Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Motivasi Hidup

Orang Jepang Pakai Masker Dari Mode Hingga Faktor Kesehatan

Jika pergi ke sana, banyak orang Jepang akan ditemukan memakai masker dengan berbagai pola, warna, dan desain yang modis

Orang Jepang pakai masker sudah terbiasa dalam kehidupan sehari-hari, termasuk ketika pergi berkerja. Mereka mengenakan pakai rapih dengan benda yang menutupi sebagian wajah. Kebiasaan tersebut mungkin aneh bagi Negara lain.

Kenapa orang jepang memiliki kebiasaan memakai masker? Apakah mereka terlalu takut terpapar penyakit? Bagi orang Jepang, penggunaan masker memiliki makna yang lebih luas, bahkan tidak hanya berhubungan dengan antisipasi terhadap risiko penyakit. Berikut beberapa alasannya.

Orang Jepang  Pakai Masker Karena Faktor Kesehatan

Alasan terutama penggunaan masker adalah kesehatan. Masker digunakan untuk untuk mencegah kuman atau penyakit  yang dapat menyebar di tempat umum. Terutama bagi orang-orang yang berada di kota yang sangat padat penduduknya, seperti di Tokyo  yang memiliki  populasi lebih dari 9.273 juta orang.

Begitu banyak orang yang melakukan kegiatan di kota yang padat, maka risiko penularan penyakit lebih bahaya. Orang Jepang diajari pentingnya pencegahan penyakit sejak usia dini. Sejak sekolah tingkat dasar, anak-anak dianjurkan menjaga kebersihan pribadi. Para siswa harus memakai masker saat berpartisipasi dalam menyajikan makan siang kepada teman-temannya dan mengenakan masker kapan pun mereka merasa sakit.

Melindungi Debu dan serbuk sari

Selain penyakit, masker bagi orang Jepang adalah sebagai pelindung yang baik dari debu dan serbuk sari, terutama di musim semi. Masker menyaring sebagian besar partikel terutama bagi mereka yang menderita asma atau alergi serbuk sari. Partikel debu yang sangat kecil dapat menyebabkan fungsi paru-paru dan jantung melemah dan penyebab penyakit asma. Masker mampu menyaring debu dan membuat tubuh tetap aman.

Menutupi Jerawat dan Bekas Luka

Ada alasan selain kesehatan, beberapa orang Jepang memakai masker untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan fisik. Sebagian lagi, menyembunyikan wajah karena tidak ingin menggunakan riasan. Masker bisa menyembunyikan jerawat atau bekas luka. Masker adalah alat yang tepat dan menutupi kondisi wajah yang sebenarnya.

Orang Jepang Memakai Masker Sebagai Bagian dari Mode

Masker telah menjadi bagian dunia mode di Jepang. Berdasarkan sebuah survey yang dilakukan tahun 2011, 30 persen dari 100 orang di Tokyo memakai masker karena alasan yang sama sekali tidak berhubungan dengan penyakit. Masker bagian dari mode yang didesain modern dalam berbagai warna dan bentuk sesuai trend.  Jika pergi ke sana, banyak orang Jepang akan ditemukan mengenakan penutup wajah dengan berbagai pola, warna, dan desain yang modis.

Model orang jepang pakai masker sudah dalam berbagai bentuk, warna dan ukuran. Masker wajah banyak disediakan di drugstore dan mini market Jepang. Masker juga dibuat dengan berbagai teknologi baru dan dapat membunuh kuman. Bahkan, masker bisa menonaktifkan virus dan melembabkan mulut sama wajah saat tidur.

Demikian alasan penggunaan masker bagi masyarakat Jepang dan bukan hanya untuk alasan kesehatan saja. Masker bisa memiliki banyak fungsi. Bahkan, ada pula yang menggunakan masker untuk mengasingkan diri dan menghindar agartidak dikenali masyarakat.

Informasi menarik lainnya: Efek Samping yang Dirasakan Ridwan Kamil Setelah Menjadi Relawan Penyuntikan Vaksin COVID-19 Sinovac

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close