Parenting

7 Cara Mencegah Kecanduan Gawai Pada Anak-Anak

Cara mencegah kecanduan gawai di era digital dan masa Pandemi COVID-19 penting diketahui. Apalagi anak tidak bisa lepas dari gawai dan dapat membuat mereka kecanduan. Berbagai permaianan dan kemudahan mengakses video dan games, membuat anak terbiasa menggunakan telepon genggam. Apalagi ada orang tua yang sudah memberikan handphone kepada anaknya sejak usia dini.

Orang tua sering mengalami kesulitan untuk menghentikan anak-anak, agar berhenti bermain dengan gawai. Bahkan, sampai kehabisan akal dan membiarkan saja buah hati mereka seharian di depan layar handphone. Nah, jangan pusing, berikut ada 7 cara dari kemendikbud untuk mencegah kecandua gawai pada anak-anak.

Cara Mencegah Kecanduan Gawai dari Membuat kesepatan Hingga Membuat Aturan dengan Anak-Anak

7 Jurus Mencegah Kecanduan Gawai Pada Anak
7 Jurus Mencegah Kecanduan Gawai Pada Anak Versi Kemendikbud

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua yang dapat mencegah kecanduan gawai pada anak-anak, antara lain:

  1. Berikan peraturan yang dikomunikasikan dan disepakati bersama dengan anak. Buatlah aturan Tentang kapan dan berapa lama boleh memakai gawai. Orang tua harus membuat kesepakatan dari jam berapa sampai jam berapa diijinkan bermain.
  2. Selalu mengawasi anak ketika menggunakan gawai. Sehingga anak tetap konsisten dengan perjanjian yang telah disepakati.
  3. Tetap Konsisten untuk menegakkan aturan. Orang tua jangan sampai kedodoran melakukan di luar peraturan yang dibuat.
  4. Ayah dan Bunda harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Orang tua harus memberi teladan cara memakai handphone sesuai aturan, Jadi, semaksimal mungkin tidak menggunakan hp saat bersama anak bermain.
  5. Ketika anak menggunakan gawai, kasih tahu anak dan dan tunjukan bahwa jarum jam di angka sekian. Berilah waktu sampai angka sekian. Cara tersebut bisa menjadi cara untuk mengejari anak mengenal waktu dengan menggunakan jam dinding.
  6. Berikan peringatan kepada anak 5 atau 10 menit sebelum selesai waktu bermain. Agar anak tidak tidak larut bermain gawai, Ajarkan anak anak untuk menghitung waktu.
  7. Kalau melanggar aturan, kasih hukuman kepada anak sesuai yang disepakati. Hukuman yang dibuat dapat berupa pengurangan jam main gawai. Anak menjadi bisa belajar untuk disiplin waktu.

Dunia anak adalah dunia bermain. Jika orang tua ingin anak tidak kecanduan gawai sediakan mereka jenis permainan yang lain. Misalnya, bola, buku, lego dan jenis mainan edukasi lainnya yang mendukung tumbuh kembang anak.

Anak menjadi memiliki pilihan mainan yang membuat mereka aktif. Jadi mereka bisa lupa dengan gawai. Jangan lupa mengajak mereka juga bermain di luar rumah seperti bermain bola dan sepeda dengan anak-anak seumurannya. Anak-anak sangat penting belajar bersosialisasi dengan teman-teman nya. Namun ingat, tetap jaga kesehatan dengan selalu menggunakan masker, ketika mereka berada di luar rumah.

Artikel Parenting Menarik Lainnya: Cara Menjawab Pertanyaan Sulit “Kenapa” yang Sering Bikin Jengkel Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *