Perlengkapan Menyusui Bayi yang Perlu Disiapkan Orang Tua yang Akan Memiliki Anak

Perlengkapan menyusui bayi yang baru lahir

Perlengkapan menyusui bayi yang baru lahir perlu disiapkan oleh Ayah dan ibu agar anak dengan mudah meminum air susu ibu. Setiap anak yang dilahirkan di dunia memiliki insting untuk mencari makanan bagi diri sendiri. Oleh karena itu, seorang ibu yang baru saja melahirkan perlu melakukan IMD atau Inisiasi Menyusui Dini.

Orang tua harus menyiapkan dengan baik pemberian nutrisi agar kesehatan dan pertumbuhan anak bisa maksimal. Maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk perlengkapan  yang harus dimiliki demi kesehatan bayi.

Perlengkapan Menyusui Bayi yang Penting Dimiliki Adalah Pompa ASI

Seorang ibu perlu memiliki pompa ASI untuk stok buat minum bayi. Alat Pompa Air Susu Ibu sangat bermanfaat ketika ibu Sedang bekerja atau bepergian. ASI yang dipompa dapat disimpan dan diberikan kepada anak, sewaktu sang ibu berada jauh dari bayinya.

Pompa ASI terdiri dari dua pilihan, yaitu pompa manual dan pompa elektrik. Kedua alat perlengkapan bayi tersebut memiliki guna yang sama. Perbedaannya pada cara penggunaannya.

Pompa manual digunakan dengan kekuatan tangan dan harus membutuhkan tenaga. Sedangkan pompa elektrik digunakan dengan dibantu tenaga listrik. Ibu cukup meletakkan posisi pompa, selang, dan wadah susu secara pas. Lalu nyalakan mesin, maka ASI pun terpompa ke luar. Jadi sangat membantu bagi ibu yang bekerja dan tetap ingin memberi susu kepada anaknya.

Alat untuk menyimpan ASI yang sudah diperah menggunakan  kantong  atau  botol  khusus. Lalu disimpan ke dalam freezer. Ingat pastikan tempat ASI tetap  steril  dan ditutup untuk menghindari terpapar bakteri. Karena bisa membuat ASI menjadi basi.

Agar ASI bertahan lebih lama lagi, maka dibutuhkan kulkas yang sebaiknya khusus menyimpan stok ASI. Tidak bercampur dengan makanan lain. ASI bisa bertahan  sekitar 3 bulan. Sedangkan, kalau bercampur benda lain akan bertahan hanya sekitar  satu bulan.

Nursing cover Menutupi Bayi dan Bantal Dibutuhkan Ketika Menyusui

Alat nursing cover dibutuhkan ketika menyusui untuk melindungi bayi dan payudara agar tidak terlihat orang lain. Ibu dapat membeli kain menyusui disebut nursing cover. Enggak mesti punya, namun, sepertinya diperlukan bagi ibu yang menyusui.

Jika bayi meminum susu dalam waktu lama dan bikin tangan terasa sakit, ada baiknya membeli membeli bantal  menyusui. Bantal bayi bisa digunakan untuk menyangga berat badan bayi dan mengurangi rasa nyeri di tangan.

Alat Penghangat ASI Agar Bisa Diminum Bayi

ASI yang dingin dari kulkas tidak bisa diminum cepat oleh bayi. Maka dibutuhkan warmer agar bisa menghangatkan ASI. Alat Penghangat ASI juga ada yang berfungsi  menjadi sterilizer atau  penyeteril botol.

Alat Penghangat ASI membuat ibu lebih praktis,  dibandingkan mesti memasak  air  panas dengan cara  merebus botol. Ibu tidak perlu meletakkan botol ASI dengan suhu ruang atau merendamnya dengan air panas lebih dulu sebelum diminum bayi.

Ibu menjadi lebih mudah menyetok  ASI tanpa ribet. Tetapi sebaiknya pakailah  botol kaca untuk penyimpan  susu ibu. Karena dapat digunakan lagi dan  mudah  disterilkan. Untuk mengingat waktu kadaluarsa, berikan  label  setiap  botol  sesuai tanggal ketika susu diperah.

Agar ASI yang ingin disimpan jumlahnya  banyak, pompalah ASI  setiap  dua jam sekali. ASI yang semakin sering dihisap bayi atau dipompa, hasilnya akan menjadi lebih banyak. Demikianlah perlengkapan menyusui bayi yang baru lahir yang sebaiknya disiapkan oleh Ayah dan ibu.

Artikel menarik lainnya: Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan Ayah dan Bunda

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.