Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Opini

Mendirikan Rumah Baca Hijau untuk Mengalihkan Games di Gadget

Mendirikan Rumah Baca Hijau ternyata bisa mengalihkan dunia games di gadget anak-anak di rumah. Saya dan suami sudah membuktikannya.

Setiap kali hari minggu saat libur sekolah, anak-anak biasanya memanfaatkan untuk bermain bersama teman-teman. Mereka biasanya bermain gedget untuk bermain bersama atau istilah gaulnya maba. Nah, bermain games virtual membuat mereka malas melakukan hal hal yang lebih baik. Hanya berkumpul dan sibuk dengan handphone saja.

Tidak bisa dipungkiri, mereka memang hidup di zaman semakin cangih, namun jutsru membuat mereka menjadi malas melakukan hal yang bisa bermanfaat buat mereka dan lingkungan.

Saya selaku istri dari suami yang super hebat dan sangat peduli pendidikan dan pengetahuan anak anak. Dia bergerak dalam sebuah komunitas literasi bernama Sabumi Volunteer. Kami pun mendirikan rumah baca dinamakan Rumah Baca Hijau.

Rumah Baca Hijau Mengalihkan Dunia Gadget dan Bermain dengan Buku

Berfoto bersama setelah membaca buku
Berfoto bersama setelah membaca buku

Keberadaan Rumah Baca Hijau yang kami dirikan di lingkungan rumah kami tampaknya berhasil mencuri hati anak-anak di sekitar rumah kami. Anak-anak tidak segan datang bermain-main ke rumah sambil memperdalam pengetahunnya.

Alhamudulillah anak-anak di lingkungan kami pun senang untuk bermain, membaca, dan melakukan hal yang positif di Rumah Baca Hijau.

Anak Berkreasi Bersama Teman-Teman di Rumah Baca Hijau Sukabumi
Anak Berkreasi Bersama Teman-Teman di Rumah Baca Hijau Sukabumi

Saya pun sebagai seorang ibu dengan 3 orang anak menyempatkan waktu luang untuk menjadi pendamping bagi anak-anak di lingkungan saya. Saya mengajak anak-anak untuk memanfaatkan barang bekas untuk bisa disulap menjadi subuah prakaryia. Selain itu, kardus bekas pun mulai kami buat menjadi sebuah bingkai foto.

Kebersamaan dengan anak anak di lingkungan saya membuat kami semua gembira. Walau sederhana dengan sebuah kardus bekas, tetapi bisa melatih keterampilan mereka.

Mendampingi Anak-Anak di Rumah Baca Hijau
Mendampingi Anak-Anak di Rumah Baca Hijau

Selagi kita mampu dengan apa yang kita bisa ajarkan untuk mereka, kenapa tidak di lakukan saja. Hasil yang baik dan mengurangi agar mereka tidak kecanduan gedget, Selanjutnya saya pun akan terus mengajak anak anak untuk hal yang lebih baik dari gedget.

Baca juga:

KETANPEDO : PETANI MUDA CIBIRU MENANAM SAYURAN ORGANIK SAMBIL MENJAGA KUALITAS LINGKUNGAN

SELAMAT HARI ANAK NASIONAL 2019 : APAKAH AYAH DAN IBU SUDAH MEMENUHI HAK ANAK?

Sebagai orang tua, kita jangan cuma bisa berteriak dan memarahi anak bermain gadget, tetapi tanpa solusi apapun. Kalau ingin mengalihkan gadget dari anak, maka sediakan alternatif seperti membacakan buku untuk mereka. Saya pikir itu bisa menjadi solusi agar anak tidak cuma menunduk bermain game di hape mereka.

Saya yakin pembaca bisa melakukannya, karena kami pun bisa. Dirikan perpustakaan di rumah untuk membangun minat baca anak-anak di rumah dan mengalihkan games di gadget.

Penulis : Rayhan Wulan

Pengelola Rumah Baca Hijau

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close