Makanan Pelancar ASI Kaya Nutrisi, Jangan Asal Pilih

Makanan pelancar ASI kaya nutrisi sangat penting dikonsumsi oleh seorang Ibu. Kebutuhan nutrisi mulai dipenuhi ketika masa kehamilan untuk menjaga asupan gizi yang bermanfaat bagi pertumbuhan  janin. Dilanjutkan setelah melahirkan, Ibu diwajibkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang lengkap.

Makanan yang memiliki nutrisi tinggi mengandung kalsium untuk membuat ASI keluar lebih lancar. Berdasarkan rekomendasi Kemenkes RI, konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C sangat baik untuk membantu tubuh menyerap zat besi. Lalu, vitamin D bisa  membantu untuk menyerap kalsium yang .

Kalsium yang kurang pada tubuh memiliki risiko yang besar besar, karena akan mengalami pengeroposan tulang. Karena tubuh yang memanfaatkan kalsium dari tulang dan gigi untuk membuat ASI. Selain itu, ibu sangat penting menjaga tubuh, dengan gaya hidup sehat. Lalu, jenis makanan apa saja yang disarankan sebaiknya dikonsumsi oleh ibu menyusui agar produksi ASI lancar?

Jenis Makanan Pelancar Asi Kaya Nutrisi yang Harus Diketahui

Susu rendah lemak

Susu adalah sumber kalsium tinggi dan lebih mudah untuk dicerna karena bentuknya cairan. Mengonsumsinya juga bisa dalam bentuk yoghurt dan juga keju, agar Ibu tidak bosan. Selain kalsium, susu mengandung protein, vitamin B, serta vitamin D. Ibu menyusui dapat memilih susu rendah lemak untuk menjaga asupan kalori harian Ibu.

  • Telur

Telur adalah sumber protein dan lemak yang bagus untuk Ibu untuk membantu proses hidup sehat setelah melahirkan. Nutrinya bisa melancarkan produksi ASI dan dapat menjaga tubuh memiliki energi. Telur bermanfaat untuk perkembangan otak bayi yang salurkan melalui ASI Ibu.

  • ¬†Ikan Salmon

Ibu dapat mengonsumsi ikan salmon dua kali dalam seminggu. Ikan salmon dapat ditambahkan ke dalam menu makanan sebagai sumber omega-3 dan kandungan lemak tak jenuh. Kandungannya sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil dan kesehatan jantungnya.

  • Daging Sapi

Untuk meningkatkan kualitas ASI, Ibu bisa mengembalikan energi dengan mengonsumsi daging sapi dengan kandungan lemak yang rendah. Daging sapi mengandung protein, zat besi, serta vitamin B12 yang sangat penting bagi ibu menyusui.

  • Kacang-Kacangan

Kandungan dalam kacang-kacangan yang bermanfaat bagi produksi ASI adalah protein nabati dan zat besi. Dua kandungan tersebut sering ditemukan pada kacang hitam dan kacang merah.

Ibu yang sedang memberikan ASI memiliki makanan yang beraneka ragam yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, dan buah-buahan. Selain itu, ibu menyusui juga membutuhkan air minum setidaknya 14 gelas sehari dalam 6 bulan pertama.

Informasi menarik lainnya: Cara Mengurangi Konsumsi dan Menjaga Kadar Gula Darah di Tubuh Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *