Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Parenting

Tindakan yang Dilakukan Ketika Anak Melaporkan Pelecehan Seksual

Ketika anak melaporkan pelecehan seksual, orang tua mungkin bingung dan sulit mencari tahu apa yang harus dilakukan. Baiklah, buat Anda para orang tua ada beberapa langkah yang mungkin dapat dilakukan ketika mendengar kasus pelecehan seksual.

Ambil Napas Dalam-Dalam Ketika Anak Melaporkan Pelecehan Seksual

Anda harus tenang saat mendengar anak melaporkan pelecehan seksual. Sehingga, dapat terus mendengarkan penjelasan anak Anda. Upayakan tidak terlalu panik, meski seberapa marah dan sakit perasaan Anda.

Jangan biarkan perasaan marah dan ingin menghakimi apa yang terjadi. Anak bukannya mau cerita, malah merasa takut berbicara dengan Anda.

Dengarkan Baik-Baik yang Dibicarakan Anak Anda

Bicara dengan tenang dan dengar baik-baik setiap kata yang keluar dari mulut anak Anda. Beri perhatian penuh saat mereka bicara. Anak Anda perlu tahu bahwa orang tuanya mendengarkan merasa mempercayai ucapannya. Tanya dengan jelas setiap penjelasan yang tidak Anda mengerti.

Beri anak waktu untuk Bercerita

Jangan paksa anak untuk berbicara. Biarkan anak bercerita sendiri hingga merasa nyaman. Anak akan menceritakan detail yang mereka lihat dan rasakan kalau sudah merasa tenang. Apabila Anda meragukan penjelasan anak, tanyalah mereka dengan nada lebih seirus.

Katakan pada anak kalau pelecehan seksual kejahatan yang dapat dilaporkan ke polisi. Ingatkan anak tidak berbohong atau merekayasa cerita yang mereka ucapkan.

Tuliskan Penjelasan Anak Kata Demi Kata Ketika Melaporkan Pelecehan Seksual

Jangan gunakan kata-kata Anda sendiri. Ini adalah catatan pengungkapan kata demi kata, yang dapat digunakan untuk proses hukum. Mungkin Anda lebih cepat mengetik, jadi pastikan untuk menjelaskan kepada anak Anda apa yang Anda lakukan, dan bahwa Anda masih mendengarkan.

“Apa yang Anda katakan sangat penting bagi saya. Saya ingin menuliskannya. Saya akan mengeluarkan laptop saya sekarang sehingga saya dapat mengetik kata-kata Anda, oke?”

Beri tahu mereka bahwa mereka melakukan hal yang benar

Anak Anda mungkin merasa bingung dan tidak pasti, dan Anda dapat meyakinkan mereka bahwa mereka melakukan hal terbaik yang absolut dengan mendatangi Anda.

“Saya sangat senang Anda mengatakan ini kepada saya. Ini benar-benar berani untuk Anda lakukan. Sekarang saya tahu, saya dapat membantu Anda tetap aman, dan kami bisa mendapatkan bantuan dari polisi untuk memastikan bahwa ia tidak pernah menyakiti Anda atau siapa pun lagi. Terima kasih telah memberi tahu saya.

Yakinkan mereka bahwa mereka aman, dan bahwa Anda akan bekerja keras untuk menjauhkan pelaku dari mereka

Anda bisa mendapatkan perintah penahanan, dan kemudian mengambil tindakan hukum lebih lanjut setelah itu. Jangan mengancam untuk melukai pelaku; ini akan menakuti anak.

Yakinkan Anak melaporkan pelecehan seksual bahwa ini bukan kesalahan mereka

Anak-anak mungkin merasa bersalah dan bingung tentang pelecehan. Jika mereka menyatakan bersalah, jelaskan bahwa pelecehan adalah pelecehan, dan tidak ada yang bisa meminta hal itu. Perjelas bahwa pelecehan adalah kesalahan pelaku, dan tidak peduli bagaimana penampilan anak Anda atau apa yang mereka lakukan. Pelaku mampu menahan godaan jahat, dan melakukan sebaliknya adalah kejahatan.

Remaja khususnya dapat mengutip apa yang mereka kenakan, atau bahwa mereka terlihat lebih tua dari usia mereka. Masyarakat mungkin mengatakan kepada mereka bahwa itu adalah kesalahan mereka, tetapi Anda dapat membantu memperjelas bahwa ini salah. Pertimbangkan untuk memperkenalkan mereka pada feminisme untuk membantu mereka memproses perasaan ini dan memahami bahwa tidak apa-apa bagi orang untuk memangsa remaja.

Hubungi pihak berwenang dan ikuti instruksi mereka. Mereka dapat membantu Anda melindungi anak Anda dan menjaga agar pelaku tidak melukai orang lain. Jelaskan kepada anak Anda apa yang sedang terjadi, sehingga mereka tidak merasa bingung dan bingung.

Jelaskan bahwa mereka mungkin perlu menceritakan kembali kisah tersebut kepada orang lain (mis. Polisi), sehingga orang-orang itu dapat melindungi mereka. Yakinkan mereka bahwa Anda akan berada di sana sepanjang waktu.

Baca juga :

Menikmati Wahana Seru Bersama Keluarga di Wisata Jatim Park 2

Pengalaman Setahun Bersama Anak yang Dididik Di Sekolah Alam

Cari konselor lokal yang berspesialisasi dalam anak-anak yang telah mengalami pelecehan seksual. Jadwalkan janji untuk anak Anda ASAP. Konselor dapat membantu anak Anda mengatasi apa yang terjadi dan menjalani kehidupan yang bahagia.

Dukung anak Anda. Cinta dan kasih sayang Anda akan membantu mereka merasa aman dan diinginkan. Luangkan waktu ekstra dengan mereka, dan bersabarlah ketika mereka mencoba mengatasinya.

Mereka mengalami masa sulit, dan mereka mungkin kembali ke perilaku “muda” secara tradisional untuk sementara waktu (mengompol, berhenti membuat sarapan sendiri). Jelaskan bahwa Anda tidak marah pada mereka, dan Anda ada di sana untuk mereka, apa pun yang terjadi.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close