Sat. Apr 20th, 2024
    Membiasakan Anak-Anak Shalat Berjamaah Sejak Kecil. Sumber dreamstime.comMembiasakan Anak-Anak Shalat Berjamaah Sejak Kecil. Sumber dreamstime.com

    Keutamaan shalat berjamaah beserta dalilnya harus diketahui dan orang tua harus membiasakan anak-anak melaksanakan Sejak Kecil. Hal itu untuk mengajarkan bahwa tiang agama. Umat Islam memahami bahwa shalat adalah media penghubung erat dengan Sang Pencipta dan amalan yang akan dihisab ketika hari kiamat.

    Shalat dalam ajaran agama Islam adalah kewajiban dan harus diajarkan kepada anak-anak. Seperti kata Al-Ghazali bahwa kita harus membina dan mendidik anak saat ia masih kecil. Karena ibarat mengukir di atas batu dan bekasnya bisa bertahan lama.”

    Keutamaan Shalat Berjamaah Beserta Dalilnya Penting Diketahui Agar Anak-Anak Terbiasa Menjalankannya

    Ajaran mengenai salat seharusnya diajarkan sejak kecil. Kapan pun ada kesempatan dan tanpa mengenal tempat berada, ajarkan kepada anak-anak untuk shalat berjamaah. Sehingga, anak-anak membiasakan diri dan terbiasa melaksanakannya dengan mengikuti ayah dan bundanya.

    Orang tua yang selalu menjalankan shalat sebagai kewajiban yang tidak pernah ditinggalkan Apa yang dilakukan ayah dan bunda begitu pula yang ditiru anak-anak. Mereka belajar dari melihat, meniru, dan mengikuti pelajaran beribadah pertama kali dari orang tua.

    Keutamaan Shalat Berjamaah berserta dalilnya akan mendapat pahala 27 Derajat. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah saw yang artinya: Shalat berjamaah adalah lebih utama daripada shalat sendirian dengan memiliki selisih 27 derajat. (HR. al-Bukhari)

    Shalat berjamaah akan mendapat pahala 25 sholatan. Berdasarkan riwayat Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW memberiwasiat kepadaku dan bersabda : “Wahai Abu Hurairah, Lakukan shalat berjama’ah meskipunpun sambil duduk. Karena Allah Swt akan memberikan kepadamu dalam setiap shalat jama’ah pahala 25 sholatan. Selain sholat tanpa jama’ah”.

    Tips Mengajak Anak Shalat Berjamaah

    Kebiasaan salat berjamaah sejak kecil akan membuat mereka mau melaksanakan shalat berjamaah tanpa dipaksakan. Ada beberapa tips agar anak-anak membiasakan shalat berjamaah sejak kecil, sebagai berikut:

    • Berikan contoh yang baik dengan membiasakan shalat berjamaah di depan anak-anak. Ayah dan Bunda harus kompak menunaikan shalat berjamaah. Hal tersebut akan membuat anak-anak untuk mengikuti ibadah salat yang dilakukan kedua orang tua.
    • Jelaskan kepada anak-anak untuk melaksanakan shalat bersama-sama pada waktu yang bisa dilaksanakan. Contohnya melaksanakan shalat Shubuh, Maghrib dan Isya. Kemudian, harus tertib menjaga kebiasaan salat berjamaah secara konsisten dalam keluarga.
    • Bercerita tentang kisah-kisah nabi, tentang ajaran agama Islam, dan hal lain yang menarik setelah shalat. Sehingga anak-anak merasa tertarik ada kegiatan lain yang dilakukan bersama setelah shalat.
    • Tempatkan anak-anak menempuh pendidikan pada sekolah yang membiasakan shalat berjamaah di antara siswa dan guru. Sehingga shalat yang diajarkan orang tua dirumah sesuai dengan didikan dari sekolah.
    • Setelah anak bisa melaksanakan shalat berjamaah dengan tertib di rumah, maka ajaklah maka ajaklah mereka beribadah ke masjid. Selanjutnya ajak pula anak laki-laku untuk ikut melaksanakan shalat Jum’at bersama ayah. Tujuannya agar sikecil terbiasa melaksanakan shalat bersama dengan orang lain dan bermanfaat membuat bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar tempat tinggalnya.
    • Anak-anak akan mencontoh kegiatan yang dilakukan orangtuanya, termasuk benda yang dipakai orangtuanya. Jadi, ajarkan anak memakai kain jika mereka meminta dan mukena pada anak perempuan seperti yang dipakai ibunya. Cara tersebut bisa mempengaruhi keinginan anak untuk turut shalat bersama-sama dengan orangtuanya.
    • Apabila anak-anak telah melakukan gerakan shalat dan menghafal doa-doa dengan benar, maka tidak ada salahnya mengajarkan mereka untuk menjadi imam. Biarkan anak laki-laki menjadi imam, ketika ia memintanya. Hal itu akan membuatnya berani tampil memimpin salat. Anak perempuan pun bisa menjadi imam bagi bundanya.

    Artikel menarik lainnya: Berikut ini 8 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Lari 

    Kesimpulan Keutamaan Shalat Berjamaah Beserta Dalilnya

    Secara perlahan akan membiasakan anak-anak shalat berjamaah jika dicontohkan oleh orang tuanya. Tidak akan sulit untuk dilakukan, jika ayah dan ibu sudah terbiasa melaksanakan berdua. Jika anak terbiasa salat dari kecil, maka perlahan-lahan akan mampu melaksanakannya seperti kebutuhan dan tanpa disuruh-suruh orang tua.

    Keutamaan Shalat Berjamaah Beserta Dalilnya yang diajarkan kepada anak-anak agar menjadi kebiasaan yang tak akan ditunda-tunda. Ciptakan suasana yang nyaman, agar shalat dalam suasana nyaman dan menyenangkan untuk melatih anak-anak menjalankan ibadah shalat. Hingga pada saatnya, si kecil terus tergerak melaksanakan shalat sesuai yang diajarkan agama Islam.

    Artikel menarik lainnya: Dalil yang Menunjukkan Bahwa Salat Jumat itu Wajib

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *