Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Motivasi Hidup

Keutamaan Bulan Ramadan yang Seharusnya Diketahui Umat Islam

Keutamaan bulan Ramadan sering dipahami sebagai saat yang tepat untuk meningkatkan ibadah. Waktunya bagi umat Islam untuk menjalankan setiap amal saleh yang menjadi penyemangat sekaligus mendorong peningkatan ketakwaan seseorang.

Setiap orang berlomba-lomba untuk meninggalkan syahwat dalam kondisi berpuasa Ramadan. Umat Islam berupaya meninggalkan hal-hal yang diharamkan oleh Allah, seperti dusta, berbuat zalim, menumpuk harta bukan miliknya, dan lain-lain.

Ibadah puasa di bulan Ramadan menjadi sarana yang penting untuk mencapai ketakwaan dan mendapatkan ampunan dosa-dosa. Bulan Ramadan memiliki banyak keberkahan, kebaikan, dan keutamaan tersendiri. Berikut keutamaan yang terdapat di bulan Ramadan yang perlu kita ketahui.

Keutamaan Bulan Ramadan Ketika Al Quran Diturunkan Sebagai Hidayah Bagi Manusia

Allah menurunkan Al-quran yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia, membimbing ke jalan yang lurus, menjelaskan petunjuk, diturunkan pada malam Lailatul Qadr, satu malam pada bulan Ramadhan. Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al-Baqarah:185 yang artinya:

“Bulan Ramadan itulah bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur’an yang menjadi petunjuk bagi manusia, dan menjadi keterangan-keterangan dari petunjuk itu dan membedakan antara yang hak dan yang batil. Maka barangsiapa di antara kamu melihat bulan itu hendaklah ia berpuasa.”

Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan berisi keterangan untuk membedakan yang hak dan batil. Sebagai kitab suci yang wajib dibaca dan dijadikan acuan hidup yang harus diyakini oleh umat Islam.

Bulan Ramadan Penuh Keberkahan

Bulan Ramadan adalah waktu penuh keberkahan mendapatkan ampunan dosa-dosa, melipatgandakan kebaikan, dan mengangkat derajat. Seperti yang tertuang dalam hadits Nabi Rasulullah SAW yang artinya :

Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian…” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Allah akan melipatgandakan pahala yang dilaksanakan pada bulan Ramadan. Keberkahan dapat dilakukan dengan peduli terhadap sesame. Seperti memberikan infaq dan sedekah dengan mendermakan uang yang dimiliki bagi orang yang membutuhkan.

Seorang muslim diamanatkan untuk menjalankan sunnah untuk berinfaq dan bersedekah. Bahkan diwajibkan membayar zakat fitrah sebelum salat Ied diberikan kepada kaum kurang mampu.

Terdapat Lailatul Qadar Malam Seribu Bulan

Di bulan Ramadan terdapat Lailatul Qadar (malam mulia), yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam ketika pintu-pintu langit dibukakan dan doa dikabulkan. Seperti yang tertulis dalam Firman Allah yang artinya:

“Lailatul Qadr itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr:3)

Pada bulan Ramadan adalah hadirnya malam yang mulia penuh keberkahan. Malam-malam terakhir dan ganjil di bulan ramahan yaitu malam lailatul qodar. Malam tersebut adalah malam lebih baik dari seribu bulan. 10 hari terakhir di bulan Ramadhan adalah waktu diturunkannya Al-Quran.

Keutamaan bulan Ramadan adalah waktunya pintu-pintu surga terbuka dan ditutupnya pintu-pintu neraka. Manusia diberikan kesempatan beribadah dan amal saleh yang sudah diperbuat.

Artikel menarik lainnya: Doa Niat Puasa Ramadan Diucapkan Bagi yang Menjalankannya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close