buah Lebih Menyenangkan

Anak-anak juga memiliki pilihan makanan dari rasa, tekstur, dan jenis yang dianggap enak bagi mereka. Bisa saja kan, sikecil lebih menyukai sayuran mentah atau lalapan daripada sayuran yang dimasak. Makan buahnya juga, ada anak yang lebih suka makan buah utuh dan sebagian anak lebih senang makan buah diolah lebih dulu, misalnya membuatnya menjadi jus dan sup buah.

Biarkan anak memilih cara konsumsi makanan menurut mereka. Bagi mereka pasti menyenangkan bisa makan sesuai selera. Anak mungkin lebih lahap kalau makan buah dan sayuran jika disajikan bersama dengan makanan mereka sukai. Maka, jadikan makan sayuran dan buah sebagai kebiasaan sehari-hari dan mengonsumsinya dengan cara yang menyenangkan bagi anak-anak. Makanlah bersama keluarga dan tunjukkan kepada anak kalau Anda punya waktu luang untuk makan bersama mereka.

Perhatikan, memilih makanan dengan gizi seimbang dapat meningkatkan kualitas kesehatan. Perhatikan gizi yang baik bagi tubuh Anak, karena akan bermanfaat bagi hidupnya termasuk makanan sayuran untuk diet alami bagi mereka.

Baca juga : 5 Tips Aman Nonton Youtube untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *