Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Motivasi Hidup

Cara Hemat Belanja Bulanan Bagi Kamu yang Super Boros

Cara hemat belanja bulanan perlu dilakukan agar kebutuhan sehari-hari tidak menjadi masalah dan bikin puyeng kepala. Apalagi bagi kamu yang super boros. Belum apa-apa ngaku udah kehabisan uang. Banyak sekali ibu rumah tangga yang menjerit karena merasa semua harga mengalami kenaikan. Tetapi dirinya sendiri sebenarnya tidak pernah menghitung, mencatat, dan memperkirakan apa yang dibelanjakan setiap bulan.

Apa saja dibeli, terkadang yang tidak dibutuhkan pun masuk keranjang belanjaan. Jadi sebenarnya barang belanja yang mengalami kenaikan atau kitanya sendiri yang membuat semua uang keluar dan menjadi super boros. Nah, kamu tampaknya perlu tahu tips hemat belanja bulanan, agar dapat menghemat pengeluaran dan enggak bikin kantong bolong deh.

Cara hemat Belanja Bulanan dengan membeli di Pasar Tradisional Aja!

Kalau butuh kebutuhan sayur, ikan, beras, sabun cuci, dan lain-lain ingin harga lebih murah. Kamu bisa belanja ke pasar tradisional saja. Apalagi untuk belanja sayur dan ikan mending ke pasar saja, karena masih segar untuk dimasak dan dihidangkan bagi keluarga. Kalau Belanja di Pasar kamu juga bisa melakukan tawar-menawar kepada pedangang. Lumayan kan bisa menghemat seribu-dua ribu dari setiap item barang yang dibelanjakan.

Catat Menu dan Catat Belanjaan Selama Sebulan

Ada baiknya membuat catat menu makanan yang dimakan setidaknya selama per minggu. Jadi Kamu bisa memperkirakan belanja apa saja yang dibutuhkan setiap hari. Tujuannya, agar kita tidak mubazir ketika membeli bahan makanan. Lalu, ketika ingin belanja menu yang dibutuhkan, buatlah catatan belanjaan selama sebulan. Agar kamu tahu barang apa saja yang ternyata bikin dompet terkuras dan barang yang benar-benar dibutuhkan.

Agar belanjaan lebih terkontrol, kamu bisa kok menempel catatan barang apa saja yang sudah habis dan masih tersedia. Sehingga, kamu belanja hanya untuk barang yang dibutuhkan saja. Hal yang pling penting juga jangan mudah tergiur, belanja jangan lapar mata. Apa saja mau dibeli. Pikirkan ulang setelah memilih barang yang ingin dibeli. Janan-jangan memang enggak butuh.

Beli Produk Hemat yang sedang di Promosikan

Belanjaan bulanan bisa menjadi hemat dengan membeli produk promosi, misalnya beli 1 dapat 2 buah. Agar bulan depan tidak perlu membeli produk itu lagi. Sebagiknya simpan bon belanjaan, agar Kamu juga bisa membandingkan harga bulan ini dan bulan lalu. Siapa tahu saat harga sedang murah. Selain itu, kamu bisa juga cek harga promosi beberapa supermarket, sehingga menjadi tahu harga sabun ternyata lebih murah di supermarket A dibandingkan dengan supermarket B.

Enggak ada salahnya juga membeli produk yang diproduksi supermarket itu. Barang seperti tisu, pembersih lantai, dan gula pasir banyak yang bermerk supermarket dengan harga lebih murah. Kualitasnya juga cukup baik kok. Ketia pergi belanja, jangan cuma hanya beli satu barang di satu supermarket, agar kamu hemat biaya bensin dan parkir. Kalau belanjanya cuma sedikit, jangan-jangan harga bensin kendaraan malah lebih mahal dibandingkan barang yang dibeli. Jangan lupa membawa kartu belanja untuk mendapatkan barang diskon atau promosi.

Cara Hemat Belanja Bulanan Bukan di Waktu Favorit

Kalau belanja ditanggal muda, kamu merasa memiliki punya banyak uang. Sehingga memborong semua barang. Adakalanya belanja di akhir pekan, karena suasananya sangat ramai menjadi tidak fokus untuk membeli barang apa saja. Malah semuanya ingin dibeli. Upayakan belanja di waktu yang sedang sepi, seperti pada malam hari. Agar kamu enggak buru-buru dan memilih barang belanjaan yang memang dibutuhkan. Ada baiknya belanja saat anak sekolah. Agar tidak perlu membeli jajanan yang anak inginkan. Kalau bawa anak kan entah makanan atau minuman apa saja yang mendadak ingin dibeli.

Buat Menu Makanan Sendiri untuk Keluarga Kamu

Tips belanja bulanan terakhir, buatlah menu makanan sendiri untuk keluarga kamu. Kurangi belanja dengan perantara ojek online atau jasa pengiriman cepat. Kalau sudah belanja bulanan sendiri, makanan bisa dimasak sendiri. Bekal makanan anak juga dapa dibuat sendiri dan lebih sehat. Daripada beli nugget atau makanan cepat saji, anak lebih baik diberi makanan sayur, ikan, buah atau menu lainnya yang gizinya lebih bervariasi.

Nah, tunggu apalagi coba deh praktikkan tips hemat belanja bulanan di artikel ini. Ingat yang terpenting bukan berapa banyak barang yang dibeli, tetapi jumlah yang cukup dan dibutuhkan saja setiap bulannya. Mari berhemat dan jangan boros-boros lagi.

Baca juga : Tidak Bisa Pulang Kampung Jumpa Opung Karena Virus Corona

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close