Fri. May 17th, 2024
    Tips Mengatur Gaji Agar Bisa Rutin Menabung. Sumber https://www.istockphoto.com/id/foto/wanita-memasukkan-uang-ke-celengan-konsep-penghematan-uang-dan-penganggaran-gm1316577238-404269425Tips Mengatur Gaji Agar Bisa Rutin Menabung. Sumber https://www.istockphoto.com/id/foto/wanita-memasukkan-uang-ke-celengan-konsep-penghematan-uang-dan-penganggaran-gm1316577238-404269425

    Kehadiran digital banking membuat masyarakat lebih mudah dalam membuka rekening tabungan dan tips mengatur gaji. Pasalnya, untuk pembukaan rekening tabungan nasabah tidak perlu lagi pergi ke bank karena sebagian besar prosesnya dilakukan secara online

    Tidak hanya itu jenis perbankan ini biasanya juga menawarkan layanan dan fitur-fitur yang lebih lengkap. Salah satunya layanan mobile banking yang menawarkan beragam fitur yang mempermudah nasabah dalam mengatur keuangannya.

    Tips Mengatur Gaji Agar Bisa Rutin Menabung

    Meskipun kehadiran digital banking dapat mempermudah masyarakat dalam menabung dan mengatur keuangannya. Seperti yang kamu tahu tidak semua orang bisa mengatur keuangannya dengan baik tidak heran jika banyak orang yang kesulitan menabung secara rutin. 

    Jika, kamu salah satu orang yang kurang baik dalam mengatur keuangan sebaiknya terapkan tips berikut:

    1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

    Catat Pemasukan dan Pengeluaran dari Gaji. Sumber https://www.istockphoto.com/id/foto/melakukan-pajak-gm1325860529-410743530
    Catat Pemasukan dan Pengeluaran dari Gaji. Sumber https://www.istockphoto.com/id/foto/melakukan-pajak-gm1325860529-410743530

    Tips pertama kamu bisa memulainya dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulannya. Catat semua uang yang masuk baik dari gaji tetap hingga dari pendapatan tambahan lainnya secara terperinci.

    Jika, kesulitan mengingat-ingat pengeluaran yang kamu lakukan kamu bisa melihat riwayat transaksi melalui mobile banking.

    2. Bayar Kewajiban dan Sisihkan untuk Tabungan

    Ketika menerima gaji, apakah kamu tipe orang yang langsung membeli barang-barang yang diinginkan? Jika, iya sepertinya kamu harus mengubah kebiasaan tersebut, mulai sekarang utamakan kewajiban dan kebutuhan pokok terlebih dahulu.

    Setelah itu, sisihkan sebagian gajimu minimal sebesar 10% untuk ditabung. Apabila belum memiliki rekening tabungan, sebaiknya bukalah tabungan di digital banking supaya lebih praktis. 

    3. Selalu membawa daftar barang saat belanja sebagai tips mengatur gaji

    Supaya barang-barang belanjaan yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya buatlah daftar barang belanjaan terlebih dahulu. Agar bisa mencatat setiap rincian pengeluaran dengan detail, sebaiknya gunakan aplikasi mobile banking untuk melihat daftar transaksi saat berbelanja.

    4. Buatlah Rekening Tabungan Khusus untuk Menabung

    Tips selanjutnya jangan menggunakan rekening tabungan yang biasa digunakan menerima gaji untuk menyimpan tabungan. Sekarang kita bisa membuka rekening tabungan langsung dari digital banking tanpa perlu datang ke bank.

    5. Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

    Jangan anggap kartu kredit sebagai uang tambahan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. 

    Perlu diingat bahwa kamu harus membayar tagihan kartu kredit tersebut di kemudian hari. Jadi, gunakan kartu kreditmu secara bijak dan sisihkan gajimu untuk ditabung.

    Kenali PermataMobile X Aplikasi mBanking dari PermataBank

    Bagi yang ingin menabung dengan mudah dan praktis, sepertinya kamu perlu mencoba aplikasi mbanking dari PermataBank bernama PermataMobile X ini.

    Berikut kelebihan utama yang ditawarkan PermataMobile X kepada para penggunanya:

    • Canggih dan Kaya Fitur

    Aplikasi mbanking satu ini menawarkan ratusan fitur perbankan yang akan memudahkan penggunanya melakukan berbagai transaksi.

    • Cek Mutasi Menjadi Lebih Mudah

    Kamu bisa mengecek berbagai transaksi di semua jenis akun PermataBank hingga 12 bulan.

    • Sangat Praktis 

    Cek semua akun PermataBank yang kamu miliki hanya dalam satu layar. Di aplikasi tersebut kamu juga bisa membuka rekening, cek mutasi, transfer, bayar kartu kredit, isi ulang pulsa, hingga mengajukan pinjaman KTA.

    Tidak kalah canggih dengan aplikasi mbanking lainnya. Aplikasi PermataMobile X juga memiliki berbagai fitur-fitur menarik yang akan mempermudah berbagai kebutuhan transaksi harianmu.

    Fitur Utama Aplikasi Mbanking Sebagai Tips Mengatur Gaji

    Berikut beberapa fitur-fitur utama yang bisa kamu jumpai di aplikasi mbanking tersebut:

    • Fitur cek mutasi rekening hingga 12 bulan terakhir
    • Bayar berbagai tagihan, mulai dari listrik, telepon, internet, dan lain-lain dengan mudah
    • Isi ulang pulsa, top-up e-wallet, hingga beli token listrik bisa kamu lakukan disana
    • Di aplikasi tersebut kamu juga bisa membuka rekening tabungan, kartu kredit, hingga mengajukan KTA secara online tanpa perlu ke kantor cabang
    • Melakukan transaksi penjualan, pembelian, dan switching Reksa Dana dalam satu aplikasi
    • Fitur pembayaran QR Pay memudahkan kamu melakukan berbagai transaksi di toko/merchant cukup dengan scan barcode pembayaran di merchant tersebut, sehingga lebih praktis tanpa perlu top-up e-wallet
    • Kamu bisa tarik tunai tanpa kartu di seluruh Indomaret dengan fitur Mobile Cash. Caranya: pilih “Menu Lainnya”, lalu pilih “Mobile Cash”, kemudian pilih “Indomaret”, masukkan nomor HP-mu, selanjutnya kamu akan menerima cash code atau token. Berikan token tersebut ke kasir Indomaret dan tarik tunai pun berhasil dilakukan. Info lebih lanjut: https://www.permatabank.com/id/article/mobilecash 
    • Fitur WhatsApp Gift, yaitu fitur transfer dana dilengkapi kartu ucapan ke nomor WhatsApp penerima. Tersedia banyak pilihan kartu ucapan yang menarik dan kamu pun tidak perlu nomor rekening penerima cukup nomor WhatsAppnya saja
    • Proses pengajuan kenaikan limit sementara kartu kredit juga bisa dilakukan dengan mudah di sana

    Aktivasi ATM Tanpa Perlu ke Bank

    Aplikasi PermataMobile X juga tidak mengharuskan kamu datang ke bank atau ATM untuk melakukan aktivasi.

    Nah, berikut ini cara daftar aplikasi PermataMobile X yang bisa kamu ikuti:

    1. Download aplikasi PermataMobile X lewat PlayStore atau AppStore.
    2. Masuk ke aplikasi, tekan opsi Mulai di halaman pertama.
    3. Di kolom pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”, klik opsi “Ya” apabila kamu sudah terdaftar sebagai nasabah.
    4. Jika belum, maka langsung klik opsi “Tidak” dan kamu akan langsung diarahkan ke menu pembukaan akun rekening.
    5. Pada kolom pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?” klik jawaban “Tidak”.
    6. Tentukan pilihan ingin daftar pakai nomor rekening atau kartu kredit.
    7. Selesaikan proses pendaftaran sesuai petunjuk sampai selesai 

    Bagaimana mudah bukan tips mengatur gaji? Sama seperti aplikasi mbanking dari digital banking lainnya, pendaftaran PermataMobile X bisa dilakukan dengan mudah. Tunggu apalagi segera daftar dan nikmati semua fitur-fitur menariknya untuk menunjang transaksi harianmu.

    Artikel menarik lainnya: Menjadi Seorang Influencer Ketika Pekerjaan Semakin Sulit di Masa Pandemi, Kenapa Tidak?

    2 thought on “Yuk! Terapkan 5 Tips Mengatur Gaji Berikut ini Agar Bisa Rutin Menabung”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *