Sat. May 18th, 2024
    Kampas ganda motor maticKampas ganda motor matic

    Sebagai pengguna motor matic, kamu harus tahu beberapa komponen pada motor agar bisa menjamin fungsi setiap komponen sedang tidak bermasalah.

    Nah, salah satu komponen terpenting pada motor matic adalah kampas ganda motor. Simak apa saja fungsinya dan kapan kampas ganda harus diganti pada ulasan berikut.

    Fungsi Kampas Ganda CVT Motor Matic

    Kampas ganda motor adalah komponen vital untuk membantu motor matic bisa bergerak dan berjalan. Komponen ini akan menjalankan dan memutuskan tenaga putaran mesin dari bagian CVT depan ke bagian belakang dengan gaya sentrifugal.

    Saat gas mulai diputar, nah disinilah akan ada penambah RPM yang akan memperbesar gaya sentrifugal. Sehingga, kampas akan bergerak ke arah rumah kopling lalu menekan dan terhubung dengan rumah kopling.

    Sementara itu, saat belum digas, kampas ganda dengan rumah kopling juga akan renggang serta tidak terhubung ke sistem CVT. Alhasil, roda juga tidak akan berputar. Perlu kamu tahu, bahwa sistem kopling dari motor matic menggunakan tipe kering. Tidak sama dengan motor transmisi manual yang menggunakan kopling basah.

    Oleh karena itulah, banyak teknisi motor yang menyarankan agar kopling motor matic selalu dijaga kondisinya agar tetap kering. Juga, pastikan tidak pernah terkena kotoran oli ataupun debu yang berlebihan karena juga akan berdampak pada kampas motor.

    Apa yang Terjadi Saat Kampas Ganda Habis?

    Cara kerja kampas ganda yang seperti di atas lama kelamaan juga akan membuatnya aus atau habis. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena biasanya motor akan menunjukkan tanda-tanda tertentu selama berkendara sebagai kode bahwa kamu sudah harus mengganti kampas gandanya.

    Pertama, akan terasa bergetar saat digunakan berkendara. Kedua, muncul gejala gredek karena kampas tidak menempel dengan sempurna ke mangkok kopling. Ketiga, ada juga ditemui yang mengalami perubahan pada suara di CVT-nya.

    Terakhir, akselerasi awal terasa lebih berat daripada sebelumnya. Jadi, saat motornya melaju kencang, kecepatan tidak bertambah sama sekali. Namun, suara mesinnya terdengar meraung.

    Menyalip kendaraan lain dengan kampas motor yang seperti ini tidaklah disarankan. Selain itu, Jika daerah kamu termasuk jalan yang harus dilintasi dengan cara menanjak, tentu saja sangat berbahaya.  Jadi, harus dideteksi sedini mungkin ya.

    Kapan Harus Mengganti Kampas Ganda?

    Jika kampas ganda motor sudah memasuki usia pakai 20–30 ribu kilometer, sebaiknya segera sudah harus waspada dan cek secara berkala tanda-tandanya. Dikarenakan, bisa jadi kampas ganda sudah habis di 20 ribu km. Jadi, ini kembali lagi pada cara pemakaian setiap pengguna.

    Namun, sebelum itu, kamu bisa kok cek sendiri apakah kampas gandanya sudah aus atau belum dengan cara bongkar CVT-nya. Jika tidak yakin dengan kemampuan sendiri, bisa juga langsung ke teknisinya agar hasilnya lebih pasti dan akurat.

    Biaya penggantian kampas ganda motor matic sebenarnya tidak terlalu mahal. Kamu cukup menyiapkan budget sekitar Rp 100-400 ribuan saja. Hal ini juga mengingat tipe motor matic pengguna yang berbeda-beda.

    Sudah tahu kan betapa pentingnya untuk mengecek kampas ganda motor? Jadi, mulai dari sekarang, cobalah untuk cek kilometer motor. Jika sudah mendekat angka di atas, segera  cek kampasnya atau bisa langsung bawa ke bengkel.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *