Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa dan Kesehatan Tubuh di Bulan Ramadhan

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa dan Kesehatan Tubuh di Bulan Ramadhan

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa dan Kesehatan Tubuh perlu diketahui. Ibadah Puasa yang dijalankan di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi umat Islam. Proses menahan kelaparan dan haus selama 14 jam memberi waktu ke tubuh untuk mencerna makanan dengan sempurna.

Setiap orang dewasa harus melakukannya. Hanya saja gaya hidup dan diet yang tidak tepat ketika puasa bikin kebanyakan orang seperti kehilangan daya tahan dan kebugaran.

Oleh karena itu, perlu diketahu beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa. Didampingi oleh menu makanan makanan yang baik untuk kuat tetap berpuasa hingga akhir sebulan penuh.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Tetap Terhidrasi Banyak Minum Air Putih

Hidrasi adalah kunci menurunkan berat badan di Bulan Ramadhan. Minumlah cairan yang cukup ketika Sahur atau berbuka. Maka tubuh akan terjaga dari dehidrasi saat bekerja.

Pastikan tubuh tetap terhidrasi serta langkah terbaik untuk mengontrol gula darah. Dua liter atau delapan gelas air setidaknya harus dikonsumsi setiap hari sebelum dan sesudah puasa.

Orang yang berpuasa sebaiknya minum dua gelas air ketika berbuka puasa, lalu empat gelas berikutnya pada malam hari sampai Sahur atau tidak lebih dari satu gelas per jam. Ketika Anda Sahur, Anda lanjutkan minum dua gelas air.

Saat tidur, tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan di antaranya kandungan air. Oleh karena itu, mulai puasa dengan restorasi cairan sebagai langkah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menu Berbuka Puasa yang Seimbang Sebagai Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa dan Kesehatan Tubuh

Ketika Ramadhan, metabolisme tubuh melambat dan Anda membutuhkan energi ekstra. Buka Puasa harus mulai dengan makanan ringan, seperti kurma, karena menjadi sumber gula terbaik yang dibutuhkan tubuh selama puasa.

Kemudian lanjutkan dengan mengonsumsi makanan seperti sup, sayuran dan hindari sup krim. Lanjutkan dengan salad yang terdiri dari berbagai sayuran dan membatasi konsumsi minyak zaitun 1 hingga 2 sendok teh.

Hindari mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat sebagai menu pembuka. Ketika Anda selesai dengan makanan pembuka, perut Anda istirahatkan sebentar. Anda dapat melakukan Salat Maghrib dulu, kemudian terus membaca zikir selama 5 hingga 10 menit.

Ketika Anda siap untuk makan, lalu pilih satu jenis menu utama. Pastikan menu di piring Anda seimbang antara karbohidrat dan protein.

Jangan lewatkan Makan Sahur Sebagai Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa dan Kesehatan Tubuh

Jam makan sahur dibatasi hingga salat subu, oleh karena itu harus ikut makan Sahur sebelum puasa. Jangan sampai ketiduran atau malas bangun, bikin tidak ikut sahur.

Tidak makan sahur akan membuat Anda lebih lapar pada hari berikutnya. Dampaknya akan makan terlalu banyak saat makan berlebihan ketika berbuka puasa.

Ketika Anda makan Sahur, pastikan untuk membatasi konsumsi makanan yang terlalu asin untuk menghindari kehausan yang berlebihan pada hari berikutnya.

Makanan yang Anda makan harus mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, bukan roti putih halus, dan memiliki kandungan sumber protein yang baik, seperti keju atau telur. Kombinasi tersebut akan memastikan gula darah yang stabil. Sehingga rasa lapar Anda tidak terlalu lama.

Tetap aktif menjalani kegiatan sehari-hari

Puasa bukan alasan bagi kita untuk tidur sepanjang hari atau malas. Di Bulan Ramadhan, Anda harus menjaga kegiatan sehari-hari, ada baiknya menghindari kontak langsung di bawah sinar matahari.

Ingatlah bahwa Anda akan membakar lebih banyak lemak daripada sebelum perut kosong. Setelah buka puasa, Anda dapat melakukan olahraga ringan selama 30 menit di rumah. Seperti burpees, lunges, sit up dan squat. Jika Anda terbiasa berolahraga di gym, tanyakan kepada pelatih Anda untuk merancang olahraga khusus.

Artikel menarik lainnya: Niat Puasa Bayar Hutang Ramadhan Bersama Puasa Senin dan Kamis, Apakah Diperbolehkan?

Hindari Konsumsi Gula Buatan

Tampaknya penyebab kenaikan berat badan utama di bulan Ramadhan bukan hanya tentang makanan yang Anda konsumsi saat buka puasa. Ini bisa datang dari makanan yang mengandung gula tambahan di makanan dan minuman, seperti permen. Akan lebih baik bagi Anda untuk makan buah-buahan, molase, dan madu.

Konsumsi Minuman manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus melon, atau semangka dan buah-buahan lainnya. Hindari gula karena itu akan berdampak pada kesehatan kurang baik.

Segera buka puasa jika sudah waktunya dan tidak usah menunda. Minumlah segera dan konsumsi makanan bergizi yang cukup untuk menggantikan energi tubuh yang hilang.

Demikian cara Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa dan Kesehatan Tubuh di Bulan Ramadhan. Mari menjalani ibadah puasa sembari menjaga tubuh tetap sehat.

Artikel menarik lainnya: 10 Cara Mengurangi Bau Mulut Saat Berpuasa Ramadhan 2022

admin

2 thoughts on “Cara Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa dan Kesehatan Tubuh di Bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *