Motivasi Hidup

Jadwal Lebaran 2022 menurut NU, Muhammadiyah, dan Pemerintah

Jadwal Lebaran 2022 menurut NU, Muhammadiyah dan Pemerintah sudah ditunggu oleh Umat Islam di Indonesia.  Kementerian Agama akan mengadakan sesi sidang ISBAT (penentuan) 1 syawal 1443 pada hari Minggu 1 Mei 2022.

Persidangan akan dilakukan di auditorium HM Rasjidi dari Kementerian Agama akan didahului oleh proses pengamatan Hilal yang dilaksanakan di 99 tempat Indonesia.

Direktur Jenderal Bimas Islam dari Kementerian Agama, kata Kamaruddin Amin menyatakan bahwa menghitung posisi Bulan Baru di Indonesia melalui persidangan awal Syawal 1443 H. Hal itu telah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan oleh Mabims (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura).

Di Indonesia dilakukan pada 29 Ramadan 1443 H yang bersamaan pada 1 Mei 2022. Tinggi hilal antara 4 derajat sampai 5 derajat dengan sudut 33.57 menit antara 4.89 derajat sampai 6.4 derajat.

Pemerintah akan mengadakan sidang Isbat pada 1 Mei 2022 untuk Penentuan Jadwal Lebaran 2022

Menurut Kementerian Agama secara hisab posisi hilal awal Syawal di Indonesia sudah memenuhi kriteria MABIMS. Berdasarkan kriteria baru Mabims, Imkanur Rukyat dinilai memenuhi persyaratan jika posisi bulan baru mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut 6,4 derajat.

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yaitu 2 derajat dengan sudut 3 derajat yang memperoleh komentar dan kritik.

Pemerintah Indonesia akan mengadakan persidangan ISBAT, menggunakan metode hisab dan rukyat, posisi Hilal Syawal akan dijelaskan oleh tim kalender Hijriyah yang kemudian menunggu laporan Rukyat dari daerah di Indonesia.

Rukyat digunakan sebagai konfirmasi perhitungan dan kriteria yang digunakan. Dua hal, yaitu perhitungan dan konfirmasi implementasi Rukyatul Hilal akan dibahas dalam sidang ISBAT untuk keputusan awal Syawal 1443 H.

Sebelumnya, Guru Besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar  telah memberikan penjelasan pada pertemuan pakar falak MABIMS. Hal itu dilakukan secara daring pada Kamis, 21 April 2022. Di paparkan bahwa penerapan kriteria baru MABIMS diharapkan menghasilkan formulasi dan gagasan yang berguna untuk umat Islam.

Tujuannya untuk menciptakan suasana kondusif bagi umat Islam, terutama hisab rukyat. Harapannya dapat menghasilkan dan mendukung kemajuan hisab rukyat di dunia Islam. Selain itu, hasil keputusan sidang isbat akan presentasikan pada konferensi pers secara langsung oleh TVRI sebagai tv pool.

Artikel menarik lainnya: Link Twibbon Lebaran 2022 Selamat Hari Raya Idul Fitri

Muhammadiyah Menetapkan 1 Syawal 1443 H Jatuh pada 2 Mei 2022 M

Ketua PP Muhammadiyah, Profesor Dadang Kahmad, mengatakan masyarakat Untuk memprioritaskan disiplin protokol kesehatan dan menghindari euforia dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Umat Muslim diharapkan merayakan dengan bahagia setelah berpuasa Ramadan.Tetapi, Pandemi Covid-19 yang terjadi merasakan kegembiraan tetap waspada. Umat Islam dapat saling bersilaturahmi, mengunjungi keluarga, tetangga, sahabat, kerabat, dan saling mengucapkan selamat  dengan lebih leluasa.

Semua orang melakukan silaturahmi pada hari lebaran. Pesan Ketua Muhammadiyah untuk tidak mendiamkan keluarga, tetangga, sahabat, kerabat, karena menjadi penghalang diampuninya dosa seseorang oleh Allah Swt.

Demikian informasi mengenai Jadwal Lebaran 2022 menurut NU, Muhammadiyah, dan Pemerintah. Selamat Hari raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Artikel menarik lainnya: 25 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 Merayakan Lebaran Bersama Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *