Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Motivasi Hidup

Apa Perbedaan Syarat Wajib Salat dan Syarat Sah Shalat?

Apa perbedaan syarat sah dan syarat wajib salat perlu dipahami oleh siswa dan anak-anak kita. Mereka harus mengerti dengan benar, mampu menafsirkan, menjelaskan makna dibalik istilah mengenai ibadah agama Islam.

Shalat menurut bahasa adalah doa. Tujuannya adalah mengagungkan maha pencipta. Jamak dari kata shalat adalah shalawat artinya menghadapkan segenap pikiran untuk bersujud, bersyukur, dan meminta pertolongan.

Adapun pengertian shalat menurut istilah adalah ibadah yang dilaksanakan dengan perbuatan dan ucapan. Pelaksanaannya dilakukan yang diawali takbir dan diakhiri dengan salam. Ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi seseorang ketika ingin mendirikan salat.

Syarat Wajib dan Syarat Sah Shalat yang Perlu Dipelajari Siswa dan Anak-Anak Kita

Sayat salat terbagi menjadi tua, yaitu syarat sah dan syarat wajib salat. Pengertian syarat wajib Salat yaitu hal-hal yang harus dipenuhi seseorang sebelum melaksanakan Sholat. Sedangkan, syarat sah shalat ialah syarat yang harus dipenuhi seseorang supaya salat terlaksana secara sah sesuai tuntutan agama Islam.

Adapun Syarat Wajib Salat sebagai berikut:

  • Beragama Islam. Kewajiban ini menjadi menjadi tuntutan bagi umat Islam melaksanakan kewajiban sesuai syariat seperti shalat, puasa, dan zakat.
  • Bagi orang yang dengan kondisi gangguan jiwa tidak wajib dan tidak sah ibadah salat yang dilakukannya.
  • Suci dari haid dan nifas. Wanita yang sedang haid dan nifas tidak wajib melaksanakan salat.
  • Orang dewasa melaksanakan salat. Sedangkan, anak kecil tidak wajib, namun orang tua harus mengajarkan dan memerintahkan anaknya salat sejak kecil aatu berusia tujuh tahun.

Adapun Syarat Sah Salat Sebagai Berikut:

  • Suci dari hadas. Caranya dengan dengan melakukan wudhu, melaksanakan mandi besar (wajib), dan tayamum.
  • Suci pakaian, badan dan tempatnya dari najis. Orang yang ingin melakukan salat harus menjaga kesucian dari hadas dan najis.
  • Tahu waktu masuknya jam shalat. Tidak sah salat yang dilakukan sebelum masuk waktu yang ditetapkan.
  • Menutup aurat. Laki-laki memiliki batas aurat dari pusar sampai lutut. Berbeda dengan aurat perempuan harus menutup seluruh tubuh terkecuali wajah dan kedua telapak tangan.
  • Menghadap kiblat. Sesuai ketetapan AlQur’an bahwa shalat wajib menghadap kiblat (ka’bah).

Jadi, seseorang yang ingin beribadah harus memenuhi syarat sah dan wajib salat, agar melaksanakannya sesuai tuntunan agama Islam.

Hikmah Belajar Syarat Wajib dan Sah Salat Bagi Siswa dan Anak-Anak Kita

Hal yang perlu diajarkan kepada anak-anak adalah  ibadah salat sebagai bentuk pengabdian hambanya kepada Allah. Pelaksanaannya dimulai dari takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Seorang muslim yang mendirikan shalat, maka hatinya akan bersih dari dosa dan jauh dari maksiat.

Selain itu memiliki perilakunya sesuai dengan ajaran Agama Islam. Salat adalah ibadah mahdoh yang yang wajib dikerjakan umat Islam yang harus dilaksanakan dengan praktik baik dan benar. Demikianlah, perbedaan syarat wajib salat dan sah shalat yang dapat dipelajari oleh siswa dan anak-anak kita.

Artikel menarik lainnya: Heboh Diremix Mnet, Ketahui Sejarah Azan yang Disyariatkan dari Zaman Nabi Muhammad

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close