Motivasi Hidup

Niat Puasa Bayar Hutang Ramadhan Bersama Puasa Senin dan Kamis, Apakah Diperbolehkan?

Niat Puasa Bayar Hutang Ramadhan Bersama Puasa Senin dan Kamis, apakah diperbolehkah? Mengutip dari Ustaz Abdul Somad (UAS) qadha tersebut diperbolehkan. Lalu Bagaimana niat menjalankannya?

Dari kanal YouTube Kun Ma Alloh berjudul Qadha Puasa di Senin Kamis, Niat dan Pahalanya, adapun cara melafalkan niatnya ketika hari Senin ataupun Kamis dengan niat puasa Qadha saja akan memperoleh beberapa pahala puasa sekaligus.

Buya Yahya juga memiliki pandangan yang sama dengan UAS bahwa ganjaran puasa Qadha yang dikerjakan di waktu Sunnah seperti menerima pahala bonus sebagai ganjaran. Pahala dari puasa sunnah dan puasa di bulan Dzulhijjah apabila kita jalankan bertepatan dengan puasa Dzulhijjah.

Bagaimana Penjelasan Tentang Niat Puasa Bayar Hutang Ramadhan dari Ustaz Abdul Somad?

Kata Abdul Somad, “Apabila menjalankan puasa wajib di luar Ramadhan pada hari Senin atau Kamis, bisakah kita niat ganda? Niat puasa itu wajib, tetapi cukup satu niat saja, pada hari Kamis, niat piasa qadha saja. Sengaja aku niat puasa Qadha karena Allah ta’ala. Maka otomatis dapat tiga. Qadha dapat lunas 1 hari, dapat puasa Syawal, dapat puasa Kamis, cukup niat pausa Qadha saja.”

Hal yang perlu diketahui sebagai umat Islam bahwa Qadha Puasa adalah puasa yang dilakukan untuk menggantikan puasa Ramadhan yang dapat dilakukan oleh seseorang karena suatu sebab. Misalnya alasan medis, usia atau situasi yang membuat tidak bisa berpuasa Ramadhan.

Puasa Qadha mempunyai niatnya sendiri untuk diucapkan. Bagi Anda yang memiliki kewajiban untuk melakukan Qadha, maka perlu diketahui niat puasa Qadha dan dipelajari bagaimana cara menjalankannya.

Di bawah ini adalah Niat Qadha Puasa ramadhan

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadh’I fardhi syahri Ramadhna lillahi ta‘ala.

Adapun artinya niat tersebut: Saya berniat untuk melakukan qadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena hanya Allah SWT.

Penjelasan Niat Puasa Bayar Hutang Ramadhan Bersama Puasa Senin dan Kamis

Puasa Qadha Ramadhan dapat dilakukan dengan digabungkan pada hari Kamis Senin Kamis, tetapi pembacaan niat adalah niat untuk puasa Qadha Ramadhan. Jadi, bisa dijalankan pada hari Senin Kamis berarti secara langsung melakukan puasa sunah senin kamis.

Jika ingin menjalankan puasa pada hari Kamis, di bawah ini adalah niat untuk puasa Senin Kamis.

Niat Puasa Senin

Niat puasa Senin berbeda dari puasa sunnah Kamis dan berbeda dari niat puasa di Qadha. Ini adalah pembacaan tentang niat puasa pada hari Senin.

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillahi Ta’ala.

Artinya: Saya berniat puasa Senin, Sunnah karena alasan hanya Allah Ta’ala.

Puasa Hari Kamis

Berikut adalah pembacaan niat puasa Kamis:

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillahi Ta’ala.

Artinya: Saya berniat akan puasa Kamis, Sunnah karena hanya Allah Ta’ala.

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis dan Puasa Qadha

Artikel menarik lainnya: Cara Membayar Kafarat Puasa dengan Uang, Berapa Nilainya?

Doa Berbuka Puasa Hari Senin dan Kamis

ketika buka puasa,bacalah doa buka puasa hari Senin-Kamis di bawah ini.

Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthortu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ujru insya-Allah ta’ala

Berarti: “Ya Tuhan, bagiMu, Aku menjalankan puasa,  atas dari rezekiMu aku berbuka. Sudah menghilang rasa haus, urat-urat sudah basah dan (berharap) pahala telah diputuskan, Insyaallah”.

Demikian informasi tentang niat puasa Qadha Ramadhan yang bisa dilakukan pada hari Senin Kamis. Semoga semua amalan diterima oleh Allah Swt.

Artikel menarik lainnya: Seputar Hukum Puasa Ramadhan Menyambut 1 Ramadhan 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *