Thu. May 30th, 2024
    Anak Minta Orang Tuanya Matikan HandphoneAnak Minta Orang Tuanya Matikan Handphone

    Pernahkah Anak-anak minta orang tuanya matikan handphone. Anak-anak di Hamburg, Jerman melakukan demonstrasi menuntut orangtuanya agar tidak bermain dengan smartphone. Mereka mengajak orang tua bermain dengan mereka. Anak-anak ternyata memperhatikan aktivitas orang tuanya yang malah menghabiskan waktu menatap layar daripada bercengkerama dengan anak-anak.

    Sambil jalan dan berorasi, mereka mengatakan, “We are here. We are loud. Because you are just looking at your mobile phone”. Kira-kira mereka mengatakan, “Kami di sini. Kami berisik. Karena orang tua hanya melihat ponsel.”

    Anak-Anak Minta Orang Tuanya Matikan handphone Sambil Turun Ke Jalan di Hamburg

    Aksi anak-anak tersebut tampak tidak main-main, karena mereka berorasi sambil turun ke jalan di Hamburg. Mereka protes terhadap orang tua yang bermain smarphone secara berlebihan. Protes tersebut dipimpin oleh anak bernama Emil yang berusia 7 tahun. Emil ingin setelah dilakukan demonstrasi anak-anak minta orang tua matikan handphone, waktu lebih banyak dihabiskan bersama. Orang tua yang kecanduan bermain handphone akan mempengaruhi tingkah anak-anak.

    Pesan tersebut diberikan khusus kepada orang tua, “Bermain dengan saya, bukan dengan smartphonemu (orang tua).” Video demonstrasi tersebut telah banyak disebarkan oleh netizen, termasuk oleh Adie MS (artis) dan Nukman Luthfie (ahli media sosial). Nukman luthfie melalui akun facebooknya merasa kesentil, karena punya anak usia tujuh dan 13 tahun. Jerman termasuk salah satu Negara dengan kepemilikan dan penggunaan handphone di dunia, yaitu sekitar 72 persen dari penduduknya.

    Negara lain yang tinggi kepemilikan handphone di atas 80 persen, seperti Korea selatan, Israel, Australia, Seadia, Belanda, dan Lebanon. Penggunaan handphone di Jerman dinilai mengkhawatirkan oleh anak-anak tersebut, karena mengalihkan perhatian orang tua. Anak-anak merasa orang tua tidak hidup bersama dunia mereka, namun dunia di dalam handphone.

    Kegelisan Anak Minta Orang Tuanya Matikan Handphone Berkaca Pada Kondisi Sebenarnya

    Persoalan anak minta Ayah dan Bundanya tidak memakan HP menjadi persoalan tersendiri. Aksi Emil didukung oleh orang tuanya yang melaporkan kegiatan demonstrasi kepada polisi Jerman. Dikutip dari Merdeka.com, Martin Rustige orang tua dari Emil mengatakan keluhan tersebut berasal dari kelakuan orang tuanya senidri. Emil mengeluhkan orang tua yang tidak bermain dengannya di rumah, malah melakukan hal lain. Kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan karena Jerman termasuk Negara dengan kecanduan teknologi.

    Fokus orang tua lebih tersita ke smartphone mereka. Sehingga, anak minta orangtuanya matikan handphone. Wahai orang tua di Indonesia, jangan-jangan kita juga sering membiarkan anak bermain sendiri. Sementara kita lebih asyik menatap layar dan berselancar di dunia maya. Anak-anak mungkin kesulitan melakukan protes atau malah dimarahi kalau meminta orang tuanya bermain bersama-sama.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *