Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Motivasi Hidup

Adab Sehari-Hari Terpenting Dalam Kehidupan, Kamu Mungkin Belum Menerapkannya Sehari-Hari

Zaman yang modern ternyata tidak membuat kita tahu adab terpenting dalam kehidupan. Tahu saja tidak bagaimana bisa menerapkannya dalam keseharian.

Semua rasanya berubah drastis berkaitan adab dan kita tidak bisa menolak ataupun melawan perkembangan zaman. Hal hal kecil yang dahulu dilakukan tidak pernah kita lakukan sekarang. Ingatlah, kecanggihan zaman dan mudahnya akses bukan malah membuat adab kita semakin mundur.

Ada beberapa adab yang harus dilakukan, bahkan harus ditularkan kepada anak-anak kita, karena pengaruhnya akan terasa besar bagi hidup mereka pada masa depan.

Adab Terpenting Dalam Kehidupan Adalah Menepati Janji

Jangan sekali-kali melanggar janji kepada orang lain. Baik itu janji ketemuan, janji berbisnis, dan janji lainnya. Orang yang Anda langgar janjinya mungkin akan selalu menunjukkan sikap manisnya. Tetapi, dia mungkin akan ingat bahwa Anda tak bisa dipercaya janjinya.

Terbiasa Meminta Maaf, Tolong dan Terima Kasih

Ketika kebiasaan meminta maaf, memohon pertolongan dan terima kasih sangat menunjukkan sikap positif Anda kepada orang lain. Tiga sikap yang sangat sederhana, tetapi manfaatnya luar biasa besar. Pergerakan Sabumi Volunteer selalu menebarkan ketiga sikap tersebut dalam kegiatannya.

Menjadi Pendengar yang Baik dan Tidak Terburu-Buru Menjawab

Teman, saudara, atau siapapun mungkin butuh orang yang tepat menjadi pendengar atas curhatan hati ataupun masalah hidupnya. Seseorang ingn mencari orang lain yang dapat diajak sharing dengan mengobrol dan menjadi pendengar setia dibandingkan dengan orang yang selalu menjawab.

Orang yang lebih pintar menjawab hanya melahirkan perdebatan. Kalau Anda pintar menjadi pendengar, setidaknya menghargai orang yang bercerita apapun kepada kita.

Menatap Lawan Bicara Kita

Ketika berbicara dengan orang lain, upayakan fokus dan menatap mata lawan bicara. Orang yang Anda ajak berbicara menjadi merasa dihargai.

Ingat Nama Orang yang Pernah Berkenalan Apalagi Berhubungan Bisnis Dengannya

Nah, ingat nama orang tidak semua orang bisa melakukannya. Tetapi Anda bisa melakukan beberapa trik, seperti photo bersama orangnya, meminta kartu nama, atau menulis namanya di handphone atau buku catatan.

Ingat nama orang itu penting sekali, karena membuktikan kita bisa mengenal banyak kenal dengan individu atau komunitas di luar sana. BUkan tidak mungkin kan bisa menjadi rekan kerja suatu saat nanti.

Baca juga :

Tips hidup Sehat Alami di Atas Usia 30 Tahun

PTN Di Jawa Barat yang Jadi Buruan Calon Mahasiswa, Kamu mau Kuliah di Kampus Mana?

Berkata yang Baik dan Sopan

Cobalah belajar berkata baik dan sopan tanpa menyinggung orang lain. Hal tersebut dapat meluaskan silaturahmi dan memperpanjang kedekatan dengan orang lain. Siapapun akan senang bertemu dengan orang yang selalu berkata baik dan sopan.

Kehidupan zaman yang modern, semoga tetap membuat adab kita terjaga dan tidak hilang ditelan zaman. Kebiasaan kita adalah wujud dari citra diri kita sebenarnya. Demikianlah adab yang sebaiknya dimiliki oleh kita dalam dunia sosial.

Agar kita mempunyai supaya banyak relasi atapun komunitas di luar sana sudi berjalan barengan dengan kita.

Bergerak Berbuat Bermanfaat

Salam kongres

Weds Sabumi

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close