Fri. May 17th, 2024
    Orang tua harus melek informasi virus coronaOrang tua harus melek informasi virus corona
    Anda yang merasa berstastus orang tahu sebaiknya melek informasi yang benar tentang virus corona. Ketahuilah bahwa pengetahuan adalah segalanya dan mari membagikan informasi yang benar kepada keluarga, kerabat, teman kerja dan lingkungan Anda.

    Pemerintah sudah memutuskan untuk meliburkan anak-anak sekolah, mari ambil hikmahnya kalau orang tua harus melindungi anggota keluarganya juga. Lalu, apa yang harus kita lakukan kepada anak-anak pada masa terjadinya masalah virus corona (COVID-19) saat ini. Paling utama, mari kita berbagi informasi yang benar tentang virus corona, memanfaatkan media sosiaSecara tepat, dan tidak membagikan hoax.

    Dikutip dari informasi resmi mengenai virus corona covid19.go.id, ada beberapa fakta yang dapat dibicarakan kepada anak-anak terkait virus corona (COVID-19).

    Fakta yang harus diceritakan kepada anak-anak Anda yang sedang belajar di rumah:

    • Ajari tentang perilaku hidup sehat dan bersih dengan selalu mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Waktunya minimal 20 detik. Ukuran waktunya harus dikontrol oleh orang tua.
    • Suruh anak mencuci tangan bila dari luar rumah, ingat menggunakan sabun. Tidak hanya dalam kondisi bencana virus corona saat ini, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir harus dibiasakan seterusnya. Anak harus diajarkan selalu cuci tangan ketika sampai di rumah, sebelum makan, dan setelah menggunakan toilet. Minta juga pihak sekolah mengajarkan mencuci tangan sesering mungkin kepada anak.
    • Jika anak usianya terlalu kecil, bantulah mereka mencuci tangan degan sabun dan air mengalir. Ingat ajarkan dengan benar.
    • Pakai cairan pembersih tangan dengan kandungan (minimal 60% alkohol) dengan catatan jika sabun dan air mengalir tidak tersedia. Mencuci tangan dan menggunakan sabun lebih penting dibandingkan cairan pembersih tangan.
    • Kalau mereka bersin dan batuk, ajarkan untuk tutup mulut dan hidung memakai siku dilipat. Suruh juga anak membawa tisu, agar ada alat untuk melindungi bersin mereka. Tisu kotor bekas bersin dan batuk harus segera dibuang ke tong sampah.
    • Anak perlu diajarkan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain. Tidak perlu dekat dengan orang yang tidak sehat.
    • Minta tidak menyentuh wajah, mulut, hidung, dan mata yang dapat menjadi pintu masuk virus berbahaya ke dalam tubuh.
    • Jika ada orang yang ingin bersalaman, suruh tolak saja. Melambaikan tangan dan memberi senyum menjadi cara terbaik bertegur sapa.

    Baca juga : AA GYM PUN IKUT MENGAJAK “TIDAK SALAT BERJAMAAH DI MASJID KARENA VIRUS CORONA”

    Sayangi keluarga kita, dan mari memberikan pengetahuan kalau anak harus melindungi diri dari virus corona. Ingatkan kepada anak, kalau informasi di media sosial tidak semua benar. Jawablah pertanyaan yang mereka ajukan dan jelaskan juga kalau ada informasi yang ingin diketahui dapat bertanya kepada guru mereka.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *