Berbuat Baik dalam Islam Melapangkan Dada

berbuat baik dalam islam

Berbuat baik dalam Islam adalah bagian dari kebajikan keramahan sebaik-baiknya perbuatan. Orang yang melakukan perbuatan baik akan merasakan manfaatnya. Mereka merasakan hasilnya berupa ketenangan jiwa, tingkah laku, dan hati nuraninya.

Berbuat baik daik dalam Islam dapat dilakukan kapan saja. Ketika dilanda kesedihan, berbuat baiklah kepada sesama manusia, maka akan hadir ketentraman dan kedamaian dalam hati. Bantulah orang membutuhkan, seperti pengemis, peminta-minta, kaum miskin, dan ringankanlah beban hidup mereka.

Kamu dapat dengan mudah melakukan perbuatan baik dengan beberapa cara, memberi makan orang kelaparan, menjenguk orang sakit, dan menolong orang yang terkena musibah. Beribu manfaat akan dirasakan oleh pelaku dan orang disekitarnya. Selain itu, sangat bermanfaat secara psikologis, karena kebaikan laksana obat bagi hati yang bersih.

Baca juga: 5 Tips Bangun Pagi Sehat Demi Menjemput Mentari

Kiasan Tentang Berbuat Baik dalam Islam yang Melapangkan Dada

Ketahuilah seteguk air yang diberikan pelacor kepada seekor anjing yang kehausan dapat membawanya ke surga. Bahkan menyingkirkan batu yang kecil pun menghasilkan pahala. Sehingga sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang menyibukkan diri dengan menyanjung, membantu, menolong, dan meringankan beban sesama.

Agama Islam benar-benar menaruh perhatian terhadap perbuatan baik atau al-ihsan. Allah mencintai kaum muhsiniin (orang-orang yang berbuat baik) dan akan mendapatkan kemuliaan dan keutamaan, seperti firman-Nya dalam surat al-Baqarah/2:195:

وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

…… dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. [al-Baqarah/2:195].

Kebaikan yang kita lakukan  akan mendatangkan kebahagiaan dan menjauhkan keresehan. Orang yang baik akan mendermakan sebagian hartanya untuk membantu orang lain. Dia akan memberikan conoh kepada istri dan anaknya untuk membantu orang lain dan menyumbangkan uang meski sedikit kepada orang yang membutuhkan.

Perbuatan baik yang telah dilakukan tidak kan sia-sia dan akan mendapat dengan hal yang lebih baik. Sesuatu yang diniatkan dengan keikhlasan, maka akan mendapatkan ganjaran yang besar.

Baca juga: Jasa Seorang Perempuan Dibalik Pendidikan Tanah Manukur

Allah tidak akan mencabut sesuatu dari diri Anda, bahkan akan menggantinya dengan yang lebih baik. Selain itu, kebaikan juga dapat ditunjukkan dengan beberapa hal, seperti menjalin hubungan dengan orang salih, bersedekah, meringankan beban sesama manusia, hingga akan memperoleh kebagiaan yang tak terkira. Semoga kita dapat melakukan kebaikan demi kebaikan dan berbuat manfaat, walaupun sekecil apapun yang bisa dilakukan.

2 thoughts on “Berbuat Baik dalam Islam Melapangkan Dada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.