Opini

Petani Bawang Merah : Menanam Adalah Melawan dan Harus Menjadi Kekuatan Ekonomi Lokal

Petani bawang merah turut melakukan edukasi tentang menanam itu sangat penting diterapkan kepada anak sejak kecil. Tidak peduli jadinya nanti karena menanam adalah melawan. Salah satu wujud negara yang merdeka adalah negara yang mampu menopang seluruh kebutuhan perut para penghuni planet bumi.

Seperti kemungkinan para penganut sekte makan bubur ayam tanpa diaduk dan makan bubur ayam diaduk, tujuan keduanya sama demi tercapainya ketahanan pangan. Kita bisa membangun ketahanan ekonomi mandiri, membuka lapangan pekerjaan skala kecil, dan mensejahterakan rakyat.

Sekali lagi,saya bukan politikus dan bukan penumpang gelap di tengah wabah saat ini, saya hanya mencoba mengajak untuk bernostalgia pada masa kecil. Masa belum tergerus modernisasi zaman dan anak-anak masih lekat dengan kebudayaan warisan leluhur tentang indahnya bertani. Sekali lagi mengajarkan menanam sejak dini adalah kunci dan urusan tertarik atau tidak anak-anak yang penting yang memberi  pelajaran bagi mereka.

Ngoread is Not a Crime Karena Menanam Adalah Melawan Terutama Bagi Petani Muda Bawang Merah di Desa

Salah satu kegiatan yang menjengkelkan, karena merupakan warisan dengan tekhnik yang kuno. Namun, di zaman milenial seperti sekarang ini lah, petani muda milenial saatnya mengubah cara kerja ngoread agar lebih menyenangkan.

Well, kita bahas sedikit apa itu ngoread. NGO berarti “Cingogo” dalam bahasa Sunda yang berarti jongkok dalam bahasa Indonesia. READ diambil dari bahasa Inggris yang berarti “membaca”. Apabila di sambungkan menjadi jongkok sambil membaca. Hal ini yang akan menjadi menarik, bila membaca diharuskan melalui media buku bacaan. Kali ini membaca situasi tanaman yang kita tanam dengan cara ngoread dan belajar menganalisa arti kehidupan.

Ketika menanam kebaikan selalu saja diiringi dengan keburukan. Bahkan keburukan disini masih bisa dimanfaatkan. Seperti tanaman liar rumput adalah pakan ternak yang memang bagus untuk ternak. Disamping kebun kita terawat, rumput bisa bermanfaat untuk pelaku ternak. Kita sedikit demi sedikit membantu ekonomi warga sekitar membangun ketahanan ekonomi mandiri.

Kehidupan menjadi petani muda perlu dilestarikan oleh pemuda desa, agar tempat tingalnya menjadi kekuatan ekonomi yang sesungguhnya. Menanam adalah melawan sebagai bentuk kemandirian kalau pangan bisa kita hasilkan sendiri. 

Bagi yang membaca tulisan ini sampai selesai, terima kasih Anda telah menunaikan kewajiban literasi hari ini.

DESA HARUS JADI KEKUATAN EKONOMI !

Salam Firdaus Sabumi

Petani Muda dari Sukabumi

Baca juga : Sambut Ramadhan Dalam Kondisi Darurat COVID-19 Tetapi Ibadahnya Enggak Di Rumah ya Podo Ae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *