Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Parenting

Jangan Menyingkap Rok Teman Dong, Nak

Anak laki-laki terkadang suka menyingkap rok teman perempuannya. Dia mungkin penasaran atau tertarik saat pertama kali melihat temannya yang memakai rok. Si kecil mungkin juga penasaran apakah teman perempuannya punya “kelamin” yang sama seperti dirinya.

Anak laki-laki melakukan hal tersebut bukan karena nafsu terhadap temannya dan bukan pula mau melecehkan. Melainkan, anak hanya penasaran tentang sosok perempuan yang memakai rok.

Sebenarnya hal itu wajar sekali, namun orang tua perlu mengingatkan tidak boleh dilakukan. Karena, dapat menjadi kebiasaan anak dan terbawa hingga dia besar. Orang tua juga harus memberi alasan, kenapa ya tidak boleh menyingkap rok teman?

Ketika Anak Menyingkap Rok Teman, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Orang tua harus memberi pengertian kalau rok adalah pakaian yang sering dipakai perempuan. Di belahan dunia lain pun, ada juga laki-laki yang memakai rok. Sesuai dengan kebudayaan negara tertentu, cuma kalau di Indonesia, rok itu sangat identik dengan perempuan.

Ibu mungkin bisa memberi contoh dengan memakai rok dan katakan padanya tidak boleh mengintip apa yang ada di dalam rok. Selain itu ada beberapa hal yang dapat orang tua lakukan, agar anak tidak menyingkap rok temannya.

Tegurlah Anak dengan Baik

Ketika melihat anak menyingkap rok temannya, maka tidak perlu sampai dimarahi. Dia mungkin hanya penasaran dan katakan padanya kalau tindakannya tidak sopan. Laki-laki harus menghormati apa yang dikenakan perempuan. Begitu pula sebaliknya, kalau perilaku terulang, ya ingatkan terus sampai anak mengerti.

Temanmu Akan Malu Jangan Dong, Nak

Beri pemahaman kalau teman yang disingkap roknya akan malu. Suruh anak meminta maaf, kalau anak menyingkap rok anak perempuan. Minta juga anak berjanji tidak melakukannya lagi.

Beri Pemahaman Tentang Seks Kepada Anak

Anak mungkin belum mengerti.  Maka, berilah pemahaman bahwa laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan secara fisik. Beritahu tentang kelamin yang berbeda dan fungsinya bagi anak perempuan dan laki-laki. Beritahu juga kalau kelamin adalah bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh oleh siapa pun.

Demikian penjelasan tindakan yang harus dilakukan oleh orang tua ketika melihat anak laki-laki menarik atau membuka rok teman perempuan di sekolah ataupun di rumah. Semoga anak laki-laki menjadi pribadi yang menghormati perempuan saat dia sudah dewasa nantinya.

Baca juga:

TIDAK PERNAH MENYURUH ANAK BELAJAR, TETAPI SERING MENGAJAK MEREKA BERMAIN

Menyingkap Rok Bukan Sekedar Perilaku Iseng

Orang tua sering menilai perilaku anaknya yang mengangkat rok teman perempuan hanya iseng belaka. Masalahnya, anak perempuan sering kali menangis setelah diganggu teman laki-lakinya. Anak perempuan juga punya perasaan dan bisa marah. Jadi katakan pada anak laki-laki kalau temannya tidak senang roknya disingkap.

Bagaimana pun perilaku tersebut tidak sopan dan harus segera dihentikan. Maka beri arahan dan bimbingan kepada anak yang kerap ganggu teman perempuannya.

Kalau Anak tidak bisa dibimbing orang tua, maka berkerja sama dengan guru sekolahnya. Agar memberi pengertian kepada anak. Anak kadangkala lebih mendengar omongan guru dibandingkan orang tua. Guru pun menjadi lebih perhatian dan mengawasi perilaku anak didiknya. Jangan Menyingkap Rok Teman Dong, Nak!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close