Perbedaan Indihome dan Speedy Paket Internet dari Telkom

Perbedaan Indihome dan Speedy

Perbedaan Speedy dan Indihome dari PT. Telekomunikasi di Indonesia. Kedua merek tersebut mengalami peningkatan dan penambahan fitur yang lebih lengkap dan canggih.

Telekom awalnya memperkenalkan layanan akses Internet dengan nama Telkomnet Instan, kemudian berganti nama menjadi Speedy. Saat ini produk layanan Internet terbaru Telekom adalah IndiHome Fiber Triple Play.

Perbedaan Indihome dan Speedy

Pengertian Speedy

Speedy adalah revolusi digital oleh PT. TELKOM mengembangkan produk Speedy pada pertengahan tahun 2006. Produk itu memenuhi kebutuhan Internet pengguna Internet yang terus meningkat yang membutuhkan layanan akses Internet yang cepat dan stabil.

Speedy adalah layanan akses internet berbasis teknologi ADSL dengan menggunakan media kabel tembaga, yang secara simultan (bersamaan). Layanan mentransmisikan suara dan data Internet melalui telepon rumah dari modem ke Telekom dengan kecepatan hingga 1000 Kbps atau 1 Mbps.

Selain itu, dalam pengembangannya, Speedy menawarkan layanan akses data internet dengan kuota unlimited dengan kecepatan hingga 5 Mbps.

Kelebihan Speedy  Telkom

Speedy Telkom memiliki High Speed Internet, Akses LAN (Teleworking, SOHO), Distance Learning, Video Conference, Broadsact TV, Home Shooping, dan Video Demand.

Selain itu, Speedy memiliki manfaat umum sebagai berikut:

  1. Kenyamanan layanan voice, fax, dan data internet berkecepatan tinggi dapat berjalan secara bersamaan (simultan) tanpa saling mengganggu.
  2. Koneksi 24 jam, layanan Internet broadband ADSL dapat menyediakan koneksi terus menerus 24 jam dan menyediakan koneksi berkecepatan tinggi.
  3. Saluran yang digunakan oleh setiap pengguna Speedy dibuat secara individual dan oleh karena itu tidak dibagikan (atau dibagikan) dengan pengguna lain, sehingga menjamin keamanan. Ini sangat penting untuk aplikasi e-bisnis.
  4. Kecepatan Konstan, Mengingat infrastruktur tidak terbagi dengan pengguna lainnya. Maka kecepatan tidak terpengaruh oleh jumlah pelanggan serta pertambahan jumlah pengakses. Koneksi lebih stabil karena setiap pengguna memiliki jalur tersendiri ke peralatan multiflexer disisi Telkom. Selain itu pelanggan dapat menikmati akses internet untuk kecepatan download mencapai 1000 Kbps.
  5. Tarif Flat Rate. Pelanggan dapat memilih paket layanan berdasarkan kuota traffic internet yang paling sesuai dengan kebutuhan dan penagihan dilakukan setiap bulan sekali. Jika traffic pelanggan melebihi kuota yang di pilih makan pelanggan akan di kenakan biaya kelebihan sesuai jumlah Traffic (dalam megabyte).

Pengertian dan Perbedaan IndiHome Layanan dari Telkom

Pada tahun 2015 Telekom mengubah Speedy menjadi Indihome dan melakukan beberapa perubahan. Awalnya kawat tembaga digunakan sebagai media penghantar. Telekom kemudian mengembangkan teknologi baru yang lebih cepat dan relatif stabil berupa layanan Internet-on-Fiber menggunakan media kabel serat optik.

IndiHome adalah layanan Internet terbaru PT. TELKOM, layanan triple-play yang terdiri dari Internet, Usee TV Cable dan Telepon Rumah, serta produk indihome menggunakan dua jenis media transmisi data yaitu kabel tembaga dan kabel serat optik.

Kelebihan Indihome

Indihome menggunakan jaringan berbasis teknologi fiber optic (FO) dan dapat mentransfer data hingga 100 Mbps. Layanan Telkom ini memiliki fitur tambahan seperti IndiHome View, MelOn dan Trend Micro Security System. Keunggulan dan Manfaat IndiHome Fiber:

  1. Internet sangat cepat dan stabil hingga 100 Mbps.Pelanggan dapat menggunakan internet berkecepatan sangat tinggi dari 10Mbps hingga 100Mbps, setara dengan 1Gbps. Selain itu, serat optik membuat sinyal lebih stabil bahkan dalam cuaca buruk.
  2. TV berkualitas HD dengan gambar lebih tajam dan suara lebih jernih. Kualitas audio yang masuk dan keluar jernih dan tajam. Indihome menawarkan lebih dari sekedar paket internet. Sebaliknya, akan digabungkan dengan paket telepon tetap dan layanan hiburan berupa Usee TV dengan saluran lokal dan nasional. Pelanggan juga dapat menikmati manfaat layanan seperti menonton tanpa batas dengan aplikasi Hooq, CatchPlay, iFlix, dan panggilan tanpa batas.
  3. Indihome menggunakan teknologi jaringan GPON dengan media transmisi data fiber optic (FO), sehingga pelanggan dapat memperoleh kecepatan bandwidth internet maksimum hingga 100 Mbps.
  4. Pengguna Indihome dapat menikmati fasilitas internet super cepat, sambungan telepon rumah dan TV kabel berkualitas HD, serta dukungan beberapa fitur tambahan Indihome. Mulai dari paket Indihome TriplePlay (Internet, Usee Tv, Phone), paket Indihome DualPlay (Internet, Usee Tv/Telpon), paket terbaru Indihome, paket Indihome SinglePlay, pelanggan dapat memilih paket sesuai dengan keinginan mereka.

Artikel menarik lainnya: Cara Masuk Playstation Network Account Petunjuk Bahasa Indonesia

Cara Berlangganan Layanan Setelah Mengetahui Perbedaan Indihome dan Speedy

  1. Daftar langsung di Plasa Telekom

Untuk berlangganan paket Indihome, pelanggan baru harus langsung datang ke Telkom Plaza terdekat. Plasa Telkom kini memiliki kantor yang tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia.

  1. Melalui Aplikasi MyIndihome

Selain mendaftar ke Plasa Telkom, Anda juga bisa mendaftar ke Indihome melalui aplikasi MyIndihome. Telekom kini menawarkan aplikasi khusus bernama MyIndihome yang memfasilitasi kebutuhan pelanggannya.

Unduh dari Google Play untuk pengguna Android dan dari App Store untuk pengguna Apple. Setelah menginstal aplikasi, pengguna dapat melakukan self-registration atau pendaftaran mandiri. Ikuti semua petunjuknya sampai proses registrasi berhasil.

Demikian perbedaan antara IndiHome dan Speedy. Setelah registrasi berhasil, Anda akan menerima feedback dari Telekom tentang aplikasi instalasi Indihome. Kemudian Anda bisa menunggu petugas atau teknisi untuk menindaklanjuti pemasangan Indihome dalam waktu 3 x 24 jam.

Artikel menarik lainnya: 4 Paket Web Hosting Terbaik Murah di Indonesia

2 thoughts on “Perbedaan Indihome dan Speedy Paket Internet dari Telkom

Leave a Reply

Your email address will not be published.