Thu. May 30th, 2024
    Cara Mengerjakan Sholat TaubatCara Mengerjakan Sholat Taubat

    Cara mengerjakan sholat taubat  perlu dipelajari bagi kamu yang menyesali perbuatan dan dosa yang telah dilakukan. Apabila kamu merasa telah melakukan banyak dosa besar dan berniat untuk tidak melakukannya lagi maka sebaiknya melakukan yang namanya sholat taubat.

    Sholat taubat adalah sholat sunah paling sedikit dua rakat dan paling banyak yakni 6 rakaat. Bagi kamu yang belum tahu akan tata cara sholat taubat maka, bacalah tata caranya di bawah ini dari awal sampai dengan akhir.

    Tata Cara Mengerjakan Sholat Taubat

    Sholat taubat bermanfaat untuk mendapatkan ampunan dari Allah Swt atas dosa dosa yang telah diperbuat, mau itu dosa besar maupun dosa kecil. Yang masuk dalam kategori dosa besar adalah syirik, durhaka kepada orang tua dan membunuh orang dan lainnya. Ketika berbuat kesalahan, maka  bertaubat dan jangan melakukan perbuatan dosa.

    Cara Mengerjakan Sholat Taubat

    Berikut cara melakukan sholat taubat dan silahkan ikuti petunjuk berikut ini.

    • Pertama, dilakukan dalam keadaan suci atau sudah wudhu.
    • Kedua, baca niat sholat taubat.
    • Ketiga setelah membaca niat sholat taubat, langsung saja baca takbir
    • Keempat bacalah doa iftitah seperti pada sholat sholat lima waktu
    • Ke lima bacalah surat Al Fatihah.
    • Keenam, membaca surat pendek.
    • Ketujuh, lanjutkan ruku sambil mengucapkan bacaannya sebanyak 3 kali.
    • Kedelapan, I’tidal dengan dibarengi dengan membaca doanya.
    • Kesembilan, sujud dan membaca tasbih lagi sebanyak tiga kali.
    • Kesepuluh, duduk diantara dua sujud dan membaca doanya.
    • Kesebelas, sujud lagi dan baca bacaan doanya
    • Kedua belas, setelah rakaat pertama kawan kawan sudah selesaikan maka kawan kawan langsung saja lanjutkan ke rakaat sampai akhirnya nanti kawan kawan semua salam.

    Jumlah rakaat tergantung orang yang melakukann sholat taubat, ingin 2 rakaat atau 6 rakaat. Lakukan salam setiap dua rakaat. Berikut niat bacaan niat sholat taubat yang perlu dilapalkan sebelum melakukannya.

    “Usholli sunnatat taubati, rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahitaala.”

    Adapun Artinya adalah: “Saya berniat melaksanakan salat sunah tobat dua raka’at merngarah ke kiblat karena Allah SWT.”

    Setelah melakukan sholat taubat, bacalah doa sesuai yang tertera dalam hadits nabi berikut ini. Bersumber dari Abu bakar radiyallahu’anhu, bahwasannya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda yang artinya:

    Artinya: “Hendaklah kalian membaca Laailaaha illallah dan istigfar. kemudian banyak membaca keduanya karena iblis berkata: “Aku telah membinasakan manusia dengan dosa. Sedangkan mereka membinasakanku dengan Laailaaha illallah, istigfar,. Kemudian ketika aku mengetahui demikian maka aku binasakan mereka dengan (mengikuti) hawa nafsu,  maka akhirnya mereka menyangka dan merasa bahwa sesungguhnya sedang memperoleh petunjuk (dan melaukan kebenaran).” (HR Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Ya’la)

    Demikianlah cara malaksanakan solat taubat dan jangan sampai mengulangi kesalahan serta melakukan dosa lagi. Laksanakan sholat taubat sesegera mungkin jika kamu menyadari tindakan yang dilakukan adalah tidak benar.

    Artikel menarik lainnya: Bayarlah Upah Sebelum Keringatnya Kering Dalam Ajaran Agama Islam

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *