Motivasi Hidup

Doa Ziarah Kubur Untuk Orang Tua Menjelang Ramadhan dan Setelah Lebaran

Doa ziarah kubur ke makam orang tua adalah salah satu tradisi komunitas masyarakat Muslim di dunia. Tidak ada pengecualian seperti umat Islam di Indonesia. Nyekar atau yang biasa disebut ziarah adalah kegiatan yang bertujuan mengunjungi kuburan orang tua, saudara-saudara atau keluarga yang meninggal. Waktunya sebenarnya bisa kapan saja.

Namun, hari yang dinilai baik buat ziarah adalah hari Jumat atau ketika hari-hari istimewa umat Islam, seperti Idul Fitri, Idul Adha dan sebelum bulan Ramadhan.

Ziarah doa kepada kuburan orang tua sebagai bentuk rindu, serta pengabdian setelah meninggalkan kita terlebih dahulu. Doa Ziarah sebagai bentuk pengharapan kepada Allah SWT untuk memberikan pengampunan dan tempat terbaik di sisinya untuk dua orang tua kita.

Doa yang Dipanjatkan Ketika Ziarah Kubur Orang Tua dalam Tulisan Latin

Berikut doa yang bisa kita panjatkan untuk orang tua ketika melakukan ziarah kubur.

Allahummaghfìrlahuu war hamhuu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu. Wa akrìm nuzulahu wawassì’ madkholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì. Wa naqqìhì, mìnaddzzunuubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wa abdìlhu daran khaìran mìn daarìhìi wa zaujan khaìron mìn zaujìhì. Wa adkhìlhuul jannaata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhiì.

Artinya adalah: “Ya Allah, tolong berikan pengampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berilah kehormatan baginya, keluasan pintu surga. Mandikan ia dengan air, es dan embun. Bersihkanlah dia dari kesilapan selayaknya membersihkannya baju putih dari kotoran.

Gantikan baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Letakkan dia di syurga, berikan perlindungan kubur dan siksaan neraka. Luaskan untuknya di kuburnya dan terangi di dalamnya. “(HR Muslim).

Tata Cara Doa Ziarah Kubur Untuk Orang Tua

Berikut tahapan tata cara Doa Ziarah Kubur untuk orang tua yang bisa menjadi contoh.

  1. Membaca Salam

Kegiatan doa ziarah kubur untuk orang tua bukan hanya mengenai datang dan melawat saja. Tetapi terdapat doa yang dapat dihantarkan untuk kedua orang tua Ayah dan ibu yang telah meninggal dunia. Apabila kita keluar dari rumah, umat Islam selalu dianjurkan memberi salam. Begitu juga apabila anda mau memasuki area kubur, kita juga dianjurkan untuk mengucapkan salam kepada ahli kubur.

“Assaalamu‘alaìkum daraa qaumìn mu’mìnîn wa ataakum maa tu‘adun ghadan mu’ajjalun, wa ìnnaa ìnsya-Allahu bìkum lahìqun.”

Assalalamualaikum, Hai tempat tinggalnya orang mukmin. Sudah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan esok dan kami akan pada akhirnya menyusul pula kalian semua.

  1. Membaca surah Al-Fatihah 3 kali

  2. Membaca ayat pendek

Bacalah pendek sebanyak tiga kali, antara lain surah Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas.

  1. Membaca Zikir dengan Tata Cara Menghadap Kiblat

“Astaghfirullah Hal Adziim Alladzii La ilahaa Illa Huwal Hayyul Qoyyuumu Wa atubu Ilaihii”

Adapun artinya adalah:

“Saya meminta pengampunan Allah yang Maha Agung. Dia adalah yan Maha Hidup dan Berdiri Sendiri. Tiada Tuhan tidak adalah selain Dia. Saya bertobat kepadaNya.”

Artikel menarik lainnya: Niat Puasa Bayar Hutang Ramadhan Bersama Puasa Senin dan Kamis, Apakah Diperbolehkan?

  1. Mengirimkan doa untuk almarhum

 “Allahummaghfìrlahyu war hamhuu wa ‘aafìhìì wa’fu anhuu, wa akrìm nuzuulahu wawassì’ madholahuu. Waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìn Addzzunuubiì wal khathayaa kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasiì.”

Demikian Doa Ziarah Kubur Untuk Orang Tua Menjelang Ramadhan dan Setelah Lebaran. Kita juga biasanya sangat merindukan orang tua yang telah meninggal. Ketika pergi ke pemakaman harus menjaga adab dengan jangan duduk atau menginjak bagian atas kuburan.

Selain itu tidak perlu melakukan hal yang berlebihan. Ketika berdoa pun tidak sampai meraung-raung apalagi sampai mengganggu orang lain.

Rasulullah SAW menganjurkan kepada orang yang berziarah untuk memulainya dengan salam kepada para ahli kubur. Lalu baca Al-Qur’an, berzikir dan berdoa ketika berziarah.

Artikel menarik lainnya: Malam Nisfu syaban 2022 jatuh pada tanggal berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *