Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Nasional

Viral Satpol PP Pukul Ibu Hamil Di Gowa Sulawesi Selatan, Apa Sebenarnya Tugas Mereka?

Viral Satpol PP Pukul Ibu Hamil di Gowa Sulawesi Selatan menambah kabar buruk perlakukan aparat pemerintah tersebut selama masa PPKM. Karena tidak segan memukul pemilik dan mengobrak-abrik toko tempat usaha yang dianggap melanggar jam operasional.

Apa tugas Satpol PP sebenarnya dan bolehkah melakukan pemukulan dan bertindak kasar ketika menindak pelaku pelanggaran? Peraturan Mengenai satuan Polisi Pamong Praja ternyata sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 6 Tahun 2010. Jadi sudah ada penjelasan dan deskripsi mengenai Tugas, fungsi, wewenang, hak, wewenang Satpol PP.

Tahukah kamu, Satpol PP adalah bagian perangkat daerah yang bertugas melakukan penegakan Perda, ketertiban, dan ketenteraman masyarakat. Sehinga pemerintah daerah dan masyarakat melaksanakan kegiatan dengan secara tenteram, tertib, dan teratur.

Dari Viral Satpol PP, Mari Ketahui dan Fungsi Mereka Sesuai PP Nomor 6 Tahun 2010

Pada Pasal 4, dijelaskan bahwa Satpol PP mempunyai tugas menegakkan Perda, ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat. Jadi mereka harus melindungi masyarakat dalam menjalankan tugasnya.

Pada Pasal 5 dituliskan untuk menjalankan tugas, mempunyai fungsi antara lain:

  • Melaksanakan kebijakan penegakan Perda dan peraturan kepala daerah;
  • Menjalankan kebijakan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di daerah;
  • Melaksanakan kebijakan perlindungan masyarakat;
  • Koordinasi penegakan Perda dan peraturan kepala daerah. Selain itu berfungsi sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil daerah, dan/atau aparatur lainnya;
  • Melakukan pengawasan terhadap masyarakat, aparatur, atau badan hukum agar mematuhi dan menaati Perda dan peraturan kepala daerah.
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh kepala daerah.

Dari fungsi di atas sangat jelas, Satpol PP memang bertugas untuk penegakan Peraturan Daerah seperti PPKM Darurat saat ini. Kondisi pembatasan kegiatan dan pelaksanaan protokol kesehatan menjadi bagian dari fungsi Satpol PP. Agar masyarakat mau mengikuti Perda yang sedang berlaku.

Adapun wewenang Satpol PP yang tertuang pada Pasal 6, antara lain:

  • Melaksanakan tindakan penertiban nonyustisial terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum.
  • Melakukan tindakan kepada warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman.
  • Memfasilitasi dan pemberdayaan dengan perlindungan masyarakat;
  • Melaksanakan tindakan penyelidikan kepada warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum atas pelanggaran Perda.
  • Melakukan tindakan administratif kepada warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang melanggar Perda dan/atau peraturan kepala daerah.

Jadi, Satpol PP memiliki wewenang untuk melakukan tindakan penertiban, melaksanakan penyelidikan, dan tindakan administratif. Namun harus dilakukan dengan dasar perlindungan kepada masyarakat. Oleh karena itu mereka memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan.

Kewajiban Polisi Pamong Praja dalam Melaksanakan Tugasnya

Ketika menjalankan tugas, Polisi Pamong Praja diwajibkan untuk melaksanakan sebagai berikut:

  • Menjunjung tinggi norma hukum, norma agama, hak asasi manusia, dan norma sosial yang berjalan dalam masyarakat;
  • Harus ikut menaati disiplin pegawai negeri sipil dan kode etik Polisi Pamong Praja;
  • Membantu dalam menyelesaikan perselisihan warga masyarakat.
  • Melakukan pelaporan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia jika terjadi tindak pidana;
  • Menyerahkan kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil daerah apabila ditemukan pelanggaran terhadap Perda.

Jadi semua tindakan yang dilakukan oleh Satpol PP harus mengikuti norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Lalu wajib menyelesaikan disiplin dan melaporkan jika ditemukan pelanggaran. Jadi tidak bisa seenaknya memukul dan membuat kondisi semakin buruk.

Bagaimana pun Satpol PP sebagai pelindung bagi masyarakat, bukan bertindak kasar ketika melakukan razia selama PPKM Darurat.

Artikel menarik lainnya: Tidak Hanya Melakukan Penutupan Jalan Sukabumi PPKM Darurat, Pemkot juga Memberikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close