Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Literasi Digital

5 Tips Aman Nonton Youtube untuk Anak

Acapkali anak-anak tak sengaja membuka video drama korea favoritmu, hati-hati dong dan coba terapkan tips nonton youtube Aman untuk Anak. Wahai orang tua kekinian, udah tahu belum sih kalau ada aplikasi Youtube Kids yang dibuat untuk anak-anak.

Bedanya sama youtube biasa, akun youtube anak-anak memiliki akses beberapa filter untuk parental control yang membatasi anak mengakses video yang tidak sesuai usianya. Namun, kamu tetap harus upayakan menemani anak saat mengakses dunia maya. Jangan lupa kasih penjelasan tentang apa yang mereka tonton dari youtube anak. Ingatlah, anak-anak tidak sepenuhnya memahami apa yang ditontonnya.

Youtube Kids Bisa Buat Profil Anak

Orang tua bisa membuat hingga 8 Profil anak dengan menggunakan youtube kids dan masing-masing bisa sesuai dengan tampilan mereka sendiri. Kamu juga dapat mengubah kata sandi akun YouTube anak-anak. Meski, si kecil juga mempunya hak untuk membuat kata sandi mereka sendiri.

Aman Nonton Youtube untuk Anak dengan Blokir Video yang Tidak Layak Ditonton

Jika orang tua menemukan video yang tidak ingin ditonton oleh anak, blokir saja. Orang tua sebagai orang yang bertanggung jawab atas apa yang dilihat oleh anak melalui youtube. Pokoknya, sekiranya dinilai tidak aman enyahkan saja video dari tontonan anak-anak.

Orang Tua Dapat Mengontrol Pencarian

Orang tua dapat membatasi akses anak terhadap video yang tidak layak tonton dengan mematikan penelusuran. Pilihan mengakifkan dan mematikan penelusuran YouTube Kids agar anak-anak dibatasi dalam menonton video.

Membatasi Waktu

Orang tua bisa mengatur berapa lama anak dapat melihat video dengan youtube kids. Sehingga nonton youtube aman untuk anak. Jadi, kalau anak ketagihan menonton video yang terlalu lama, youtube kids bakal berhenti sendiri. Tinggal tugas orang tua yang harus tega tidak terus membiarkan anak menonton youtube. Ajaklah anak melakukan kegiatan lain, seperti ajak bermain atau jalan-jalan. Enggak bagus kan anak diam tanpa gerak di rumah seharian.

Melaporkan Video yang Dinilai Tidak Layak Muncul di Youtube Kids

Orang tua dapat melaporkan video yang dinilai tidak layak tampil di aplikasi youtube kids. Caranya kirimkan saja video yang tidak dihendaki kepada tim youtube kids. Tapi kalau dipikir-pikir orang tua juga harus hati-hati menggukan handphone, anak-anak bisa menonton video tidak layak mungkin aksesnya dibuka lebih dulu oleh orang tua. Jadi anak mengakses video dari yang telah dibuka lebih dulu dari Ayah dan bundanya.

Adanya youtube kids membuat orang tua lebih tenang saat anak menonton video. Namun, ya tetap saja harus diawasi. Kita tidak pernah tahu seberapa jauh kemampuan anak dalam menggunakan handphone. Bisa saja kan, youtube kids sudah didownload, anak-anak malah menggunakan aplikasi lainnya.

Baca juga : Manfaat Membaca dengan Suara Keras Bersama Anak Anda

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close