Sun. May 26th, 2024
    Apa artinya Kasus ODP dan lainnyaApa artinya Kasus ODP dan lainnya

    Di website  Pusat Informasi dan Koordinasi COVID Jawa Barat atau PIKOBAR ada beberapa istilah seperti kasus ODP dan PDP virus corona, apa artinya ya? Kamu harus tahu maksud istilah-istilah tersebut.

    Daripada sok tahu dan heboh duluan membahas istilah istilah tersebut, mending baca dulu Istilah dalam Corona Virus Disease (Covid-19). Sehingga, tidak tidak salah dalam menafsirkan istilah yang sedang banyak digunakan saat ini berkaitan penyebaran virus corona.

    Artinya Istilah-Istilah Kasus ODP dan lainnya Terkait Virus Corona (COVID-19)

    1. ODP (Orang Dalam Pemantauan) artinya adalah orang yang baru saja bepergian ke negara-negara yang terjangkit virus Corona. Ini berarti bukan hanya WNI saja, tetapi termasuk WNA juga.
    2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan) merupakan orang yang menunjukkan gejala influenza sedang sampai berat. PDP ini awalnya memiliki status sebagai ODP.
    3. Suspeck artinya diduga terkena Virus karena sudah menunjukkan gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan Orang yang Positif Corona)
    4. Positif artinya kondisi terjangkit Virus corona setelah melalui Cek Laboratorium dan Prosedur lain.
    5. Lockdown merupakan istilah mengunci masuk keluar dari suatu Wilayah/Daerah/Negara)
    6. Social Distancing adalah Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar Manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak Orang. Lakukan dan patuhi petunjuk dari Pemerintah.
    7. Isolasi dimaksudkan Untuk orang yang Sakit mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan. Selain itu, mencegah perpindahan Penyakit dari Orang yang Sakit)
    8. Karantina adalah Upaya pada orang yang sehat untuk berdiam diri sementara. Tujuannya mengendalikan Penyebaran Penyakit dengan membatasi perpindahan Orang dan mencegah perpindahan Penyakit ke Orang yang Sehat).
    9. Work From Home (WFH)artinya Bekerja dari Rumah. Warga yang dapat kerja diluar kantor, diminta menyelesaikan pekerjaannya di rumah.
    10. Imported Case adalah kondisi seseorang terjangkit saat berada di luar Wilayah dimana Pasien melapor.
    11. Local Transmission adalah Pasien tertular di Wilayah dimana Kasus ditemukan.
    12. Epidemi adalah Penyebaran Penyakit secara Cepat dengan jumlah terjangkit Banyak dan tidak Normal, Penyebaran disuatu Wilayah).
    13. Pandemi adalah kondisi penyebaran virus yang terjadi secara Global.

    Baca juga : Kenapa Salat Jumat Dilarang Segala?

    Pemerintah dan media sering menggunakan istilah-istilah di atas untuk menjelaskan kondisi perkembangan virus saat ini. Pembaca yang budiman sangat penting memahami artinya kasus ODP dan lainnya. Agar tidak terjadi salah pengetian dalam melihat kasus COVID-19 saat ini. Semoga bermanfaat

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *