Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Parenting

Ridwan Kamil Minta Orang Tua Lindungi Anak Pakai Masker, Apa Kata Ikatan Dokter anak Indonesia?

Di akun Media sosial miliknya, Ridwan Kamil meminta orang tua melindungi anak dengan selalu pakai masker. Kang Emil memberikan pesan, ” Yang Terhormat Para Orangtua dimanapun berada. Saya memonitor banyak sekali-anak-anak tidak menggunakan masker dalam kerkegiatan. Sementara orangtuanya memakai masker.” Fakta yang sangat menarik, bagaimana mungkin orang tua membiarkan anak tanpa pelindung wajah ketika berada di luar rumah.

“Anak-Anak adala kelompok usia paling rawan terpapar COVID-19 bersama kelompok usia sepuh. Mari lindungi anak-anak tercinta selalu pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak dalam kesehariannya.” Demikian pesan sang Gubernur Jawa Barat yang tampaknya khawatir dengan kondisi kesehatan anak-anak.

Orangtua membawa anak tidak mengenakan masker jamak ditemui saat keluar rumah. Seolah kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru diartikan pandemi COVID-19 telah berakhir. Lalu, Bagaimana Anjuran Ikatan Dokter Indonesia mengenai kegiatan anak diluar rumah selama Pandemi COVID-19?

Kata Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI): Anak-Anak Dianjurkan  Tetap Berada di Rumah dan Pakai Masker Jika Terpaksa Keluar Rumah

Ridwan Kamil memberikan masker kepada anak-anak
Ridwan Kamil memberikan masker kepada anak-anak

Pengurus Pusat IDAI membuat Anjuran Mengenai Aktivitas Anak di Luar Rumah Selama Masa COVID-19. IDAI menanggapi keputusan Pemerintah yang mulai melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar masyarakat tetap mematahu protokol kesehatan. Alasannya karena begitu sulit mencegah penularan penyakit pada anak-anak.

IDAI pun memberi beberapa saran. Anak-anak dianjurkan tetap berada di rumah. Setiap orang yang datang dari beraktivitas di luar rumah diwajibkan melepaskan dan membersihkan pakaian. Begitu pula perangkat yang dibawa seperti alas kaki, jaket, handphone, kantong belanja, dan lain-lain. Jangan lupa mandi dan keramas sebelum melakukan kontak dengan anak-anak.

Orang tua diimbau tidak membawa anak-anak ke tempat umum. Seperti taman, tempat rekreasi, tempat perbelanjaan dan lain-lain. Anak-anak juga sebaiknya tidak dibiarkan berkerumun di taman bermain, kursus, dan tempat lainnya.

Apapbila anak sangat terpaksa ke luar rumah, maka anak harus selalu diimbau orangtua dan pengasuhnya.  Tidak lupa tetap menjaga jarak 2 meter dengan orang lain. Anak-anak dari usia 2-18 tahun wajib pakai masker ke luar rumah. Jika dirasa kurang melindungi kondisi anak, orang tua dapat memakaikan face shield juga.

IDAI meminta untuk menggunakan barrier atau penghalang sesuai alat yang dipakai untuk berpergian. Seperti menggunakan kereta dorong dengan penutup pada anak usia dibawah dua tahun. Orang tua harus menjauhkan anak-anak dari orang sakit, rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan, serta menghindari memegang wajah, mulut dan hidung.

IDAI menegaskan cara terbaik melindungi anak dengan cara tetap menjaga anak di rumah. Karena penggunaan face shield, masker, dan alat pelindung lainnya dinilai tidak serta merta membuat mereka terhindar dari infeksi virus corona.

Baca juga: Fakta-Fakta Seputar Belajar Dari Rumah yang Bikin Gemas Orang Tua

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close