Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Motivasi Hidup

Kata-Kata Bijak Hari Jumat yang Sangat menginspirasi Bagi Umat Islam

Ada banyak kata-kata bijak hari Jumat yang dapat menginspirasi umat Islam. Kata-kata bijak atau kalimat motivasi bisa mendorong kita untuk melakukan sesuatu yang sangat bermanfaat. Apalagi pada dasarnya pengetahuan dalam Islam tidak terbatas. Namun, sudahkah Anda mempunya motivasi bagi diri Anda sebagai umat Islam di hari jumat ini?

Berikut kami kumpulkan kata-kata inspiratif, baik berasal dari Al-Quran Mulia, ucapan Nabi Muhammad, para cendekiawan, filsuf, penyair, dan seniman Islam modern. Semoga hidup Anda dapat lebih baik dengan membaca kalimat motivasi di artikel ini.

Kata-Kata Bijak Hari Jumat untuk Anda Agar Menjadi Orang yang Produktif

Inilah kalimat motivasi atau kata-kata bijak hari jumat bagi umat Islam agar harinya lebih produktif.

  • Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam pernah bersabda: “Perbuatan yang paling mulia dilakukan umat Islam adalah shalat pada awal waktunya.” Hadits shaih riwayat menurut Tirmidzi dan Hakim. Dari Bukhari-Muslim.
  • “Jika Anda ingin lebih fokus pada Allah dalam doa-doa Anda. Maka lebih fokuslah pada-Nya di luar doa-doa Anda.” Yasmin Mogahed (Dia adalah seorang international speaker dan author dengan tema pengembangan personal dan spiritual).
  • Doa bagi para pemalas yang pernah diucapkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan memohon perlindungan dengan berdoa: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifar rasa malas, dan berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut. Aku berlindung padaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.” Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari. Asalnya dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anh.
  • Salah satu nasihat terbesar yang diberikan oleh Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam adalah: “Tindakan yang paling dicintai oleh Allah adalah pekerjaan yang dilakukan secara konsisten, walaupun jumlahnya sedikit.” HAdits Sahih dari Bukhari.
  • Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menunjukkan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tidak pernah disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, maka Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah menjalankan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah membuat ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq: 2-3).

Baca juga:

ALANGKAH LUCUNYA SISTEM ZONASI SEKOLAH BAGI DAERAH PELOSOK

SEBENARNYA APA SIH PERAN GURU DI SEKOLAH

Hari Jumat Adalah Hari yang Penting Bagi Umat Islam

Jumat adalah hari yang sangat penting bagi umat Islam. Ini lebih penting dan lebih bermanfaat daripada hari lain dalam seminggu. Umat Islam berkumpul bersama untuk shalat berjamaah. Hari Jumat bagi umat islam adalah hari yang diberkati yang telah ditetapkan demikian oleh Allah, Yang Mahakuasa.

Dari zaman Nabi Muhammad, kita belajar bahwa “Hari terbaik di hadapan Allah adalah hari Jumat.” Setiap laki-laki wajib melaksanakan salat berjamaah dan menyembah Allah. Salat dapat mendorong kekuatan dan kenyamanan serta menegaskan kembali iman dan pengabdian mereka kepada-Nya.

Di banyak negara yang mayoritas penduduknya Muslim, Jumat adalah hari libur. Banyak usaha yang ditutup selama waktu sholat berjamaah. Nabi Muhammad memberi tahu para pengikutnya bahwa “Lima waktu shalat berfungsi sebagai penebusan atas segala dosa yang telah dilakukan.”

Seorang muslim tidak boleh mengabaikan salat Jumat, dengan alasan apapun, baik karena bekerja, belajar, atau hal-hal duniawi lainnya. Orang percaya harus salat sebagai prioritas karena mengabaikannya tiga kali berturut-turut salat, tanpa alasan yang masuk akal, akan menyebabkan orang percaya menyimpang dari jalan yang lurus.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close