Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Parenting

Ayah Wakil Walikota Tidore, Anak Kok Kuli Bangunan

Berita tentang seorang anak menjadi Kuli bangunan dari seorang Ayah wakil walikota di Tidore menjadi pemberitaan kompas (10/7). Karena melihat jabatan sebagai orang nomor 2 di Kota Tidore, banyak orang tak menyangka Rafdi Marajabessy memiliki berkerja sebagai kuli.

Wakil Wali Kota Tidore Muhammad Sinen mengatakan, bangga terhap anaknya, Rafdi Marajabessy yang kini berprofesi sebagai kuli bangunan. Bahkan, kabarnya sebagian sanak keluarganya mempertanyakan pilihan Rafdi. Toh, dia bisa saja meminta pekerjaan yang lebih layak dari Ayahnya.

Tetapi tidak begitu, sang anak memilih jalannya sendiri. Biar bapak seorang wakil walikota, tetapi dia tak memanfaatkan jabatan sang Ayah. Paling tidak, hingga berita diturunkan, Rafdi terbukti berkerja dengan caranya sendiri.

Ayah Wakil Walikota Tidore Bangga Atas Pekerjaan Anak Sebagai Kuli Bangunan

Meski mencapat kritikan dan cemooh dari banyak orang, Muhammad Sinen merasa bangga akan pilihan anaknya. Apa yang dilakukan Ayah justru meniru dari proses perjalanan hidup dirinya. Cerita dari orang tua yang pernah menjalani kehidupan keras diperkirakan membuat anaknya termotivasi hidup bersusah-susah dahulu.

Muhammad Sinen bukan berasal dari keluarga terpandang dan berkerja sebagai nelayan biasa. Kehidupannya dari kecil berdagang hingga Papua, perlahan menjadi juragan kapal, motoris speed hingga memasuki dunia politik.

Pengalaman hidup tersebut diceritakan kepada anak-anaknya dan mengajarkan untuk hidup tanpa mengharap dari orang lain. Anak-anaknya diajarkan untuk berjuang sendiri. Sebab, jabatan bisa hilang dan posisinya digantikan oleh orang lain.

Dia tak mau memaksa pilihan pekerjaan anaknya dan buah hatinya pun mengatakan memilih jalan hidupnya sendiri.

Baca juga:

Bumi Kopi, Langkah Awal Kebangkitan Kopi Lokal Sukabumi

Film Dilan 1990 : Mengenang Kebiasaan Pacaran Ala Jaman 1990an

Pelajaran dari Orang Tua Hebat Tentang Nilai Kehidupan Bersusah-Susah Dahulu

Anak akan mendengar cerita kehidupan dari orang tuanya. Pengalaman hidup orang tua mungkin akan ditiru oleh anak, apalagi mereka melihat dan ikut mengalami sendiri perjuangan hidup tersebut. Ketika anak merasa jalan hidup tersebut layak ditiru, maka dia akan mencontoh untuk melakukannya.

Seperti Rafdi yang tidak memanfaatkan jabatan Ayahnya seorang Wakil Walikota. Dia sadar kalau untuk memperoleh jabatan tersebut, orang tua memperolehnya dengan proses yang tidak mudah.

Begitu pula Wakil Walikota Tidore yang tidak begitu saja memberi jalan hidup yang mudah. Hal tersebut membuat anaknya mungkin berpikir dia harus berkerja keras untuk memperoleh kesuksesan seperti sang Ayah.

Apa yang diceritakan dan dilihat anak akan menjadi dasar perilaku mereka. Pembentukan tingkah laku terjadi sejak kecil tergantung bagaimana orang tua dan lingkungan hidup membentuknya. Karakter orang tua sangat mempengaruhi hidup anak kelak.

Cara orang tua memberikan contoh yang baik akan membuat anak dapat tumbuh menjadi anak yang dapat berfungsi secara sosial dengan baik.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close