Motivasi Hidup

Keutamaan Hari Jumat Berkah Berkah Diantara Doa dan Harapan Umat Islam

Keutamaan Hari jumat  berkah menjadi hari baik bagi umat islam sebagai waktu salat Jumat. Sebagai hari yang baik, kaum muslim menjalaninya untuk bersilaturahmi dan mendoakan orang-orang yang disayangi.

Hari jumat dijalani dengan limpahan rejeki dan menyenangkan. Harapannya dapat menjalani hari dengan lebih berharga dan mengisi hidup Anda dengan anugerah Allah. Hari yang dirayakan memohonkan anugerah dan menciptakan raya syukur atas segala nikmat-Nya.

Sekaligus dapat memperkuat iman kepada-Nya. Selain itu bisa terlapas dari kejahatan kecil hingga kejahatan besar. Setiap umat berharap Allah mengampuni dosa dan membimbing di jalan yang benar. Doa dipanjakan kepada Allah untuk mendapat kenikmatan dengan dipenuhi rasa kesehatan, kegembiraan, cinta, dan kedamaian. Umat Islam diberikan ketenangan pikiran dan nikmat Allah yang tak terhitung.

Melalui doa, setiap muslim ingin merasa semakin dekat dengan Tuhan dan membukakan rahmat pintu surgawiNya. Ketika melakukan salat jumat, muslim merasakan cahaya dan menjadi lebih kuat imannya. Keberkahannya tak terhitung nilainya.

Pada hari jumat, tidak ada hadiah yang lebih berharga daripada Doa yang diterima dari sesama Umat Islam. Harapannya Allah dapat menerima semua doa umat Islam. Doa yang dipanjatkan untuk orang lain adalah salah satu keindahan hidup.

Semoga Allah menjauhkan kita dari kesalahan yang menjauhkan dari-Nya dan membiarkan kita mengikuti hal-hal baik mendekatkan kepada-Nya.

Keutamaan Hari Jumat Berkah

Hari jumat adalah hari penuh keberkahan, ada amalan yang dapat dilakukan oleh umat Islam, antara lain:

  1. Manid jumat: Merupakan amalan sunnah yang dilaksanakan pada hari Jumat. Aman ini dapat dilakukan secara umum bagi siapa pun yang menghadiri ibadah shalat Jumat.
  2. Perbanyak Bershalawat kepada Nabi Muhammad: Salah satu dari amalan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempua. Sesuai Hadits  HR Al Imam Al-Baihaqi berbunyi Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jumat, barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.
  3. Membaca Surat Al-Kahfi: Amalan ini sesuai dengan hadits riwayat Al-Hakim berbunyi Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan ada cahaya yang menyinarinya diantara 2 Jumat.
  4. Berdoa: Amalan bagi siapa pun laki-laki dan perempuan disunnahkan untuk memperbanyak berdoa di hari Jumat. Waktu yang tepat  untuk ijabah (terkabulnya doa) yang dirahasiakan Allah.
  5. Bebuat Kebaikan: Keutamaaan hari jumat sebagai waktu digandakannya pahala 10 kali kebaikan, dibandingkan hari lainnya.

Keutamaan hari jumat berkah lainnya adalah waktu ketika Allah menampakkan diri di hadapan setiap hamba-Nya yang beriman di surga-Nya. Mari manfaatkan waktu hari jumat menyalurkan zakat yang bisa menjadi sumber pahala bagi umat Islam. Sumber kebahagiaan bagi orang yang kurang beruntung

Demikianlah amalan baik yang dianjurkan dan bisa dilakukan oleh umat Islam. Keutamaan Hari jumat yang berkah menjadi waktu yang istimewa dibanding hari lainnya.

Artikel menarik lainnya: Setelah Salat Jumat Pertama Hagia Sophia Turki Tetap Dibuka untuk Pengunjung Non Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *