Thu. Apr 25th, 2024
    Cara mengurus STNK HilangCara mengurus STNK Hilang

    Kepala Anda mungkin puyeng tujuh keliling ketika STNK raib entah kemana, apalagi tidak mengetahui cara mengurus STNK hilang. Lalu, malah menggunakan calo segala untuk membuat STNK yang baru.

    Padahal enggak usah mumet toh, Anda bisa mengurus STNK yang hilang seorang diri. Sudah jelas mengurus STNK sendiri iu bakal lebih murah dibandingkan dengan menggunakan calo. Biaya mengurus STNK melalui calo bisa sangat mahal dan tidak masuk akal nilainya.

    Ketahuilah Anda yang kehilangan STNK, tidak butuh calo dan cuma butuh ikhlas untuk mengurusnya. Segeralah urus dan jangan dibiarkan terlalu lama. Makin cepat diurus, maka makin tak was-was berkendaraan tanpa STNK motor atau STNK mobil.

    Begini cara mengurus STNK hilang, syarat-syaratnya mudah dan bisa langsung urus sendiri ke kantor Samsat terdekat

    Nah, bagi Anda yang mau mengurus STNK mobil dan motor yang hilang, ada beberapa hal yang harus lakukan, antara lain.

      1. Kumpulkan berkas persyaratan yang perlu dilengkapi sebelum berangkat ke kantor Samsat. Syarat-syarat mengurus STNK adalah KTP asli pemilik kendaraan beserta fotokopi dan fotokopi STNK yang hilang (kalau ada).
      2. Mengurus surat keterangan kehilangan STNK dari Polsek atau Polres terdekat dengan lokasi kejadian. Anda bukan mencatat tempat tinggal ya, tetapi lokasi kejadian kehilangan STNK kendaraan.
      3. Bawa BPKB asli dan fotokopi BPKB. Apabila kendaraan mobil dan motor masih dalam proses kredit, sertakan surat keterangan dari leasing terkait. Anda bisa menambahkan fotokopi BPKB.

    Prosedur Cara Mengurus STNK yang Hilang

    Apabila berkas sudah lengkap, lalu lakukan langkah-langkah mengurus STNK hilang berikut ini:

      1. Bawalah kendaraan langsung ke Samsat. Katakan kepada petugas bahwa kamu ingin melakukan cek fisik kendaraan.
      2. Setelah memperoleh formulir cek fisik beserta hasilnya, Anda bisa menuju loket pengurusan kehilangan STNK. Isilah formulir dengan lengkap untuk melakukan mengajukan cek blokir. Tujuannya, untuk menyatakan kendaraan benar-benar tidak pernah terlibat kejahatan seperti pencurian atau penggelapan. Selipkan juga bukti cek fisik yang sudah diperoleh sebelumnya.
      3. Lalu Anda dapat mengurus pembuatan duplikat STNK di loket BNN II. Lokasinya biasanya tidak berbeda dengan mengurus STNK baru. Tunjukkan semua berkas persyaratan. Apabila terdapat tunggakan pajak, siapkan dana untuk pembayaran. Kemudian, Anda akan memperoleh bukti notifikasi pembayaran biaya administrasi penerbitan STNK. Kalau bingung, cari tahu biaya mengurus STNK hilang.
      4. Jika sudah melakukan pembayaran, tunggulah panggilan dari petugas. STNK pun akan selesai dalam beberapa menit saja.

    Baca juga:

    Siapa Suruh Mau Bermacet-Macet Libur Lebaran di Sukabumi

    Melancong ke Tempat Wisata Danau Toba Sini Saja!

    Demikianlah cara mengurus STNK hilang, udah toh. Perkara yang awalnya dikira bakal bikin puyeng kepala ternyata mudah sekali mengurusnya. Dokumen STNK motor dan STNK mobil sangat penting dimiliki, agar santai dan tenang ketika mengendarai kendaraan.

    Anda harus menjaga STNK kendaraan dengan baik dan membawanya ketika melakukan perjalanan. Letakkan ditempat yang aman dan mudah ditemukan. Jangan tinggalkan STNK di kendaraan Anda, agar tidak turut digondol maling, kalau mobil dan motor Anda yang hilang.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *