Dalil yang Menunjukkan Bahwa Salat Jumat itu Wajib

Dalil yang Menunjukkan Bahwa Salat Jumat itu Wajib

Allah SWT menetapkan salat jumat itu wajib dilakukan bagi laki-laki dewasa. Bahkan hari jumat menjadi hari terbaik bagi umat Islam. Sumber hukum wajibnya berdasarkan firman Allah SWT dalam al-Quran, surah al-Jumuah ayat 9.

Berikut adalah artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diperintahkan untuk menunaikan salat pada hari jumat, maka segerakan untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Hal itu lebih baik bagimu, apabila kamu mengetahuinya. (Q.S. al-Jumu‟ah: 9). Dari surat tersebut, diketahui kalau menunaikan salat jumat itu wajib dan orang yang malaksanakannya harus adalah orang yang memenuhi persyaratan ibadah salat jumat.

Abdullah bin Umar dan Abu Hurairah menceritakan kalau mereka  mendengar Rasulullah SAW bersabda di atas mimbar, sebaiknya orang-orang yang tidak pergi melaksanakan salat jumat selama ini berhenti melakukannya atau Allah SWT menutup hari mereka. Sehingga mereka termasuk menjadi orang-orang yang lalai (H.R Muslim).

Jadi, dari penjelasan tersebut, salat jumat wajib dikerjakan dalam kondisi apapun bagi setiap laku-laki muslim dewasa. Para ulama menyepakati kalau hukum salat jumat adalah wajib yakni fardhu ain. Maka diwajibkan bagi semua pria muslim untuk menunaikannya.

Ketentuan Hukum Salat Jumat itu Wajib

Ketentuan hukum shalat jumat itu wajib telah dijelaskan dalam surat di atas menjadi landasan hukum dalilnya. Ada beberapa penjelasan lain yang perlu diketahui mengenai ketentuan pelaksanaannya.

  1. Dari Al-Quran surat al-Jumuah ayat 9. Sebagai landasan perintah salat Jumat itu wajib untuk segera dikerjakan. Sedangkan larangan melakukan jual beli adalah mubah. Tidak ada yang bisa melarang dari yang mubah kecuali untuk kegiatan yang wajib dilakukan menurut agama.
  2. Hadits yang bisa menjadi landasan Salat Jumat itu Wajib bisa ditinjau yang diriwayatkan berikut ini:
  • Dari Abu Daud, yang Artinya: Menceritakan kepada kami Abbas Abdi al-Azhim, menceritakan kepadaku Ishaq bin Manshur, mengatakan kepada kami Huraim, dari Ibrahim bin Muhammad bin Muntasyir, dari Qaish bin Muslim, dari Thariq Ibnu Syihab. Nabi Muhammad Saw bersabda: salat jumat adalah Ibadah yang wajik dikerjakan setiap muslim dengan berjamaah kecuali atas empat orang, yaitu hamba sahaya, perempuan, anak-anak dan orang yang sakit. (HR. Abu Daud).
  • Abu Hurairah mengatakan bahwa pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Hendaklah berhenti suatu kaum untuk meninggalkan shalat jumat atau Allah benar-benar menutup hati mereka. Lalu mereka termasuk orang-orang yang lalai.” (HR. Muslim).

Demikianlah dua diantara beberapa Hadits Nabi Saw yang menjadi dasar penjelasan bahwa salat jumat itu wajib dilaksanakan oleh setiap muslim. Bahkan Orang-orang yang tak bisa lalai untuk menunaikannya.

Artikel menarik lainnya: Fakta Menarik dan Unik Tentang Kota Bogor dari Nama Hingga Sejarah

Keutamaan dan Keistimewaan Hari Jumat itu Wajib

Berikut ini yang membuat hari jumat memiliki keutamaan dan keistimewaan, antara lain:

  1. Hari yang paling utama disisi Allah. Hari jumat disebut sebagai Sayyidul Ayyam (Penghulu hari), hari yang paling utama dari semua hari. Seperti yang Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: “Sebaik-baiknya hari ketika matahari terbit adalah hari jumat. Pada hari tersebut diciptakan Nabi Adam as, dan dimasukkan kedalam surga dan dikeluarkan darinya.” (H.R. Muslim).
  2. Hari Jumat adalah hari raya mingguan bagi umat Islam. Pada hari tersebut umat Islam berkumpul untuk menjalankan shalat Jumat di masjid sembari mendengarkan Khotbah. Khotbah Jumat biasanya menerangkan mengenai ilmu agama meluruskan aqidah dan ibadah mereka.
  3. Seseorang yang meninggal dunia pada malam atau siang hari Jum‟at menjadi salah satu tanda khusnul khatimah. Orang yang meninggal pada hari jumat dihubungkan dengan hati para hamba yang taat. Berdasarkan riwayat dari Ibnu Amr, menjelaskan bahwa Rasulullah bersabda: “Ketika seorang muslim meninggal dunia pada hari Jum‟at atau malamnya, maka Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur.” (HR. Ahmad dan AtTirmizi).
  4. Hari Jumat adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Saat seseorang meminta kepada Allah, maka Dia akan dikabulkan. Tetapi para ulama memiliki selisih pendapat, sebagian ulama mengatakan bahwa waktu yang mustajab berdoa ialah ketika waktu duduknya khatib jumat diantara dua khutbah. Adapula yang berpendapat waktu berdoa yang mutajab itu adalah setelah shalat Asar.
  5. Salat jumat harus segera dilakukan, karena mendapat pahala yang besar. Dari Abu Hurairah Rasulullah Saw bersabda bahwa siapa yang melakukan mandi pada hari jumat selayaknya mandi janabah, kemudian berangkat menuju masjid, maka seperti berkurban dengan seekor unta. Apabila seseorang datang pada waktu kedua maka seakan berkurban dengan seekor sapi. Jika seseorang datang pada waktu ketiga, maka seperti berkurban seekor kambing yang memiliki tanduk. Seseorang yang shalat pada waktu keempat, selayaknya berkurban dengan seekor ayam. Sementara seseorang yang datang pada kesempatanwaktu kelima, seolah melakukan kurban dengan sebutir telur. Jika imam telah memberi khuthbah, maka para malaikat hadir untuk dengarkan khothbah tersebut”. (HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850)

Demikianlah penjelasan mengenai Dalil yang menunjukkan bahwa Salat Jumat itu wajib. Dari penjelasan di atas diperintahkan bagi priwa muslim yang telah dewasa untuk menunaikannya dan segera pergi ke masjid untuk menjalankannya secara bersama-sama.

Artikel menarik lainnya: Wajah Baru Lapangan Merdeka Sukabumi yang Makin Cantik dan Selalu Dikunjungi Warga Kota

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *