Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
News

Kapan gaji ke 13 tahun 2022 Cair dan Besaran yang Diterima PNS dan Pensiunan

Kapan gaji ke 13 tahun 2022 Dibagikan dan Besaran yang Diterima PNS dan Pensiunan sering menjadi pertanyaan. Apalagi uang sedang dibutuhkan saat memasuki sekolah ajaran baru tahun 2022/2023.

Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Pemberian THR dan Gaji ke-13 tahun 2022 diharapkan juga sebagai tambahan bantalan ekonomi saat ini akibat dampak ekonomi global dengan menambah daya beli masyarakat serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Waktu Kapan Gaji ke 13 Tahun 2022 untuk Pensiunan dan PNS Di Cairkan? Benarkah di Bulan Juni?

Pemerintah pada tahun 2022 melanjutkan kebijakan THR dan gaji ke-13 untuk membantu menggerakkan ekonomi. Kebijakan ini secara sistematis diberikan dan disesuaikan dengan dinamika pandemi dan ekonomi masyarakat.

Implementasi program lain dan tentu saja diatur dalam undang-undang APBN sehingga harus mencerminkan kapasitas keuangan negara.

Pencariran gaji ke -13 tahun ini pada saat yang sama. Penyediaan tunjangan liburan termasuk gaji ke -13, termasuk tunjangan kinerja 50%, dan lain-lain.

Adapun kebijakan pemberian gaji ke-13 pada tahun 2022 secara umum sebagai berikut:

  1. Gaji ke-13 diberikan kepada perangkat negara dan pensiunan. Basis pembayaran gaji ke-13 tahun 2022 adalah pendapatan Juni 2022. Gaji ke-13 dibayarkan pada Juli 2022.
  2. Gaji ke-13 dibayarkan ke semua aparatur negara dan pensiunan. Jumlah THR dan Gaji ke-13 pada saat itu adalah gaji dasar, tunjangan keluarga, tunjangan yang melekat dan tunjangan jabatan.
  3. Gaji ke-13 diatur oleh Menteri Keuangan dari APBN dan dengan peraturan kepala regional untuk mereka yang datang dari APBD.
  4. Mengingat gaji / pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji / pensiun utama dalam bentuk tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan posisi struktural / fungsional / umum, dan tunjangan kinerja 50% per bulan, tergantung pada posisinya yang menerima tunjangan kinerja.
  5. Pemberian upah dan Gaji ke-13 diatur oleh Menteri Keuangan dari APBN dan APBD diatur oleh peraturan regional. Kementerian Keuangan segera menyusun peraturan kepala daerah mengenai pemberian Gaji ke-13 dari APBD tahun 2022.

Fokus Utama APBN Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Karena Pandemi Covid-19 pada tahun 2020, tujuan utama APBN adalah untuk melindungi masyarakat dan dunia bisnis dengan instrumen utama, yaitu Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Gaji ke-13 pada tahun 2022 harus dapat mendorong percepatan dimulainya kembali ekonomi nasional. Pada tahun 2022.

Fokus PEN adalah pada kesehatan, perlindungan sosial bagi orang miskin dan rentan, serta penguatan pemulihan ekonomi. Khususnya untuk UMKM. Keuntungan APBN dirasakan oleh ekonomi yang berhasil tumbuh positif sebesar 3,69%.

Serta mengatasi tingkat kemiskinan dan pengangguran yang mendekati tingkat Pra pandemi pada tahun 2021. APBN di masa depan akan terus menjadi perendam gejolak dalam perekonomian.

Artikel menarik lainnya: Bendungan Engehalde Bern Swiss Lokasi Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan

 

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close