Literasi Digital

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2022 untuk Rekan Kerja, Teman, Keluarga, dan Bos

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2022 diucapkan orang-orang Tionghoa sebagai ungkapan keberuntungan untuk saling mendoakan. Doa untuk kesehatan, kekayaan, dan keberuntungan baik untuk rekan kerja, teman, keluarga dan bos.

Perayaan awal Tahun Baru Imlek di Indonesia sering dirayakan dengan Barongsai dan Tarian Singa yang dilaksanakan dengan menggabungkan adat istiadat dan kepercayaan orang Tionghoa. Kepercayaan yang terus dipetahankan dan diturunkan dari orang tua secara turun temurun.

Pada Malam Tahun Baru Imlek, orang-orang Tionghoa mulai saling menyapa dengan mengirimkan pesan teks atau menelpon mengucapkan selamat Tahun Baru. Lalu, bertukar ucapan Tahun Baru Imlek secara tatap muka dan saling mengunjungi.

Tahun Baru Imlek Mulai Dirayakan Terbuka  di Indonesia

Presiden Abdurrahman Wahid menjadikan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur opsional pada tahun 2001. Gusdur mencabut larangan kepemerintahan Orde Baru yang menampilkan karakter dan semua yang berbau Cina. Lalu, Presiden Megawati Soekarnoputri menetapkan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasional mulai tahun 2003.

Aturan mengenai perayaan Imlek dimuat dalam  Keputusan Presiden (Keppres) No 19 tahun 2002. Keppres tersebut menjelaskan tentang Tahun Baru Imlek adalah tradisi masyarakat Tionghoa yang terus berkembang secara turun-temurun di Indonesia.

Tahun Baru Cina dikenal sebagai ‘Imlek’ dan menjadi hari libur yang dirayakan bukan hanya orang Cina di Indonesia. Tetapi seluruh masyarakat Indonesia. Sebagai informasi diperkirakan 2,8 juta orang Indonesia keturunan Tionghoa.

Perayaan imlek ikut dirasakan dan diramaikan oleh banyak orang sekarang ini. Sementara tahun baru imlek pada era rezim Orde Baru Presiden Soeharto tidak boleh dirayakan secara terbuka. Hal itu diatur dengan dikeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) No 14/1967.

Kegiatan perayaan dengan Barongsai dan liang liong tidak boleh dipertunjukkan, dan lagu Mandarin dilarang disiarkan di radio. Maka, akibatnya Imlek tidak dirayakan selama 32 tahun di Indonesia. Bahkan, dikeluarkan sejumlah aturan yang represif terhadap keturunan Tionghoa. Pemerintah saat itu juga meutup sekolah-sekolah berbahasa pengantar China pada tahun 1966. (Mengutip kompas.com).

Artikel menarik lainnya: Link Twibbon 1 Muharram 1443 H Tahun Baru Islam 2021, Merayakan Tahun Baru Islam Secara Online

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2022 Dirayakan 1 Februari 

Jika Anda memiliki Teman dan Keluarga Tionghoa, Berilah Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2022. Berikut kutipan ucapan yang bisa diberikan.

  • Perayaan Tahun baru Imlek 2022 harus dijalani dengan semangat. Mari kita merayakan bersama. Di tahun Macan ini, mari mengucapkan Gong Xi Fa Cai 2022 kepada keluarga, teman, rekan kerja dan bos.
  • Terima kasih teman-teman merayakan tahun baru Imlek 2022. Semoga tahun macan ini menjadi sejahtera dan indah kedepannya.
  • Kung Hei Fat Choi! Selamat Tahun Baru Cina! Salah satu hari terpenting bagi orang-orang Tiongkok dan berharap mendapatkan kemakmuran pada tahun 2022 di Tahun Macan ini.
  • Selamat Tahun Baru Imlek 2022! Di seluruh dunia, banyak negara-negara merayakan tahun baru, di Tahun Macan! Harapan setahun kedepan untuk membawa kemakmuran. Gong Xi Fa Cai!
  • Hari ini kita sambut Tahun Macan! Saya ingin menyampaikan harapan terbaik saya kepada semua orang yang merayakan. Semoga tahun depan membawa kebahagiaan, kesehatan, dan kemakmuran bagi Anda dan keluarga. gong xi fa cai gong hey fat choy.
  • Menyambut Hari Pagi Baru di Tahun Baru Imlek 2022! Selamat Tahun Baru Imlek kepada semua orang, teman, keluarga, rekan kerja, dan bos. Gong Xi Fa Cai! Doa untuk selalu diberi kesehatan, menjalani hari indah & Kesuksesan.
  • Selamat Tahun Baru Imlek. Semoga Anda semua damai dan sejahtera di tahun mendatang.
  • Selamat Tahun Baru Cina! Xin Nian Kaui Le! Semoga mendapat kebahagiaan dan kesehatan. Gong Xi Fa Cai 2022!
  • Gong Xi Fa Cai. Selamat Tahun Baru Imlek 2022 untuk semua suami/ istri tercinta dan teman-teman yang merayakannya! Semoga tahun ini menyenangkan! Selamat liburan semuanya! Sebarkan Cinta Bukan Benci!
  • Selamat Tahun Baru Imlek. Gong Xi Fa Cai. Selamat Tahun Baru Imlek untuk semua teman, rekan kerja yang merayakan tahun Macan. Semoga memperoleh Kebahagiaan, Kemakmuran, Keberuntungan, dan kesehatan yang lebih baik.

Demikian tulisan mengenai Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2022 untuk Rekan Kerja, Teman, Keluarga, dan Bos. Semoga tahun ini mendapat dijalani dan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Artikel menarik lainnya: Link Twibbon Hari Pahlawan 2021, Merayakan Semangat Kepahlawanan Secara Online

One thought on “Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2022 untuk Rekan Kerja, Teman, Keluarga, dan Bos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *