Korban Gempa Turki dan Suriah Sudah Melewati 4.300 orang

Data terbaru korban gempa Turki dan Suriah mengakibatkan jumlah kematian melewati 4.300 orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat.

Setidaknya 2.921 orang tewas di Turki, sementara jumlah korban Suriah mencapai 1.444. Korban selamat yang terguncang bergabung dalam pencarian orang hilang dalam gempa bumi Turki-Suriah.

Bagaimana kondisi korban gempa Turki dan Suriah saat ini. Seberapa besar dampak gempa bumi di Turki dan Suriah?

Gempa Susulan berkekuatan 5,6 SR Melanda Turki tengah

Gempa lain telah melanda Turki tengah, seperti yang diberitakan Reuters bahwa gempa tersebut berkekuatan 5,6. Serangkaian gempa susulan diperkirakan akan terjadi setelah gempa pertama.

Menurut skala magnitudo gempa yang digunakan oleh Universitas Teknologi Michigan. Gempa susulan kekuatan 5,6 SR kemungkinan membuatkerusakan ringan pada bangunan dan struktur lainnya.

Populasi sepuluh provinsi di Turki selatan yang terkena dampak gempa adalahsekitar 13,5 juta orang. Sementara itu, lebih dari 5.600 bangunan telah runtuh.

Saat itu tepat setelah jam 6 pagi di Turki, dan orang-orang yang diselamatkan setelah siang dan malam tidak hanya dari puing-puing yang runtuh. Tetapi juga dari hawa dingin. Masih banyak lagi korban yang belum ditemukan, dengan perkiraan WHO jumlah kematian bisa mencapai 20.000 dalam beberapa hari mendatang.

Korban selamat dievakuasi dengan pesawat militer ke daerah di mana rumah sakit memiliki kapasitas yang lebih besar. Pesawat militer yang membawa orang-orang yang selamat tiba di Istanbul.

Pencarian Orang Hilang Korban Gempa Turki Terus Dilakukan

Banyak korban gempa belum ditemukan dan dalam pencarian orang hilang. Anggota keluarga mencari saudara mereka tengah kekacauan kota Sanliurfa yang hancur.

Keluarga korban terus berharap dan muncul keajaiban. Di jalan, aliran mobil merayap ke utara keluar kota, membawa penduduk yang trauma menjauh dari lokasi gempa paling kuat di Turki.

Tidak sedikit keluarga yang putus asa berjalan di tengah hujan yang membekukan, barang-barang mereka ditumpuk di kereta dorong bayi, dan mencari tempat berlindung untuk bermalam.

Sanliurfa, sebuah kota bersejarah yang pernah ramai di tenggara Turki. Serangkaian gempa besar yang melanda Turki selatan pada Senin pagi, merenggut lebih dari 4.300 nyawa.

Korban Gempa Turki Tewas Terus Meningkat

Korban tewas dari gempa tersebut telah meningkat menjadi lebih dari 4.300 menurut angka pemerintah. Setidaknya 2.921 telah dikonfirmasi tewas di Turkidan 1.444 di Suriah. Menurut angka dari Pemerintah Damaskus dan petugas penyelamat. Ribuan lainnya terluka, dan jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat.

Pada tahun 1999, ketika gempa dengan kekuatan serupa menghantam wilayah Laut Marmara timur yang berpenduduk padat di dekat Istanbul, gempa tersebut menewaskan lebih dari 17.000 orang. WHO memperingatkan bahwa jumlah korban akibat gempa hari Senin bisa melewati 20.000.

Seperti yang diketahui, Gempa pertama melanda saat orang tidur, dan berkekuatan 7,8, salah satu gempa paling kuat di wilayah tersebut setidaknya dalam satu abad.

Gempa terasa sampai ke Siprus dan Kairo. Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) mengatakan data awal menunjukkan gempa besar kedua berkekuatan 7,7 SR, dan berada 67km (42 mil) timur laut KahramanmaraƟ, Turki.

Kabar menarik lainnya Biaya Haji 2023 Rata-Rata Rp 69 Juta per Jemaah dari Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *