Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Motivasi HidupTrending

4 Hal yang Harus Diperhatikan ketika Membeli Sepeda Lipat

Apakah Anda ingin membeli sepeda lipat, tetapi tidak tahu bagaimana memilih yang tepat? Anda memang perlu memikirkan lebih dulu sebelum memilih yang cocok.Tidak diragukan lagi, sepeda lipat sangat tepat dipilih ketika  bepergian bisa dimasukkan ke bagasi mobil bahkan dapat dibawa saat ke luar kota dengan kereta api. Namun, jangan asal dalam memilih dan perhatikan 4 hal berikut ketika membeli sepeda lipat.

Bahan Material Frame Sepeda Lipat

Sepeda lipat akan nyaman digunakan biasanya memiliki frame ringan dan fleksibel. Lihatlah bahan-bahannya, seperti steel, alumanium, carbon fiber, atau titanium. Bahan stell biasanya memiliki bobot yang berat, namun lebih seimbang dan bisa mengurangi guncangan atau getaran. Alumanium atau alloy biasanya digunakan sepeda kelas menengah ke atas. Bahan ini dinilai tidak terlalu mahal tetapi ringan. Sepeda lebih mudah untuk dikontrol pengguna.

Sepeda yang memiliki bahan material carbon fiber tergolong sangat kuat. Bahan tersebut dikenal sangat ringan dan bagus Tetapi harganya mahal dan sifatnya getas (langsung patah, tidak bisa bengkok). Sedangkan bahan titanium umumnya dipakai untuk sepeda lipat kelas atas dan tentu saja harganya paling mahal dari yang lain.

Ukuran Roda Sepeda

Anda harus memikirkan ukuran roda, karena sangat mempengaruhi kenyamanan dalam menggowes sepeda. Perhatikan roda sepeda secara keseluruhan. Roda yang kecil lebih mudah untuk dikemudikan. Tetapi tidak ada salahnya juga jika ingin ukuran lebih besar dan sesuaikan dengan penggunaannya. Ukuran roda sangat beragam, dari ukuran mulai dari 16” sampai 29”. Kebanyakan pengguna sepeda lupat memiliki rodah lebih kecil karena mudah dibawa kemana saja, termasuk ke kantor dan dapat disimpan di bawah meja.

Kekuatan Mengangkut Sepeda Lipat

Anda harus tahu kalau sepeda lipat  memiliki kekuatan mengangkut yang terbatas. Maka, perhatikan spesifikasi kapasitas angkut dari sepeda, dan perhitungkan berat Anda ditambah dengan barang bawaaan beserta aksesorisnya. Jika, sepeda lipat sering membawa beban terlampu berat maka bakal cepat rusak. Misalnya, ada sepeda yang mampu menanggung beban maksimal hingga 100 kilogram.

Harga Tidak Pernah Berbohong

Bagi Anda yang mau beli sepeda lipat sebaiknya pilih sepeda yang berkualitas dan tentu saja harga tidak pernah berbohong. Sepeda yang bagus biasanya dari merk terkemuka menawarkan hargan hingga puluhan juta. Harganya yang lebih mahal dibandingkan sepeda biasanya bikin mengkerut kening. Hal itu yang membuat kenapa ada meme pasangan berbohong membeli sepeda lipat harga Rp 40 juta, tetapi mengakunya cuma Rp14 juta.

Anda harus memperhatikan struktur dan part untuk engsel, quick release, baut dan mur. Karena melipat sepeda harus tepat, rapi, dan kuat. Agar sepeda lebih kuat, longgar, macet ketika dilipat. Sepeda yang memiliki lipatan kurang baik karena bentuk struktur tidak presisi.dapat membuat mudah rusak. Maka, perhatikan kualitasnya ketika membeli. Bukan dilirik dari harganya yang murah meriah.  

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close