News

Pecahan Uang Rupiah Terbaru dengan Semangat Kemerdekaan ke 77 HUT RI

Pecahan Uang Rupiah Terbaru menjadi pembicaraan masyarakat. Pemerintah Indonesia dan Bank Indonesia menggelar acara  hari ini (18/8) di Jakarta untuk meluncurkan 7 pecahan uang kertas Rupiah 2022 (Uang TE 2022). Pecahan Tujuh TE 2022  resmi berlaku dan dikeluarkan di wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini dalam rangka HUT ke-77 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022.

Pecahan uang TE 2022 terdiri dari uang kertas Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2000 dan Rp 1000.Uang TE 2022 TE Money, seperti 2016, mempertahankan gambar utama pahlawan nasional di bagian depan. Serta tema budaya Indonesia (tarian, pemandangan alam, dan gambar flora) di bagian belakang.

Ada tiga aspek inovasi yang akan menggerakkan mata uang TE 2022. Itu berarti desain warna yang lebih tajam, elemen keamanan yang lebih andal, dan ketahanan  yang lebih baik terhadap bahan mata uang. Inovasi ini akan menjadikan mata uang rupiah lebih mudah dikenali, lebih layak dan terpercaya dengan menjadikan mata uang rupiah lebih kredibel, nyaman dan aman  digunakan.Uang menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penerbitan Pecahan Uang Rupiah Terbaru Semangat Kemerdekaan

Gambar Pecahan Uang Terbaru 2022
Gambar Pecahan Uang Terbaru 2022

Penerbitan dan peredaran uang TE 2022 merupakan salah satu implementasi amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari rencana kita untuk memenuhi kebutuhan uang rakyat pada 2022. Sekaligus menerapkan tata kelola yang baik sesuai dengan undang-undang.

Penerbitan uang TE 2022 tidak mempengaruhi penarikan dan/atau penarikan  Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya. Semua uang kertas atau uang logam Rupiah  yang  dikeluarkan sebelumnya dinyatakan sah sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia sampai dengan dibatalkan oleh Bank Indonesia dan dikeluarkan dari peredaran.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Mata Uang, penghapusan dan penarikan rupiah dari peredaran akan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa. Penerbitan uang TE   2022  bertepatan dengan momentum HUT RI ke-77, menunjukkan semangat  nasionalisme, nasionalisme dan kedaulatan.

Untuk meningkatkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional. Hal ini juga sejalan dengan semboyan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, “Lebih Cepat Sembuh, Lebih Kuat”. Masyarakat umum dapat menukarkan uang TE 2022 melalui perbankan atau mobile cash yang disediakan oleh Bank Indonesia.

Pemesanan dan penukaran uang dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses pada laman https://pintar.bi.go.id. Aplikasi FX akan live pada 18 Agustus 2022 pukul 11:00 WIB dan jadwal FX akan dimulai pada 19 Agustus 2022.

Artikel menarik lainnya: Nasihat Ridwan Kamil: Dear Baim Wong Citayam Fashion Week Tidak Harus Dilihat Sisi Komersil

Perlu Diingat Tentang Uang Terbaru

Bank Indonesia memastikan, saat ini beredar tujuh uang kertas baru tahun edar 2022 (TE 2022). Sedangkan uang rupiah  lama masih berlaku sebagai alat tukar.

Penerbitan uang TE tahun 2022 tidak akan mengakibatkan pembatalan dan/atau penarikan uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya. Demikian informasi mengenai Pecahan Uang Rupiah Terbaru  yang baru dikeluarkan dan dapat digunakan oleh masyarakat.

Artikel menarik lainnya: Pernyataan Lengkap Kapolri Terkait Kasus Brigadir J dan Pencopotan Irjen Ferdy Sambo

One thought on “Pecahan Uang Rupiah Terbaru dengan Semangat Kemerdekaan ke 77 HUT RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *