Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Opini

Apa Maknanya Revolusi Mental Bagi Generasi Penerus Saat ini?

Benarkah revolusi mental bagi generasi penerus bangsa dibutuhkan saat ini? Presiden Joko Widodo sering mengatakan revolusi mental harus dilakukan demi kemajuan bangsa. Tetapi, Apakah mental generasi penerus kita benar-benar perlu diperbaiki?

Bagi saya, kok rasanya begitu adanya, kita sebagai anak bangsa perlu mendapat penanganan mental secara serius secepat nya. Tidak hanya mental, mungkin moral juga. Moral dan mental anak bangsa sepertinya tengah merosot tajam.

Kepentingan pribadi dan golongan lebih menjadi prioritas utama di banding urusan khalayak luas. Secara sadar atau tidak sadar, otak kita seolah terus teracuni.

Revolusi Mental Bagi Generasi Penerus Bangsa Dibutuhkan untuk menghindari Kebencian

Umbaran kebencian, peristiwa kejahatan, kekerasan dan, informasi kriminal lainnya seperti tengah tenjun bebas menjadi berita harian yang diterima setiap hari. Seolah menjadi biasa. Teknologi sedang berkembang pesar dan teknologi mengalir deras seperti air bah, tanpa batasan begitu sangat bebas dan mudah diakses siapa pun dan di mana pun juga.

Kehidupan keseharian kita tak lepas dari tontonan media televisi nyaris tanpa ada Batasan. Anehnya film dan sinetron bukan menyajikan tontonan yang layak bagi anak-anak kita. Kisah percintaan yang dibumbui adegan kekerasan anak remaja dan lengkap dengan aneka ragam kehidupan yang menyimpang, seolah menjadi hal biasa ditonton setiap hari.

Belum lagi serangan berbagai kabar dan berita hoax, informasi yang benar bisa tenggelam dengan berita bohong. Kabar berita tidak berdasar fakta, bahkan sulit Untuk membedakan berita asli dan palsu. Tak perlu dicari informasi lebih mendalam, yang penting bagikan saja. Padahal, kabar yang dibagikan belum tahu pangkal kebenarannya.

Berita yang berseliweran mungkin saja mempengaruhi generasi penerus kita. Anak-anak yang hidup berdampingan di sekitar kita. Mereka terpaksa untuk menkonsumsi dan menelan mentah-mentah segala macam bentuk informasi dan tindakan kekerasan masyarakat. Pernahka kita bertanya, bagaimana dampaknya terhadap moral anak-anak suatu hari kelak?

Baca juga :

Mari Berlibur Bersama Ke Tempat Wisata Palabuhan Ratu

Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah

Apakah Revolusi Mental Dapat Menjaga Moral di Negeri ini?

Kalau melihat kondisi saat ini, kita mesti berbenah. Penanganan eksra perlu dilakukan untuk menjaga moral dan mental anak-anak bangsa ini. Awali dan mulai perubahan dari dalam diri kita sendiri, lalu terapkan dari rumah melalui kehidupan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar kita.

Pemerintah tentu tidak bisa berjalan sendiri untuk menangani kondisi krisis mental saat ini. Semua lapisan bangsa ini harus bisa turut mempunyai andil dalam melakukan revolusi mental dalam pendidikan anak-anak generasi bangsa ini.

Terutama bagi mereka yang termasuk golden age (usia 0-8 tahun), masa-masa pembentukan karakter seorang manusia mulai ditata, dibentuk, diarahkan, untuk mempersiapkan diri dalam pertarungan kehidupan yang semakin ketat di kemudian hari.

Pembentukan karakter manusia dapat dilakukan mulai dari bahasa, disiplin, kemandirian, moral dan agama menjadi bagian revolusi mental bagi generasi penerus. Kita harus lebih peduli terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Untuk itu, orang tua sangat berperan penting dalam membentuk dasar paling dasar karakter anak. Fasilitas penunjang juga sangat berperan untuk membantu membentuk sang anak, di tambah faktor lingkungan sekitar yang ramah untuk kehidupan anak.

Dampingi anak-anak dari teknologi yang semestinya belum harus mereka ketahui. Agar mereka tetap bertahan dengan budaya santun yang sudah tertanam sejak dulu pada bangsa ini. Jangan sampai mental generasi negeri terperosok semakin buruk ke jurang yang lebih dalam. Semoga saja, kita semua dapat berperan dalam melakukan revolusi mental bagi generasi penerus negeri.

Ditulis oleh Ipong

Dari Sabumi Volunteer

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close