Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Opini

Membungkus Daging Kurban dengan Plastik itu Berbahaya? Kamu bohong ya?

Sebentar lagi merayakan Idul Adha dan semua orang bersuka cita, tetapi tahukah kamu kalau membungkus daging kurban mentah memakai kantong plastik itu berbahaya bagi kesehatan? Ah masa sih, apa bahayanya?

Jadi begini, Hugh Pennington, mantan profesor di University of Aberdeen pernah menjelaskan bahwa penggunaan kantong pastik untuk membungkus sayuran dan daging mentah itu memang berbahaya. Pasalnya, bakteri yang terdapat pada makanan tersebut mudah berpindah ke makanan lainnya.

Selain itu, ternyata oh ternyata kantong plastik juga berdampak pada kerusakan lingkungan. Kamu harus ingat kalau plastik membutuhkan waktu terurai yang sangat lama. Bahkan hingga, cucumu meninggal pun, itu plastik belum terurai juga.

Membungku Daging Kurban dengan Plastik itu Harus Dikurangi

Oleh karena itu, kantong plastik sebaiknya dikurangi penggunaannya atau pakai wadah lainnya untuk daging kurban. Carilah pembungkus yang lebih ramah lingkungan dan aman untuk daging.

Menariknya bahan pembungkus daging kurban yang aman itu ada banyak kok di sekitar kita. Contohnya saja daun pada tanaman tertentu. Dedaunan yang digunakan sebagai pembungkus alami mudah terurai dan menjaga daging tetap awet. Coba deh baca uraian wadah alternatif pembungkus daging kurban di bawah ini.

  1. Daun pisang
    Penelitian dari Journal of Food Science and Technology membuktikan bahwa daun pisang punya antibakteri dan antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Daun pisang mudah didapatkan di sekitar lingkungan tempat tinggal, kalau tidak tinggal beli juga bisa.
  2. Besek daun kelapa
    Daun kelapa sering dibuat untuk pembuatan ketupat, janur dan lainnya. Menariknya daun kelapa juga bisa dianyam menjadi besek sebagai pengganti wadah makanan. Nah, sebuah penelitian di India menghasilan bukti bahwa daun kelapa punya antibakteri dan antiseptik yang berguna untuk menyembuhkan luka.
  3. Daun jati
    Kalaun bahan ini juga dapat digunakan membungkus daging kurban. Daun jati juga sering digunakan masyarakat untuk membungkus makanan. Manfaatnya, daun ini juga antibakteri dan antimikroba. Di pedesaan biasanya masih dapat sering ditemukan daun jati.

Baca juga :

HEBAT! KOMUNITAS EGRANG SUKABUMI KORANG BUMI DIUNDANG LAGI OLTRAD TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT

MARI MENIKMATI INDAHNYA WISATA ALAM SAWAH SUKABUMI BERSAMA KELUARGA

Selain lebih ramah lingkungan ternyata ada banyak manfaat dari daun-daun tersebut ya! Mari kurban tanpa menggunakan kantong plastik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *