Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Opini

Inilah yang Tidak Boleh Dilakukan Penumpang Pesawat Terbang

Heboh kasus penggunaan alat komunikasi dilakukan oleh artis perempuan lawas Indonesia membuat kita harus mengetahui hal yang tidak boleh dilakukan penumpang pesawat terbang.

Tahu tidak sih, selama dalam penerbangan, ada aturan yang harus ditaati oleh para penumpang. Enggak peduli siapa Anda, artis kek, politisi kek, penyanyi kek, mantu presiden kek, pokoknya dari mana pun latar belakang anda, tidak boleh melakukan hal-hal ini selama penerbangan komersial.

Boarding Sebelum waktunya Tidak Boleh dilakukan Penumpang Pesawat Terbang

Ketika menunggu keberangkatan, perhatikan panggilan boarding yang diinformasikan di bandara. Lihat tiket anda dan pastikan boarding sesuai waktunya.

Enggak perlu gerasak-gerusuk, pasti diberitahu kok kepastian keberangkatan anda. Kalau penumpang sedang banyak-banyaknya perhatikan pertunjuk oleh pegawai maskapai penerbangan. Tidak jarang kita disuruh masuk ke pesawat melalui depan atau belakang pesawat, agar tidak perlu antri.

Perhatikan sebagik-baiknya nomor penerbangan dan lihat dari gate mana Anda akan masuk. Pada waktu yang sibuk, seperti lebaran penumpang membeludak dan sering membingungkan penumpang akan naik dari pintu/ gate berapa. Pokoknya dengarkan informasi yang diberikan pegawai penerbangan.

Jangan Sekali-Kali Bercanda Tentang Bom

Kita sudah sering mendengarkan penumpang ang bercanda ketika ditanya membawa barang apa. Hai bapak dan ibu, jangan sampai bilang, “Saya membawa bom”. Anda pasti diseret keluar oleh awak kabin.

Aturan tidak boleh dilakukan penumpang pesawat tersebut karena candaan tersebut tidak lucu dan akan membahayakan penerbangan. Anda juga harus mematuhi aturan sejak check-in. Jawablah pertanyaan pegawai penerbangan dengan sebaik-baiknya. Tidak perlu menjawab yang aneh-aneh.

Bercanda tentang bom ketika penerbangan adalah masalah besar. Bukan malah lucu, Anda malah bisa terancam penjara. Meski Anda sekelas pejabat pemerintah sekalipun.

Ikuti Saja Instruksi Awak Kabin

Sebagai penumpang menurut saja dengan apa yang dikatakan oleh awak kabin. Melawan awak kabin tidak boleh dilakukan penumpang pesawat. Kalau disuruh pramugari mematikan alat elektronik ya jangan terus dinyalakan.

Instruksi pramugari atau pramugara biasanya memminta penumpang untuk membuka jendela, tegakkan sandaran kursi, hingga jangan keseringan mondar mandir di kabin. Karena semuanya yang anda lakukan tidak boleh mengganggu penumpang lain.

Oh ya, penumpang sering abai sama panduan keselamatan penerbangan ketika kondisi darurat. Baca dong. Agar kita siap kalau terjadi bahaya yang tidak diinginkan dan tahu tindakan yang harus dilakukan. Bukannya malah dicuekin saja.

Ingat Jangan Duduk Di Kursi Penumpang Lain

Duduk di kursi milik orang lain tidak boleh dilakukan penumpang pesawat. Kan sudah ditentukan nomor masing-masing ketika check-in. Lagian kita bisa kok menentukan atau meminta untuk duduk di seat pesawat sesuai keinginan.

Datang lebih cepat dong biar bisa duduk di tempat favorit, kalau tidak bisa web check-in. Kalau ingin berpindah tempat duduk ikuti instruksi awak kabin. Bukan ujug-ujug minta pindah sama penumpang lain.

Ingat Anda tidak boleh duduk di seat milik orang lain begitu saja. Bicara dengan dengan sopan dan minta bantuan awak kabin untuk mengatur perpindahan tempat duduk antar penumpang demi kelancaran penerbangan.

Baca juga :

PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN TENTANG VIRUS CORONA (COVID-19) PADA ANAK-ANAK

Jangan Mengganggu Penumpang Lain

Bersikaplah sebagai penumpang yang peduli dengan kondisi penerbangan. Semua penumpang ingin merasa nyaman di dalam pesawat. Jadi, ingat tidak perlu berisik atau ngobrol terlalu keras. Kursi sandaran tidak perlu membuat sempit penumpang lain. Jangan bikin kesel dengan membuat orang lain tidak bisa beristirahat. Ingat juga, jangan memfoto orang lain tanpa ijin di dalam pesawat.

Nah, dari semua hal yang tidak boleh dilakukan penumpang pesawat, cuma satu hal kok intinya, jangan menjadi orang yang menyebalkan. Orang akan menaruh empati kepada Anda ketika kita peduli dengan kondisi selama penerbangan. Terbang dengan tenang, aman, dan selamat menjadi keinginan semua penumpang di dalam pesawat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *