Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Motivasi Hidup

Karena Teman dan Keluarga Lebih Penting Dibandingkan Uang yang Kita Miliki

Teman dan keluarga lebih penting dibandingkan uang. Ada penelitian yang menyatakan bahwa menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga berdampak besar terhadap rasa bahagia.

Daniel Gilbert, seorang peneliti dari Harvard menjelaskan: “Kita bahagia ketika memiliki keluarga dan memiliki teman. Nyaris semua yang membuat kebahagiaan sebenarnya diperoeh dengan cara memiliki lebih banyak keluarga dan teman.”

Meskipun uang bisa memenuhi kebutuhan secara materi. Tetapi menghabiskan waktu bersama orang-orang yang cintai, selalu menjadi nilai yang tak terhitung dalam kehidupan kita.

Keluarga Lebih Penting Dibandingkan Uang

Waktu bersama keluarga lebih penting dibandingkan uang dan hidup bersama menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi kalau sudah memiliki anak. Dari anak-anak masih kecil hingga mereka menjelang dewasa dihabiskan bersama mereka.

Ketika anak memasuki usia remaja, anak akan lebih senang menghabiskan waktu bersama teman-teman mereka. Sehingga, lebih sulit untuk meluangkan waktu bersama keluarga.

Oleh karena itu, waktu teramat begitu berharga, bahkan untuk sekedar makan malam bersama di meja dan bercerita antara orang tua dan anak. Selain itu, kita bisa meluangkan waktu untuk menikmati hari libur ke tempat yang menarik.

Adakalanya bisa memiliki kesempatan untuk saling bercengkarama atau bertukar pikiran rasanya sudah lebih dari cukup. Ajaklah selalu keluarga untuk menghabiskan waktu bersama ketika mereka masih ada di dunia.

Salah satu fungsi utama keluarga sebagai tempat belajar saling membantu dan tumbuh bersama. Dari keluarga, kita memperoleh nilai-nilai dan pelajarn untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Teman Lebih Penting Dibandingkan Sebanyak Apapun Uang yang Dimiliki

Seiring bertambahnya usia, dan hidup yang terus bejalan, waktu bersama teman-teman tampaknya semakin berkurang. Perlahan, kita mungkin akan menyadarinya ketika mereka mulai sulit untuk segera menikmati secangkir kopi.

Faktanya menghabiskan waktu bersama teman-teman adalah salah satu dari sedikit kesenangan dalam hidup. Terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa stres. Mereka membuat kita lupa terhadap kesibukan bekerja dan lelahnya mengahadapi hiruk-pikuk kehidupan di dunia. Teman bisa membuat kita menjadi orang yang lebih baik.

Namun, teman-teman semakin sibuk dan sulit diajak mengobrol, bahkan tidak bisa melalui sambungan telepon sekalipun. Jadi, meluangkan waktu untuk teman-teman lebih penting dibandingkan uang, sebelum terlalu sibuk menjalani kehidupan dan teman-teman akan pergi meninggalkan kita.

Walaupun uang harus kita miliki karena bisa membeli rumah, makanan, pakaian dan pendidikan.  Tetapi hubungan teman dan keluarga sangat bermanfaat bagi kesehatan mental dan emosional kita.

Hubungan keluarga melibatkan ikatan dua arah yang melibatkan rasa cinta untuk saling memberi dan menerima. Keluarga bisa memberikan dukungan emosional yang tidak bisa dibeli dengan uang. Sementara hubungan dengan teman dapat membuat kita tenang.

Pelukan dari seorang teman bisa mengurangi rasa sedih dan memberi semangat untuk hidup yang lebih baik. Teman yang baik akan datang ketika kita dalam kondisi senang dan sedih.

Artikel menarik lainnya: 7 Hal yang Jangan Pernah Diceritakan Kepada Keluarga Tentang Kehidupanmu

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close