Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Motivasi Hidup

Tertawa itu Baik Bagi Kesehatan, No Debat!

Tawa yang hangat dapat meredakan ketegangan fisik dan stres, membuat otot rileks hingga 45 menit setelahnya

Begitulah kenyataannya tertawa adalah obat yang baik bagi kesehatan. Bukan rahasia lagi sangat menyenangkan jika memiliki seorang teman yang suka tertawa dan ternyata memang ada manfaatnya. Ekspresi tawa kamu bisa memicu perubahan fisik dan emosional yang sehat bagi tubuh.

Dari tertawa pula sistem kekebalan tubuh menjadi lebih oke. Karena dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan mengurangi rasa stres. Tidak ada yang bekerja lebih cepat untuk menyetabilkan emosi selain dengan tertawa. Humor meringankan beban hidup, memberi harapan, membangun hubungan dengan orang lain. Manfaat lainnya adalah membantu kamu melepaskan amarah dan memberi maaf lebih cepat.

Menariknya anak-anak lebih banyak tertawa setiap hari dibandingkan oleh orang dewasa yang hidupnya cenderung lebih serius. Semakin tua semakin kehilangan tawa. Padahal, orang dewasa lebih membutuhkan tawa untuk menjaga kesehatan emosional, memperkuat hubungan , menciptakan kebahagiaan. Orang yang lebih banyak tertawa biasanya lebih sehat dan panjang umur.

Tertawa Memang Baik BAgi Kesehatan Kamu

Tertawa membuat tubuh lebih rileks. Tawa yang hangat dapat meredakan ketegangan fisik dan stres, membuat otot rileks hingga 45 menit setelahnya. Orang yang tertawa hormon stresnya menjadi turun dan meningkatkan sel kekebalan dan antibodi, sehingga meningkatkan daya tahan terhadap penyakit. Dari dalam tubuh, tertawa bisa melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan rasa bahagia dan menghilangkan rasa sakit untuk sementara.

Tertawa Baik Bagi Kesehatan Melindungi Jantung dan Bisa Membakar Kalori

Orang yang tertawa kerja fungsi pembuluh dan aliran darah semakin meningkat yang mampu melindungi dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya. Selain itu, bisa membakar kalori juga loh. Satu penelitian membuktikan orang yang tertawa selama 10 sampai 15 menit sehari dapat membakar sekitar 40 kalori yang dapat menurunkan berat badan tiga atau empat pon selama setahun.

Beban Amarah Lebih Ringan Karena Tertawa

Tidak ada yang mampu meredakan kemarahan dan mengatasi masalah lebih cepat daripada tertawa. Lelucon dapat membuat persoalan diselesaikan dengan cara yang lebih ringan dan membuang rasa kebencian. Bahkan, sebuah penelitian di Norwegia menunjukkan bahwa orang-orang dengan selera humor akan hidup lebih lama dibandingkan mereka yang kurang tertawa.

Tertawa Baik Bagi Kesehatan Secara Mental

Perasaan positif akan muncul bersama orang yang suka tertawa. Selera humor yang baik dapat menjaga pandangan positif dan sikap optimis dalam menghadapi situasi sulit, kekecewaan, dan kehilangan. Dari tawa pula, kamu dapat memiliki harapan yang baru. Bahkan di saat-saat tersulit sekalipun. Tawa dapat menular dan dapat melatih otak untuk memiliki perasaan senang. HIngga, akhirnya, membantu untuk mengendalikan mental kamu.

Tertawa menyatukan orang dan memperkuat hubungan

Tahukah kawan Sabumi, tawa dapat pula mendekatkan Kamu dengan orang lain. Seseorang akan merasa hidupnya lebih baik didekat orang yang suka tertawa. Semakin banyak tawa, semakin kebahagiaan yang dirasakan orang-orang di sekitarmu. Berbagi humor adalah wujud dari rasa senang. Menariknya pada faktanya sebagian besar tawa tidak datang dari orang lain, melainkan dari teman dan keluarga.

Secara sosial tawa dapat menguatkan hubungan dengan orang-orang terdekat. Hubungan menjadi tetap intim dan menyenangkan. Humor adalah cara yang ampuh untuk menyembuhkan kebencian, perselisihan, dan rasa sakit hati, serta menyatukan orang selama masa-masa sulit.

Humor dan komunikasi yang menyenangkan memperkuat hubungan kita dengan memicu perasaan positif dan membina hubungan emosional. Pada akhirnya, tertawa bisa menjadi senjata ampuh untuk mengendalikan masalah konflik dan mengurangi ketegangan ketika emosi semakin memuncak. Baik dari asalah dengan pasangan, teman, keluarga, maupun rekan kerja.

Artikel menarik lainnya: Denda 50 Juta Ke Habib Rizieq Buktikan PR Besar di Indonesia Adalah Edukasi Kesehatan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close