Tue. May 28th, 2024
    Adaptasi Kebiasaan Baru di Masjid Jawa BaratAdaptasi Kebiasaan Baru di Masjid Jawa Barat

    Apakah kamu sudah tahu jurus selamat selama Adaptasi Kebiasaan baru (AKB) atau new normal, termasuk dalam peribadatan di rumah ibadah di Jawa Barat? Dari fanpage resmi Ridwan Kamil, ia memberi gambaran melalui foto, rumah ibadah harus melakukan persiapan protokol kesehatan. Hanya perlu melakukan 3 jurus untuk selamat di saat AKB, antara lain: Pakai Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan.

    Pemerintah Propinsi Jawa Barat sudah memberi izin pelaksanaan kegiatan peribadahan di rumah ibadah di daerah Zona Biru/Hijau. Dilakukan secara bertahap dengan melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Ridwan Kamil bersama Bupati Kabupaten Bandung Barat mengecek Masjid Al Irsyad dan Gereja Pantekosta di Padalarang.

    Kegiatan ibadah umat Islam di masjid diatur jaraknya termasuk dalam mengantri untuk megambil wudhu. Sementara, umat Krites diatur jarak posisi duduk di dalam gereja. Sehingga, satu orang dengan orang lainnya tetap terjaga jarak dalam melaksanakan ibadah. Ia mengingatkan kalau anak-anak dan lansia belum direkomendasikan beribadah bersama dulu di rumah ibadah.

    Kenapa Adaptasi Kebiasaan Baru Peribadatan di Rumah Ibadah Tetap Harus Menjaga Jarak?

    Sosialisasi Protokol Kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru Beribadah di Gereja Jawa Barat
    Sosialisasi Protokol Kesehatan Adaptasi Kebiasaan Baru Beribadah di Gereja Jawa Barat

    Adaptasi Kebiasaan Baru alias new normal bukan berarti kondisinya bebas virus corona. Setiap orang tetap harus mengikuti protokol corona yang disarankan oleh pemerintah.

    Sesuai arahan ulama, Masjid tipe lingkungan di zona biru/ hijau mulai digunakan untuk ibadah secara jamaah. Sesuai Fatwa ulama Syeikh Ruhaili, Ulama Masjid Nabawi, mengatakan bahwa meski shaf renggang, makmum tetap akan dihitung shalat berjamaah. Bukan shalat sendiri atau munfarid.

    Orang yang salat di masjid selama AKB sebaiknya mengambil wudhu di rumah dan membawa sajadah sendiri. Setiap orang juga perlu dicek suhu tubuhnya sebelum masuk ke rumah ibadah. Protokol corona juga berlaku bagi semua umat beragama, baik itu di masjid, gereja, pura, dan vihara.

    Berdasarkan data di Jawa Barat, indeks covid stabil di rata-rata 1 selama 14 hari. Kondisi tersebut merupakan kategori terkendali menurut standar WHO. Tidak ada lagi daerah zona MERAH dan 15 Daerah diijinkan melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal. Selain itu, 12 daerah berada pada level 3 zona KUNING. PSBB Parsial direkomendasikan untuk terus dilaksanakan pada 5 daerah Bodebek sampai tanggal 4 Juni dan 7 daerah non Bodebek hingga tanggal 12 Juni 2020.

    Baca juga: Ayo Bagi Kamu yang Pernah Teriak Kenapa Masjid Ditutup dan Mall Dibuka, Jangan Biarkan Rumah Ibadah Kosong Melompong

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *