Nasional

Tanggal 14 Februari 2024 Libur Nasional atau Hari Biasa?

Sudah tidak asing kalau 14 Februari 2024 identik dengan Hari Valentine, hari kasih sayang yang dirayakan di seluruh dunia. Terutama bagi kaum muda-mudi yang kerap menunggu tanggal ini, untuk mengungkapkan rasa sayang kepada padangan.

Pada tahun 2024 ini, tanggal 14 Februari bertepatan pada hari Rabu sebagai hari kerja. Namun, banyak orang yang bertanya-tanya, apakah tanggal tersebut menjadi hari libur nasional atau hari biasa saja yang membuat orang tetap bekerja?

Jawabannya adalah: 14 Februari 2024 Telah Ditetapkan Menjadi Hari Libur Nasional.

Presiden Joko Widodo sudah membuat keputusan dan menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2024. Isinya mengenai Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Sebagai Hari Libur Nasional.

Jadi, Keppres tersebut menetapkan bahwa tanggal 14 Februari 2024. Hal itu sangat jelas untuk dimengerti bahwa tanggal tersebut merupakan hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menjadi hari libur nasional.

Penetapan hari libur nasional ini bertujuan untuk memberikan waktu luang dan kesempatan kepada seluruh warga negara Indonesia. Sehingga, bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024. Pemilu 2024 adalah momen penting bagi bangsa Indonesia karena akan memilih pemimpin dan wakil rakyat yang akan memimpin bangsa selama lima tahun ke depan.

Seperti yang diketahui, ada tiga calon Presiden yang akan dipilih pada Pemilu Tahun 2024, antara lain:

  • Anies Baswedan Berpasangan dengan Muhaimin Iskandar
  • Prabowo Subianto Berpasangan dengan Gibran Rakabuming
  • Ganjar Pranowo Berpasangan dengan Mahfud MD.

Tanggal 14 Ferbruari Adalah hari Pemilu Presiden Sebagai Agenda Sangat Penting

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang libur nasional pada tanggal 14 Februari 2024:

  • Libur nasional berlaku dan ditetapkan bagi seluruh wilayah Indonesia.
  • Bagi pekerja/buruh, pengusaha wajib memberikan kesempatan kepada pekerjanya untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak memotong upahnya.
  • Bagi instansi pemerintah dan swasta, disarankan untuk mengatur jam kerja pegawainya agar dapat menggunakan hak pilihnya.

Dengan adanya libur nasional ini, diharapkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu Presiden 2024 dapat meningkat. Mari kita gunakan hak pilih kita dengan sebaik-baiknya untuk menentukan masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik.

Artikel menarik lainnya: Atlit Nasional itu Kelak Muncul dari Sekolah Sepak Bola Lengkong United

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *